Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
107Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sosiologi Penddkn Islam

Makalah Sosiologi Penddkn Islam

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 22,494|Likes:
Published by frud_co

More info:

Published by: frud_co on Oct 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/07/2013

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Tuhan semesta alam. Dialahyang memberiiiikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat sertasalam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah saw, keluarga, shahabat serta pengikutnya sampai akhir jaman. AminAlhamdulillah makalah yang berjudul sosiologi pendidikan Islam yagdibimbing oleh Drs. Subiantoro, M.Ag. dapat terselesaikan. Kami ucapkan terimakasih kepada dosen pengampu yang telah memberiikan ilmu kepada kami.Terima kasih juga kami sampaikan kepada rekan-rekan atas kerja samanya.Penyusun menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini banyak sekalikekurangan baik dari segi isi dan penuisan. Maka dari itu kami mengharapkankritik dan saran yang dapat membantu kemajuan bagi makalah ini.
PENDAHULUAN
Sosiologi pendidikan Islam merupakan mata kuliah yang diberikan pada
 
 perguruan tinggi Islam dan perguruan tinggi Islam swasta. Tujuan mempelajarisosiologi pendidikan Islam agar mahasiswa mampu memahami prinsip sosiologi pendidikan Islam dan mampu mengenali dan memecahkan masalah-masalah pendidikan Islam atas dasar prinsip tersebut.Secara umum dapat dikatakan bahwa dalam kependidikan Islam, penggalian dan pembahasan tentang konsepsi kependidikan ataupun pemikiran-pemikiran yangrelevan yang dihasilakan oleh para pemikir muslim masih sedikit dilakukan parasarjana Indonesia. Tentu saja para pemikir di luar Indonesia, kajian seperti inisudah banyak dilakukan. Beberapa karya yang tersedia yang sudah semula berbahasa arab sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.Kajian-kajian pendidikan Islam seperti sosiologi pendidikan Islam belumlahtergarap secara serius dan keseluruhan. Kajian-kajian yang dilakukan berkanandengan pendidikan Islam masih relative sedikit apabila dibandingkan dengankajian-kajian dalam bidang pemikiaran Islam.Diharapkan apresiasi serta turut masyarakat muslim terhadap pendidikan Islamsemakain banyak, sehingga kajian yang relatif sedikit itu dapat dipahami dandapat tumbuh berkembang sebagaimana yang diharapkan oleh dunia pendidikanIslam di Indonesia.
Pengertian sosiologi pendidikan islam
.Untuk mendefinisikan tentang sosiologi pendidikan Islam masih banyak kesulitan secara pasti belum didapatkan tentang pengertian itu. Itu disebabkankarena sukarnya membatasi bidang study antara bidang pendidikan dan bidangsosiologi, kurangnya penelitian dalam bidnag ini.
 
Beberapa konsep mengenai pengertian sosiologi pendidikan Islam sepertidalam buku sosiologi pendidikan (Prof. Dr. S. Nasution, M.A) kami menemukansosiologi pendidikan yaitu ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-caramengenalikan proses pendidikan untuk memperoleh perkembangan kepribadianindividu yang lebih baik. Sosiologi pendidikan adalah analisis ilmiah atau prosessocial dan pola-pola social yang terdapat dalam system pendidikan. (sosiologi pendidikan: Prof. Dr. S. Nasution, M.A, hal 5 ).Sosiologi pendidikan Islam adalah spesialisasi dalam ilmu sosiologi yangmengkaji sikap dan tingkah laku masyarakat yang terlibat dalam sector  pendidikan Islam.Ada bebrapa unsur aktifitas pendidikan, aktifitas pendidikan tidak  berlangsung bila tidak ada unsur pendidikan. Pertama yang memberi dan yangmenerima, kedua unsur belum menjadi sama pendidikan bila belum ada unsur ketiga yaitu berniat baik dari yang memberi bagi yang perkembangan ataukepentingan yang menerima. Agar anak pandai, agar orang menjadi ahli, agar orang berkepribadian luhur, dsb.
Tujuan
Bangunan teoritis kepandidikan Islam itu akan berdiri tegak di atas pondasi pandangan dasar yang telah digariskan oleh Tuhan dalam kitab suciwahyu. Wahyunya dalam kitab suci terus berkembang sesuai dengan tuntutanmasyarakat yang menuju masa depan yang maju dan sejahtera apabila Islam telahdiyakini dan diamalkan betul oleh umat manusia maka Islam dapat digunakansebagai sarana pemberdayaan manusia yang bersifat Islami. Walaupun masyarakatsekarang beraneka ragam kultur dan strukturnya.Adapun beberapa konsep tentang tujuan sosiologi pendidikan Islam adalahsebagai berikut:1.Sosiologi pendidikan Islam sebagai proses sosialisasiDalam hal ini sosiologi pendidikan Islam mengutamakan proses bagaimana kelompok social masyarakat mempengaruhi kelakuanindividu. Dengan bermacamnya kultur dan struktur diharapkan dengan pendidikan Islam merupakan wadah bagi individu dalam memperoleh

Activity (107)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sahrai Roy liked this
Aan Gazalba liked this
Andre Widiatmoko liked this
Andre Widiatmoko liked this
yulital_1 liked this
Kenzi Nicky liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->