Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HK MARITIM

HK MARITIM

Ratings: (0)|Views: 827 |Likes:
Published by chyntaadr

More info:

Published by: chyntaadr on Oct 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2012

pdf

text

original

 
A.HUKUM MARITIM
1.a. Jelaskan dan uraikan tanggung jawab pidana dan tanggun jawab perdata dalam kaitannya dengan tanggung jawab pencemaran laut !b. Dalam hal bagaimana pemilik kapal bebas dari tanggung  jawab pada pencemaran laut dari kapalnya berdasarkan International Convention on Civil Liability for Pollution Damage 1969/1992?c. Berapa batas tanggung jawab maksimum dan bagaimanacara mengatasinya apabila batas maksimum tersebut terlewati sesuai butir “b” tersebut diatas ?
Jawab :a.Sesuai CLC 69 maka pemilik kapal dibebani tanggung jawab langsung atau street liability atas kerusakanlingkungan laut yang disebabkan dari kapalnya dengan katalain pemilik bertanggung jawab atas kompensasi kerusakanlingkungan laut akibat pencemaran dari kapalnya. b.1) Force Majeure (akibat perang, bencana alam, perangsaudara)2)Akibat tindakan atau kelalaian atau kesalahan dari pihak ke-33)Disebabkan karena kelalaian atau kesalahan dari pemerintah atau penguasa yang bertanggung jawab atas bekerjanya atas sarana bantu navigasi.c.Batas tanggung jawab pemilik kapal 3 juta SDR (3,8 jutaUS$) untuk kapal yang mengangkut < 5.000 ton, sedangkanuntuk kapal yang mengangkut minyak 5.000 ton s/dalam140.000 ton batas tanggung jawab max sebesar 3 juta SDR ditambah 420 SDR untuk setiap kenaikan tonnage kapal.Cara mengatasinya apabila batas max tanggung jawabtersebut terlewati maka dibentuklah International fund berdasarkan International Convention on The Establishmentfor Oil Pollotion Damage 1971 yang berlaku tahun 1978.International fund ini memberikan tambahan atas batastanggung jawab pemilik kapal max 52,2, juta SDR atausekitar 66 juta US$. 
2.
a. Surat-surat kapal manakah yang harus diserahkan kepadaSyahbandar setiba kapal disebuah pelabuhan Indonesia?b. Bagian manakah dari buku Catatan Minyak tidadiperuntukkan sebuah kapal bukan tanker?c. Jelaskan tentang Kisah Kapal :1)Pihak manakah yang membuatnya ?2)Siapakah dari awak kapal (selain nakhoda) yang turut menanda tanganinya ?
Jawab :a.Surat laut, surat ukur, sijil kapal, manifest, konosemen, bukukesehatan, surat ijin berlayar pelabuhan terakhir, crew list dansertifikat dan kelaikan. b.1) Mengenai ukuran tiap-tiap tanki yang dimiliki kapal2)Mengenai tata cara pembuangan ballast3)Tentang oil cargo apa yang mau dimuat dan dimana4)Tentang pemindahan oil cargo apa yang mau di muatdan dimana5)Tentang pembongkaran oil crgo selama dalam pelayaran6)Bagian tanker itu mempunyai ballast tetap atau tidaa.1) pihak yang membuat kisah kapal yaitu nakhoda dihadapan pejabat yang berwenang seperti syahbandar ataukonsulat setempat2)Awak kapal yang turut menandatanganinya yaitu : perwira jaga yang pada waktu jaga mengalami cuaca buruk, bagaimana keadaan kapal dan tindakan-tindakan mana yang diambil untuk penyelamatankapal dan muatan.
3.a. Untuk keadaan manakah diterbitkan :1)Letter of Indemnity2)Bank Guaranteeb. Dalam jenis Charter manakah terdapat klausula :1)Off Hire2)Cessec. Klausula manakah yang mengatur imbalan piha Asuransi untuk awak Kapal yang berjasa dalam pengurangan kerugian ?d. Mengapa pihak pemilik muatan mengasuransikanmuatannya, sedangkan menurut KUHDagang maupun Hague-Visby Rules ’68 pihak pengangkutlah yang bertanggung jawab atas keselamatan muatan ?
Jawab :a.1. Letter of Indemnity di terbitkan oleh penanggungasuransi untuk keperluan agar tidak menanggung resikoakibat kesalahan penyerahan barang dan klaim muatan.2. Bank Guarantee diterbitkan sebagai pengganti order B/L untuk jaminan penyerahan barang karenakonosemen asli belum di terima oleh pihak penerima. b.1. Off Hire Clause terdapat pada time Charter yaitukewajiban percharter membayar sewa charter selamakurun waktu charter. Umumnya sewa chartedidasarkan pada jumlah tonase bobot mati kapal dandibayarkan dimuka-Untuk satu bulan penuh (baltime)-Untuk semi-bulanan (produce) tetapi juga dengancara-Joint venture dengan menggunakan “basic rate(pembagian merata jika percharter menerima penghasilan lebih)2. Cesser clause terdapat pada voyage charter yaitutanggung jawab percharter berakhir pada saat barang- barang dimuat ke dalam kapal serta diselesaikannyatagihan-tagihan.c.??????
 
d.Untuk menjaga kemungkinan rusaknya barang selama perjalanan-Pemilik barang kawatir akan kehilangan ongkos apabila barangnya tiba dalam keadaan rusak atau hilang-Ongkos pembongkaran dan pengurusan barang, yangharus di bayar oleh pemilik barang, walaupun barang diterima pemilik dalam keadaan rusak -Premi asuransi, sebagai imbalan tidak dikembalikannyadan premi untuk barang yang hilang.-Mengingat kemungkinan terjadi barang tidak sampaisehingga keuntungan yang diharapkan semula tidak di perolehnya.
4.a. Perbedaan apakah yang terdapat antara Kerugian Umum(General Average) dan Asuransi Laut ?b. Mengapakah kepada pihak pengangkut diberikankelonggaran tentang tanggung jawab melalui pengaturan pembatasan tanggung jawab (limitation of liability) ?c. Jenis perjanjian charter manakah yang lebih banyak menimbulkan masalah untuk pihak pemilik kapal ? Mengapademikian ?
Jawab :Perbedaannya :-Pada general average, merupakan penanggungan bersamademi penyelamatan kapal / barang dari suatu bahaya-Asuransi laut, tidak bertujuan untuk menutup semuakerugian yang diderita tertanggung dan polis hanyamenyebutkan resiko-resiko yang dijamin. b.Karena didalam pasal IV ayat 2 HR dirinci kerugian /kerusakan yang tidak dapat dibebankan kepada penanggung jawab pengangkut, seperti :1)Tindakan, kelengahan atau kegagalan nakhoda, pealut, pandu atau orang-orangnya pengangkut dalam halnavigasi atau dalam pengelolaan kapal.2)Kebakaran, kecuali disebabkan kesalahan atauketidaktahuan nyata dari pengangkut3)Bahaya, malapetaka dan kecelakaan laut dapal perairan pelayaran.4)Kejadian diluar kekuasaann manusia dst.c.Jenis perjanjian charter yang lebih banyamenimbulkan masalah bagi pihak pemilik kapal adalahtime charter, karena pemilik kapal harus menanggung biaya awak kapal, reparasi, minyak pelumas, surveydan asuransi.
5.Uraikan dan jelaskan kedaulatan-kedaulatan yang dimiliki sebuah negara pantai sesuai UNCLOS 1982 terhadap : Laut teritorial dan laut pedalamanb. Zona tambahanc.Zona Ekonomi Eksklusi
Jawab :a.Laut teritorial dan laut pedalamanLaut teritorial (12 mil) yang mengelilingi nusantara dan perairan nusantara b.Zona tambahanSelebar 12 mil laut yang mengelilingi laut wilayahselebar 12 mil laut dimana Indonesia dapatmelaksanakan pengawasan atas masalah-masalah beacukai, fiskal, imigrasi atau kesehatan. Zona tambahandapat ditarik 24 mil laut dari garis pangkal dari manalebar laut wilayah di ukur.c.Zona Ekonomi Eksklusif Selebar 200 mil laut dari garis pangkal dari mana lebar laut wilayah diukur serta dimana Indonesiamelaksanakan kedaulatan atas sumber kekayaan alamyang terkandung didalamnya, dan yuridiksi atasinstalasi-instalasi, pulau buatan dan bangunan, pengaturan riset ilmiah kelautan, serta perlindungandan pelestarian lingkungan laut.
 
HUKUM MARITIM
1.a. Jelaskan pekembangan hukum laut yang menyangkut laut teritorial Indonesia mulai dari Proklamasi sampai sekarang !b.Jelaskan permasalahan yang timbul dalam kaitannya dengan Zoan Ekonomi Eksklusif Indonesia !
Jawab :a.Laut Teritorial Indoensia1)Ordonansi laut teritorial dan lingkungan maritim 1939Dalam ordonansi ini laut wilayah diatur 3 mil dari pantai2)UU No. 4 tahun 1960 (tentang perairan Indonesia)
Perairan Indonesia adalah laut wilayah Indonesia beserta perairan pedalaman Indonesia
Laut wilayah Indonesia – lajur laut sejauh 12 mil darigaris pantai terluar pada saat air surut terendah
Pada selat kurang dari 24 mil dengan negara lain, garis batas laut Indonesia ditarik pada tengah selat
Lalu lintas damai perairan pedalaman Indonesia terbuka bagi kapal asing
Tidak berlakunya ketentuan ordonansi-ordonansi lautdan lingkungan maritim 19393)UU no ; 19 tahun 1961 (persetujuan konbensi Jenewatahun 1958)Pemerintah memberikan persetujuan 3 konvensi :
Pengambilan ikan, hasil laut, dan pembinaan submer-sumber hayati laut bebas.
Daratan kontinental
Laut bebas4)PP no. 8 tahun 1962 (lalu lintas laut damai kapal asing perairan Indonesia)
Melintasi laut wilayah dan perairan pedalaman Indonesia-dari laut bebas kepelabuhan dansebaliknya-dari laut bebas ke laut bebas
Tidak dibenarkan berhenti, berlabuh, mondar-mandir tanpa alasan yang sah
Tidak bertentangan dengan kemanan, ketertiban umumtidak mengganggu perdamaian negara RI
Kapal perang asing harus memberi tahu kapal KSAL dankapal selain harus berlayar di permukaan air 5)Kepres No. 103 tahun 1963 (lingkungan maritim)Mencabut UU no. 4 tahun 1960 wilayah perairanIndonesia sebagai lingkungan maritim6)UU No. 1 tahun 1973 (landas kontinen Indonesia)Landas kontinen Indonesia adalah dasar laut dan tanahdibawahnya diluar sampai kedalaman 200 meter.Masih boleh eksplorasi dan eksloitasi.7)UU No. 5 tahun 1983 (tentang ZEE)ZEE – jarak laut wilayah Indonesia 200 mil di ukur darigaris pangkal pantai b.Yang hak berdaulat untuk melakukan tindakan hukumterhadap pencarian sumber daya hayati dan non hayati, serta pelanggaran yang menimbulkan pencemaran laut.
2.a. Penyewa kapal membayar ongkos bareboat charter  jauh lebih murah dibandingkan time charter. Jelaskan mengapa demikian?b.Apa yang dimaksud dengan subletting yang biasadilakukan oleh pencharter bareboat?
Jawab :
a.
Ba
reboat charter
Pencarter diberikan penguasaan penuh atas kapaldan segala biaya eksploitasi kapal, termasuk  biaya reparasi dan survey kapal
Sewa berdasar bobot mati musim panas dan di bayar tiap bulan
Time Carter
Sewa berdasar waktu dan tiap ton bobot mati musim panas b.Subletting pencarter diberikan hak untumelakukan re-charter, namun tetap bertanggung jawab kepada pemilik 
3.a. Dalam syarat-syarat (kondisi) asuransi dikenaadanya “Deductble Clause”. Jelaskan maksudnyadan besar kecilnya duductable untuk pertanggunganatas kapal tergantung dari apa saja !b.Apa yang dimaksud dengan istilah-istilah : Willfumisconduct, Wear and tear, Inheren Vice, Ret or Vermin dalam asuransi laut ?
Jawab :a.Deductable ClauseAdalah syarat untuk menentukan penanggung hanyamengganti rugi bila kerugian jumlahnya diatas potonganBesar kecilnya deductable tergantung : ?????? b.Yang dimaksud dengan :
Willful misconduct :
Kerugian akibat kesengajaan / kelalaiantertanggung
Wear and tear :
Kerusakan karena pemakaian (ans) dan ini pastiterjadi
 Inheren Vice :
Kerusakan karena sifatnya / rusak dengansendirinya (buah-buahan)
 Ret or Vermin
Kerusakan barang karena dimakan tikus /serangga
4.a. General average merupakan kondisi yang menarik bagi carrier apabila ada kerusakan yang timbul terhadap muatan yang diangkut. Jelaskan mengapademikian ?

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
zkayragie liked this
JaKe DanieL's liked this
Andreas Pras liked this
izzara bella liked this
Norman Idrus liked this
riskajie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->