Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP No 55 Th 2007 Pend Kegamaan

PP No 55 Th 2007 Pend Kegamaan

Ratings: (0)|Views: 420 |Likes:
Published by smpn1sumur

More info:

Published by: smpn1sumur on Oct 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2012

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 55 TAHUN 2007 TENTANGPENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KEAGAMAANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 12 ayat(4), Pasal 30 ayat (5), dan Pasal 37 ayat (3) Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang PendidikanAgama dan Pendidikan Keagamaan;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78 Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4301);3. Undang-Undang Nomor 1/PNPS/1965 jo Undang-UndangNomor 5 Tahun 1969 Tentang Pencegahan Penyalahgunaandan/atau Penodaan Agama (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 1965 Nomor 3, Tambahan NegaraRepublik Indonesia Nomor 2727);M E M U T U S K A N :Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENDIDIKAN AGAMADAN PENDIDIKAN KEAGAMAANBAB I . . .
 
- 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini, yang dimaksud dengan:1. Pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikanpengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, danketerampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaranagamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melaluimata pelajaran/kuliah pada semua jalur, jenjang, dan jenispendidikan.2. Pendidikan keagamaan adalah pendidikan yangmempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankanperanan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentangajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama danmengamalkan ajaran agamanya.3. Pendidikan diniyah adalah pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan pada semua jalur dan jenjangpendidikan.4. Pesantren atau pondok pesantren adalah lembagapendidikan keagamaan Islam berbasis masyarakat yangmenyelenggarakan pendidikan diniyah atau secara terpadudengan jenis pendidikan lainnya.5. Pasraman adalah satuan pendidikan keagamaan Hindupada jalur pendidikan formal dan nonformal.6. Pesantian adalah satuan pendidikan keagamaan Hindupada jalur pendidikan nonformal yang mengacu padasastra agama dan/atau kitab suci Weda.7. Pabbajja samanera adalah satuan pendidikan keagamaanBuddha pada jalur pendidikan nonformal.8. Shuyuan adalah satuan pendidikan keagamaanKhonghucu yang diselenggarakan pada semua jalur dan jenjang pendidikan yang mengacu pada Si Shu Wu Jing.9. Tempat . . .
 
- 3 -9. Tempat pendidikan agama adalah ruangan yang digunakanuntuk melaksanakan pendidikan agama.10. Rumah ibadah adalah bangunan yang secara khususdibangun untuk keperluan tempat beribadah wargasatuan pendidikan yang bersangkutan dan/ataumasyarakat umum.11. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusanpemerintahan di bidang pendidikan.12. Menteri Agama adalah menteri yang menyelenggarakanurusan pemerintahan di bidang agama.BAB IIPENDIDIKAN AGAMAPasal 2(1) Pendidikan agama berfungsi membentuk manusiaIndonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YangMaha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjagakedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antarumatberagama.(2) Pendidikan agama bertujuan untuk berkembangnyakemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati,dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikanpenguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi danseni.Pasal 3(1)
 
Setiap satuan pendidikan pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan wajib menyelenggarakan pendidikanagama.(2)
 
Pengelolaan pendidikan agama dilaksanakan oleh MenteriAgama.Pasal 4 . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->