Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
50Activity
×
P. 1
Rancangan Penil Hsl Belaj,Budiono SMA N 1 Sutojayan Blitar

Rancangan Penil Hsl Belaj,Budiono SMA N 1 Sutojayan Blitar

Ratings: (0)|Views: 11,121|Likes:
Published by Drs. Budiono, M.Pd

More info:

Published by: Drs. Budiono, M.Pd on Oct 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
Bab IBab IPendahuluanPendahuluan
A.Latar Belakang
Ditetapkannya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentangStandar Nasional Pendidikan membawa implikasi terhadap sistem danpenyelenggaraan pendidikan termasuk pengembangan dan pelaksanaankurikulum. Kebijakan pemerintah tersebut mengamanatkan kepada setiapsatuan pendidikan dasar dan menengah untuk mengembangkan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Pengembangan KTSP mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) yangmerupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayahhukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ruang lingkup SNP meliputistandar: (1) isi, (2) proses, (3) kompetensi lulusan, (4) pendidik dan tenagakependidikan, (5) sarana dan prasarana, (6) pengelolaan, (7) pembiayaan,dan (8) penilaian pendidikan.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 14 tahun 2005tentang Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Manajemen PendidikanDasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional menyebutkan bahwasalah satu tugas Direktorat Pembinaan SMA - Subdirektorat Pembelajaranadalah melakukan penyiapan bahan kebijakan, standar, kriteria, danpedoman serta pemberian bimbingan teknis, supervisi, dan evaluasipelaksanaan kurikulum. Lebih lanjut dijelaskan dalam Permendiknas Nomor25 tahun 2006 tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan DirektoratJenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa rincian tugasSubdirektorat Pembelajaran – Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atasantara lain melaksanakan penyiapan bahan penyusunan pedoman danprosedur pelaksanaan pembelajaran, termasuk penyusunan pedomanpelaksanaan kurikulum.Panduan pelaksanaan KTSP yang memenuhi aturan dan berkualitas perludisiapkan agar satuan pendidikan dan pendidik dapat melaksanakan KTSPdengan benar. Oleh karena itu, Direktorat Pembinaan SMA membuat berbagaipanduan pelaksanaan KTSP yang salah satu di antaranya adalah rancanganpenilaian hasil belajar.
1
 
B.Tujuan
Rancangan penilaian hasil belajar ini disusun sebagai acuan bagi satuanpendidikan dan pendidik untuk merancang penilaian yang berkualitas gunamendukung penjaminan dan pengendalian mutu lulusan. Di sisi lain, denganmenggunakan rancangan penilaian hasil belajar ini diharapkan pendidik dapatmengarahkan peserta didik menunjukkan penguasaan kompetensi yang telahditetapkan.
C.Ruang Lingkup
Rancangan penilaian hasil belajar ini membahas tentang hakikat dan prinsippenilaian, prosedur dan mekanisme penilaian, pengembangan indikator,kisi-kisi, dan instrumen penilaian, dilengkapi dengan contoh berbagai formatyang berkaitan dengan penilaian hasil belajar peserta didik.
2
 
BabBabIIIIHakikat dan Prinsip PenilaianHakikat dan Prinsip Penilaian
A.Hakikat Penilaian
Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis,dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yangdilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadiinformasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.Penilaian dalam KTSP adalah penilaian berbasis kompetensi, yaitu bagian darikegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui pencapaiankompetensi peserta didik yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dansikap. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan/atau pada akhirpembelajaran.
 
Fokus penilaian pendidikan adalah keberhasilan belajarpeserta didik dalam mencapai standar kompetensi yang ditentukan. Padatingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa StandarKompetensi (SK) mata pelajaran yang selanjutnya dijabarkan dalamKompetensi Dasar (KD). Untuk tingkat satuan pendidikan, kompetensi yangharus dicapai peserta didik adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL).Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikandalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian merupakan bagian yangpenting dalam pembelajaran. Dengan melakukan penilaian, pendidik sebagaipengelola kegiatan pembelajaran dapat mengetahui kemampuan yangdimiliki peserta didik, ketepatan metode mengajar yang digunakan, dankeberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan.Berdasarkan hasil penilaian, pendidik dapat mengambil keputusan secaratepat untuk menentukan langkah yang harus dilakukan selanjutnya. Hasilpenilaian juga dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untukberprestasi lebih baik.Penilaian dalam KTSP menggunakan acuan kriteria. Maksudnya, hasil yangdicapai peserta didik dibandingkan dengan kriteria atau standar yangditetapkan. Apabila peserta didik telah mencapai standar kompetensi yangditetapkan, ia dinyatakan lulus pada mata pelajaran tertentu. Apabilapeserta didik belum mencapai standar, ia harus mengikuti programremedial/perbaikan sehingga mencapai kompetensi minimal yang ditetapkan.Penilaian yang dilakukan harus memiliki asas keadilan yang tinggi.Maksudnya, peserta didik diperlakukan sama sehingga tidak merugikan salahsatu atau sekelompok peserta didik yang dinilai. Selain itu, penilaian tidakmembedakan latar belakang sosial-ekonomi, budaya, bahasa, jender, danagama. Penilaian juga merupakan bagian dari proses pendidikan yang dapatmemacu dan memotivasi peserta didik untuk lebih berprestasi meraih tingkatyang setinggi-tingginya sesuai dengan kemampuannya.
3

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yoshe Wahyu liked this
Yunis Andriani liked this
daniadara80 liked this
pot1_mawar8616 liked this
Akira Syam liked this
Sri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->