Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
176Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
karbohidrat

karbohidrat

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 11,615 |Likes:
Published by ntie29

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: ntie29 on Oct 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Karbohidrat adalah hasil alam yang melakukan banyak fungsi penting dalamtumbuhan maupun hewan, karbohidrat didenifisikan sebgai polihidroksi keton atausenyawa yang menghasilkan senyawaan yang berupa hidrolisis dengan rumus umum(Cn(H
2
O)n).Setiap hari kita mengkonsumsi karbohidrat, yaitu melalui nasi yang kitamakan, nasi tersebut mengandung zat yang disebut karbohidrat. Karbohidrat dalamtubuh terurai menghasilkan cadangan energi bagi tubuh kita. Fungsi karbohidratdalam tubuh ini hampir sama dengan fungsi bensin pada kendaraan bermotor.Karbohidrat dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan yangmengandung karbohidrat, seperti padi, kentang, singkong, ubi, jagung, talas, dangandum.Tidak seperti tumbuhan, tubuh kita tidak dapat mensitesis sendirikarbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu kita harus mendapatkanasupan karbohidrat dari luar tubuh kita. Jenis karbohidrat yang terdapat di alam inisangat bervariasi, dan pada satu makanan dengan satu makanan yang lain kandungankarbohidratnya dapat berbeda. Sebagai contoh, karbohidrat yang terdapat pada gulamerah, tidak sama dengan karbohidrat yang terdapat pada gula pasir. Dalam praktikum kali ini, kita akan mengisolasi kanji dari sumber karbohidrat yang sangatlazim kita kenal dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu kentang,
 
Kentang disini dijadikan sebagai sumber karbohidrat yang mudahditemukan dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, keinginan untuk ujikarbohidrat melalui kentang sebagai contoh ini, merupakan latar belakangdilakukannya percobaan mengenai karbohidrat ini.
1.2Maksud dan Tujuan Percobaan1.2.1 Maksud Percobaan
Maksud dari percobaan ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari isolasistarch dari kentang dan mereaksikan amilum dengan iodida.
1.2.2 Tujuan Percobaan
Tujuan dari percobaan ini yaitu sebagai berikut:1.Menentukan kadar amilum dari kentang2.Mereaksikan amilum dengan iodida dalam suasana asam, basa dan netral.
1.3Prinsip Percobaan1. 3. 1 Isolasi Starch dari Kentang
Penentuan kadar kanji pada kentang dengan mengisolasi berdasarkan prinsiphomogenasi, penyaringan suspensi dan dekantasi dengan menggunakan pelarut airdan etanol.
1. 3. 2 Uji Iodida untuk Kentang
Mereaksikan amilum dengan iodida dengan menambahkan pereaksi yang bersifat asam, basa, dan netral. Kemudian melihat perubahan warna yang terjadisetelah dipanaskan dan didinginkan.
 
1.4
Manfaat Percobaan
Setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa akan mampu mengetahui bagaimana cara mengisolasi starch dari kentang dan dapat mengetahui berapa persenkandungan starch dari kentang tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->