Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PasarModal_11

PasarModal_11

Ratings: (0)|Views: 728 |Likes:
Published by warsima
Pasar Modal
Pasar Modal

More info:

Published by: warsima on Oct 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
11-1
MODUL 11MANAJEMEN PORTOFOLIO SEKURITAS1.
 
PENDAHULUAN
Dalam praktik yang sebenarnya hampir semua investasi mengandung unsurketidakpastian atau risiko. Pemodal tidak tahu dengan pasti dengan hasil yangakan diperolehnya dari investasi yang telah dilakukan. Dalam keadaan semacamitu dikatakan bahwa pemodal tersebut menghadapi risiko berinvestasi. Yang bisapemodal lakukan adalah memperkirakan berapa keuntungan yang diharapkan dariinvestasinya, dan seberapa jauh kemungkinan hasil yang sebenarnya nanti akanmenyimpang dari hasil yang diharapkan.
2.
 
URAIAN2. 1
 
PENGERTIAN PORTOFOLIO
Portofolio diartikan sebagai serangkaian investasi sekuritas yangdiinvestasikan dan dipegang oleh investor, baik individu maupun lembaga.Kombinasi aktiva tersebut bisa berupa aktiva riil, aktiva finansial ataupunkeduanya. Seorang investor biasanya dalam melakukan investasi tidak hanyamemilih satu saham saja, tapi melakukan kombinasi. Alasannya denganmelakukan kombinasi saham, investor bisa meraih
return
yang optimal dansekaligus bisa memperkecil risiko melalui diversifikasi. Meskipun demikian,memilih portofolio yang optimal bukanlah hal yang mudah.Pembentukan portofolio berangkat dari usaha diversifikasi investasiguna mengurangi risiko. Terbukti bahwa semakin banyak jenis efek yangdikumpulkan dalam keranjang portofolio, maka risiko kerugian saham yangsatu dapat dinetralisir oleh keuntungan yang diperoleh dari saham lain. Tetapidiversifikasi bukanlah merupakan suatu jaminan dalam mengusahakan risikoyang minimum dengan keuntungan yang maksimum sekaligus.Dalam konteks portofolio pasar, harus dipahami adanya risiko investasiyang terdiri dari 2 (dua) komponen, yaitu:
 
11-21)
 
Risiko tidak sistematik (
unsystematic risk 
)2)
 
Risiko sistematik (
systematic risk 
)Risiko tidak sistematik merupakan risiko yang terkait dengan suatusaham tertentu yang umumnya dapat dihindari (
avoidable
) atau diperkecilmelalui diversifikasi. Sedangkan risiko sistematik merupakan risiko pasaryang bersifat umum dan berlaku bagi semua saham dalam pasar modal yangbersangkutan. Risiko ini tidak mungkin dapat dihindari oleh pemodal melaluidiversifikasi sekalipun.
2. 2
 
TUJUAN PEMBENTUKAN PORTOFOLIO
Investor melakukan diversifikasi investasi dalam berbagai portofoliodikarenakan hasil yang diharapkan dari setiap sekuritas dapat saling menutup.Lebih lanjut, pemodal mengestimasikan hasil investasi dengan hasil yangtertinggi. Pemodal tidak mengetahui secara pasti return yang diharapkan. Jadipemodal mencoba untuk meramal return yang diharapkan dengan memakaibatas kemungkinan bahwa hasil tidak dapat dicapai (risiko).Tujuan pembentukan portofolio adalah sebagai berikut:
 
Pada tingkat risiko tertentu, berusaha mencapai keuntungansemaksimal mungkin.
 
Pada tingkat keuntungan tertentu, berusaha mencapai risiko minimalTeori pemilihan portofolio pertama kali dikembangkan oleh
 Harry M. Markowitz
dengan beberapa asumsi sebagai berikut:
Ø
 
Seorang investor mempunyai sejumla uang tertentu.
 
Ø
 
Sejumlah uang tersebut diinvestasikan untuk jangka waktu tertentu,yang disebut holding period.
Ø
 
Pada akhir masa tertentu (
holding period 
) investor akan menjualsahamnya.
Ø
 
Investor akan selalu mencoba menghindari risiko.
Ø
 
Untuk menghindari risiko, investor mencoba melakukan diversifikasiinvestasi.
 
11-3
Ø
 
Investor menjumpai beberapa portofolio dengan harga yang sudahpasti. Masalahnya adalah bagaimana mengalokasikan uang diantaraberbagai portofolio untuk memaksimalkan hasil yang diharapkan.
Ø
 
Investor mampu mengestimasikan hasil yang diharapkan darimasing-masing portofolio.
Ø
 
Semua portofolio secara sempurna dapat dibagi.
Ø
 
Pilihan untuk investasi tidak tergantung pada pemodal lain.Asumsi tersebut diatas dipakai sebagai dasar dalam merumuskankebijakan portofolio investasi. Ini berarti, apabila asumsi tersebut tidak dapatdipenuhi, maka kesimpulan harus diambil dengan hati-hati. Banyaknya asumsiyang dipertimbangkan, menunjukkan banyaknya variabel yang dapatmempengaruhi portofolio investasi sekaligus menunjukkan rumitnyapermasalahan yang harus dipertimbangkan dalam analisis pasar modal.
2. 3
 
PENILAIAN PORTOFOLIO SEKURITASHasil yang Diharapkan (
 Expected Returns
)
Dalam meramal hasil portofolio yang diharapkan, investor menggunakanbeberapa variabel. Anggap saja, bahwa investor menghendaki investasi padasuatu perusahaan. Maka investor terlebih dahulu harus melakukan estimasihasil yang diharapkan. Formula untuk menghitung estimasi hasil yangdiharapkan adalah sebagai berikut:Formula 1:
0011
)()(
PPP DIV  R E 
i
+=
 Notasi:E(R
i
) = Hasil yang diharapkanDIV
1
= Dividen yang diharapkan perlembar sahamP
1
= Harga yang diharapkan pada akhir tahun pertamaP
0
= Harga saham sekarang (harga pasar)

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rama Pande liked this
galfib020 liked this
Spin Out liked this
Acit Arisyandi liked this
Yanti Ng liked this
Suad Sajadah liked this
Anna Basriyani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->