Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
65Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
teori mikro

teori mikro

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 14,110|Likes:
Published by ratzzz86
summary
summary

More info:

Published by: ratzzz86 on Oct 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
TEORI MIKRO EKONOMIDef inisi Ilmu Ekonomi Oleh Prof. P. A. Samuelson
Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu danmasyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang,dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapatdigunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenisbarang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi,sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golonganmasyarakat.Ilmu Ekonomi terbagi dua, yaitu : ekonomi mikro dan makro.
Ekonomi makro
yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil ekonomi seperti perilaku individu-individu, perilakukonsumen, perilaku produsen, harga, dll.
Ekonomi mikro
 
yaitu
 
cabang ilmu ekonomi yang mempelajarikeseluruhan perekonomian baik suatu negara / daerah seperti inflasi,kemiskinan, neraca.
Masalah Pokok Perekonomian
Adanya kelangkaan atau kekurangan akibat ketidakseimbangan antara (i)kebutuhan masyarakat dengan (ii) faktor-faktor produksi yang tersediadalam masyarakat.Disatu pihak keinginan masyarakat relatif tak terbatas sementaradilain pihak sumber-sumber daya atau faktor-faktor produksi yang dapatdigunakan untuk menghasilkan barang tersebut relatif terbatas.Faktor-faktor poduksi adalah benda-benda yang disediakan olehalam atau diciptakan oleh manusia yang dapat digunakan untukmemproduksi barang-barang dan jasa-jasa.
1 |Page
 
1.Tanah dan sumber alam meliputi tanah, berbagai jenis barangtambang, hasil hutan.2.Tenaga kerja meliputi jumlah maupun keahlian/keterampilan3.Modal4.Keahlian dan kemampuan pengusaha untuk mendirikan danmengembangkan berbagai kegiatan usaha.
Teori Permintaan dan Kurva Permintaan
Beberapa Penentu Permintaan :1.Harga barang2.Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut.3.Pendapatan RT dan pendapatan rata-rata masyarakat.4.Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat.5.Cita rasa masyarakat.6.Jumlah penduduk.7.Ramalan keadaan di masa datang.Harga dan permintaan bahwa makin rendah harga suatu barangmaka makin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknyamakin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadapbarang tersebut.
Pengaruh Faktor Lain Selain Harga Terhadap Permintaan
2 |Page
PP
2
P
1
 
 
Q
1
Q
1
Q
 
Harga barang lain
Hubungan antara sesuatu barang dengan berbagai jenis-jenis baranglainnya dapat dibedakan kepada tiga (3) golongan, yaitu:
barang lain itu merupakan pengganti
barang lain itu merupakan pelengkap
kedua barang tidak mempunyai kaitan sama sekali (barangnetral).
Barang Pengganti
Sesuatu barang dinamakan barang pengganti kepada barang lain apabilaia dapat menggantikan fungsi barang lain tersebut. Kopi dan teh adalahbarang yang dapat saling menggantikan fungsinya. Seorang yang sukameminum teh selalu dapat menerima minuman kopi apabila teh tidakada.Harga barang pengganti dapat mempengaruhi permintaan barangyang dapat digantikannya. Sekiranya harga barang pengganti bertambahmurah maka barang yang digantikannya akan mengalami pengurangandalam permintaan.
Barang Pelengkap
Apabila suatu barang selalu digunakan bersama-sama dengan baranglainnya maka barang tersebut dinamakan barang pelengkap kepadabarang lain tersebut. Gula adalah barang pelengkap pada kopi atau teh.Karena pada umumnya kopi dan teh yang kita minum harus dibubuhigula.Kenaikan atau penurunan permintaan barang pelengkap selalusejalan dengan perubahan permintaan barang yang digenapinya. Kalaupermintaan terhadap kopi atau bertambah begitu juga sebaliknya.
Barang Netral
Permintaan terhadap beras dan terhadap buku tulis tidakmempunyai hubungan sama sekali, maksudnya perubahan permintaan
3 |Page

Activity (65)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
San Chocholeh liked this
Nurul Huda liked this
Andriani Doang liked this
Sarah Boo Tan liked this
Lina Febri Yanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->