Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
39_DasarRancob

39_DasarRancob

Ratings: (0)|Views: 2,873 |Likes:
Published by Ade Setiawan

More info:

Published by: Ade Setiawan on Oct 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

 
 
DASAR-DASAR PERANCANGANPERCOBAAN
Pendahuluan
Penelitian ilmiah adalah suatu proses, yaitu suatu rangkaian langkah-langkah yang dilakukan secaraterencana dan sistematis guna mendapat pemecahan masalah atau mendapatkan jawaban terhadappertanyaan-pertanyaan tertentu. Langkah-langkah yang dilakukan itu harus serasi dan salingmendukung satu sama lain, agar penelitian yang dilakukan mempunyai bobot yang cukup memadaidan memberikan kesimpulan-kesimpulan yang tidak meragukan. Secara umum, langkah-langkahdalam kegiatan Penelitian (Prosedur Percobaan untuk mencapai Sasaran) adalah sebagai berikut:1.
 
Memilih Masalah;
memerlukan kepekaan
 
Sebelum anda melakukan suatu percobaan, anda harus melakukan identifikasi ataupengenalan permasalahan sebagai bahan atau alasan mengapa anda melakukan percobaanitu. Pemilihan masalah sebaiknya disesuikan dengan bidang ilmu yang sedang ada tekuni danldan perlu dipertimbangkan layak dan tidaknya untuk diteliti. Perumusan masalahhendaknya dalam bentuk kalimat tanya, padat dan jelas, memberikan petunjuk tentangmungkin tidaknya mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan yang terkandungdalam rumusan itu. Misalnya anda menemukan masalah mengapa pemberian pupuk padatanaman jagung tidak memberikan hasil yang maksimal. Anda sebagai peneliti, harusmenggali mengapa terjadi demikian. Apakah cara bercocok tanamannya yang salah, apakahdosis pemupukannya tidak tepat, apakah kondisi iklimnya tidak sesuai, ataukah ada faktorlain yang menyebabkan serapan hara oleh tanaman menjadi terhambat? Setelah anda kaji,misalnya anda menduga bahwa kondisi tanahnya yang menjadi penyebab utamanya, karenakemasaman tanahnya yang tinggi (pH rendah) sehingga penyerapan unsur hara terhambat.Langkah selanjutnya adalah Anda menentukan kira-kira percobaan apa yang sesuai sehinggaserapan hara menjadi optimal. Misalkan anda melakukan percobaan dengan memberikanpengapuran dengan harapan pH tanah bisa meningkat dan akhirnya serapan hara olehtanaman jagung tidak terhambat.2.
 
Studi Pendahuluan;
studi eksplorasi, mencari informasi baik berdasarkan wawancara atautinjauan kepustakaan (jurnal, bulletin penelitian, skripsi, tesis, disertasi dan laporan hasilpenelitian lainnya)
 
Penelaahan kepustakaan bertujuan untuk mencari teori-teori, konsep-konsep, generalisasi-generalisasi yang dapat dijadikan landasan teoritis bagi penelitian yang akan dilakukansehingga penelitian itu mempunyai dasar yang kokoh, dan bukan sekedar perbuatan coba-coba.
 
Setelah anda memastikan akan melakukan percobaan pengapuran, maka tugas andaselanjutnya adalah menggali informasi atau temuan-temuan para peneliti terdahulu yang
 
 berhubungan dengan masalah yang ingin anda pecahkan melalui percobaan tersebut.Caranya anda bisa menggali pustaka yang ada relevansinya dengan percobaan anda.3.
 
Merumuskan Masalah;
jelas, dari mana harus mulai, ke mana harus pergi dan dengan apa
 
Konsep atau teori yang mungkin dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Setelahanda melakukan telaah terhadap temuan-temuan terdahulu, maka langkah anda selanjutnyaadalah merumuskan suatu konsep atau teori yang mungkin dapat anda gunakan untukmemecahkan masalah seputar percobaan anda. Misalnya anda merumuskan bahwa denganpemberian pupuk kandang dengan takaran yang tepat akan meningkatkan kesuburan tanah.4.
 
Merumuskan anggapan dasar;
sebagai tempat berpijak, (hipotesis);
 
Hipotesis penelitian hendaknya menyatakan pertautan antara dua variable atau lebih,dinyatakan dalam kalimat deklaratif atau pernyataan, dirumuskan secara jelas dan padat,dapat diuji artinya memungkinkan untuk mengumpulkan data guna menguji kebenaranhipotesis tersebut.5.
 
Memilih pendekatan
; metode atau cara penelitian, jenis / tipe penelitian : sangat menentukanvariabel apa, objeknya apa, subjeknya apa, sumber datanya di mana;6.
 
Menentukan variabel dan Sumber data;
Apa yang akan diteliti? Data diperoleh dari mana?7.
 
Menentukan dan menyusun instrumen;
apa jenis data, dari mana diperoleh? Observasi,interview, kuesioner?8.
 
Mengumpulkan data;
dari mana, dengan cara apa?9.
 
Analisis data;
memerlukan ketekunan dan pengertian terhadap data. Apa jenis data akanmenentukan teknis analisisnya10.
 
Menarik kesimpulan
; memerlukan kejujuran, apakah hipotesis terbukti?11.
 
Menyusun laporan;
memerlukan penguasaan bahasa yang baik dan benar.
Hubungan antara Metode Ilmiah dan Metode Percobaan
Metode Ilmiah adalah studi terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan logis.Metode Percobaan adalah salah satu metode ilmiah dalam pengumpulan data empiris untukmemperoleh pengetahuan baru. Jadi metode ilmiah itu bermacam-macam jenisnya salahsatunya adalah metode percobaan.
Istilah-istilah dalam Perancangan PercobaanPercobaan
:
 
sebagai suatu uji coba (trial) atau pengamatan khusus yang dibuat untuk menegasi ataumembuktikan keadaan dari sesuatu yang meragukan, dibawah kondisi-kondisi khusus yangditentukan yang ditentukan oleh peneliti. Jadi merupakan suatu tindakan atau kegiatan yangdiselenggarakan dengan seksama dalam rangka menemukan beberapa pengaruh yang takdiketahui, atau menguji suatu kebenaran yang diketahui atau membayangkan suatukebenaran yang dipikirkan.
 
Suatu uji atau sederetan uji yang bertujuan merubah peubah input menjadi suatu outputyang merupakan respon dari percobaan tersebut
 
Suatu kegiatan yang dilakukan untuk membangkitkan data yang merupakan respon dariobjek/individu/unit yang dikondisikan tertentu
Merancang
: dapat diartikan sebagai merencanakan, memikirkan atau menimbang-nimbang apayang hendak diperbuat, yang segala sesuatunya diatur terlebih dahulu.
 
 
Rancangan
: Wujud/hasil dari merancang, apa yang sudah dirancangkan, dipersiapkan,direncanakan atau diprogramkan.
Rancangan Percobaan
: dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan berupa pemikiran dantindakan yang dipersiapkan secara kritis dan seksama mengenai berbagai aspek yangdipertimbangkan dan sedapat mungkin diupayakan kelak dapat diselenggarakan dalam suatupercobaan dalam rangka menemukan sesuatu pengetahuan baru. Semua pemikiran, perkiraan,pedoman dan rencana itu dituangkan dalam suatu Rancangan Percobaan, yang seharusnyadibuat sebelum percobaan dilakukan.
Uji Coba
: Digunakan untuk masalah situasi yang bersifat periodik atau tidak terus menerus. Ex.KIR mobil.
Pengujian vs Percobaan
:
 
Pengujian
: Diarahkan terhadap keberhasilan, bukan untuk menjawab bagaimanakeberhasilan itu terjadi. Ex. Pengujian daya tumbuh benih.
 
Percobaan
: Diarahkan untuk memahami masalah melalui struktur-struktur uji yangdianalisis secara keseluruhan. Ex. Percobaan pemupukan.
Hal-hal yang perlu dalam melakukan percobaan:
1.
 
Apa yang menjadi tujuan percobaan2.
 
Apa yang menjadi perlakuan?3.
 
Metode4.
 
Apa yang menjadi Satuan Percobaan?5.
 
Apa yang menjadi Satuan Pengamatan?6.
 
Ukuran apa yang akan dicatat?7.
 
Apa rancangannya?8.
 
Justifikasi untuk rancangan → Ulangan
9.
 
Pengacakan10.
 
Rencana11.
 
Analisis Statistik yang diusulkan
Apa yang menjadi tujuan percobaan?
Tujuan percobaan ditulis secara jelas, dapat berbentuk pertanyaan, hipotesis yang hendak diujiatau pengaruh yang hendak diuji
 
Teladan:
“Untuk menduga seberapa jauh perbedaan pemupukan dengan pupuk A dibandingdengan pupuk B dalam meningkatkan produksi varietas jagung hibrida”
 
Apa yang menjadi perlakuan?
Metode atau prosedur yang akan diterapkan kepada unit percobaanKadang-kadang sederhana, kadang-kadang berupa kombinasiStruktur perlakuan:
 
Tidak terstruktur
 
Beberapa perlakuan baru dengan kontrol
 
Semua kombinasi dua faktor
 
Semua kombinasi dua faktor + kontrol
 
Semua kombinasi tiga faktor atau lebihDeskripsikan secara jelas perlakuan yang menjadi perhatian

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Khairul Aripin liked this
penyabu liked this
Soemarsono Ngs liked this
Nova Afriyanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->