Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
57Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kedudukan Bahasa Indonesia

Kedudukan Bahasa Indonesia

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 8,012 |Likes:
penjelasansingkat tentang kedudukan bahasa indonesia
penjelasansingkat tentang kedudukan bahasa indonesia

More info:

Published by: arif-muammar-hidayat-147 on Oct 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2013

pdf

text

original

 
KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA
Awal mula bahasa Indonesia
Cikal bakal bahasa Indonesia adalah bahasa melayu, yang terbentuk dari bahasa Arab,Persia, Sansekerta dan bahasa-bahasa Eropa. Bahas melayu sejak zaman kerajaanSriwijaya pada abad ke-tujuh telah di gunakan sebagai bahasa perdagangan dan perluasan agama budha di Nusantara. Lalu bahasa Melayu pun bsemakin berkembangdan meluas di seluruh Nusantara. Pada awal zaman kolonial bahasa Melayu bukansaja sangat bagus namanya, tetapi juga merupakan bahasa negeri Timur yang dihormati.Pada zaman pergerakan nasional bahas Indonesia lahir pertama kali. Pada waktu itu para tokoh pergerakan mencari bahasa yang dapat dipahami dan dapat dipakai olehsegenap lapisan suku bangsa yang ada. Perkembangan bahasa di Melayu di wilayahnusantaramempengaruhi dan mendorong tumbuhnnya rasa persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia. Pada 1918 dari hasil pemikiran para tokoh pergeakan dandewan rakyat, akhirnya dipilih bahasa Melayu dengan pertimbangan bahwa bahasatelah dipakai hampir sebagian rakyat Indonesia waktu itu. Komunikasiantarperkumpulan yang bangkit pada masa itu menggunakan bahasa Melayu. Dan pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam Kerapatan Pemuda dan beikrar, yang kemudian dikenal denganSumpah Pemuda.Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, 17 Agustus 1945, telah mengukuhkankedudukan dan fungsi bahasa Indonesia secara konstitusional sebagai bahasa negara.Dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia. Kini bahasa Indonesia dipakai oleh berbabagai lapisan masyarakat Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah.
a. Sebagai bahasa Nasional :
1.Lambang kebanggaan nasional
Sebagai lambang kebanggaan nasional, bahasa indonesia‘memancarkannilai-nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Dengankeluhuran nilai yang dicerminkan bangsa Indonesia,kita harus banggadenganya; kita harus menjunjungnya;dan kita harus mempertahankannya. Kitaharus bangga memakainya dengan memelihara dan mengembangkannya tanpaada rasa rendah diri, malu, dan acuh tak acuh.2.
Lambang identitas Nasional.
Bahasa Indonesia merupakan ‘lambang’ bangsa Indonesia. Berarti,dengan bahasa Indonesia dapat diketahui siapa kita, yaitu sifat, perangai, danwatak kita sebagai bangsa Indonesia.3.
Alat pemersatu berbagai ragam masyarakat yang berbeda latarbelakang sosial budaya dan bahasanya.
Dengan bahasa Indonesia, bangasa Indonesia merasa aman dan serasihidupnya, sebab mereka tidak merasa bersaing dan tidak lagi merasa ‘dijajah’oleh masyarakat suku lain.kedudukan dan fungsi bahasa daerah masih tegar 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->