Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
166_Faktorial_RAK

166_Faktorial_RAK

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,583 |Likes:
Published by Ade Setiawan

More info:

Published by: Ade Setiawan on Oct 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

 
© 2011 http://www.smartstat.info | RANCANGAN FAKTORIAL
 
20
Percobaan Faktorial Dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap
Percobaan Faktorial dengan rancangan dasar RAK adalah percobaan dimana faktor yang dicobakan lebihdari satu faktor dan menggunakan RAK sebagai rancangan percobaannya. Rancangan ini dipilih apabilasatuan percobaan yang digunakan tidak seragam, sehingga perlu pengelompokan. Pada prinsipnyapercobaan ini sama dengan percobaan RAKL tunggal yang telah dibahas sebelumnya namun dalampercobaan ini terdiri dari dua faktor atau lebih.
Pengacakan dan Denah Percobaan
Pertimbangan penentuan Percobaan Faktorial dengan rancangan dasar RAK hampir sama denganpertimbangan RAK satu faktor yang dipilih apabila kondisi lingkungan tidak seragam. Cara-carapengelompokan yang tepat, bisa dilihat kembali pada pembahasan RAKL. Penempatan perlakuan-perlakuan yang merupakan kombinasi dari taraf faktor yang akan dicobakan dilakukan dengan cara yangsama seperti RAKL. Perhatikan contoh kasus berikut. Suatu percobaan ingin mempelajari pengaruhpemupukan Nitrogen dan Varietas terhadap hasil produksi yang dilaksanakan di lapangan. Kondisilingkungan diperkirakan heterogen. Faktor pemupukan terdiri dari 2 taraf, yaitu 0 kg N/ha (n0) dan 60kg N/ha (n1). Faktor Varietas terdiri dari dua taraf, yaitu Varietas IR-64 (v1) dan Varietas S-969 (v2).Percobaan dirancang dengan menggunakan rancangan dasar RAL yang diulang 3 kali. Percobaantersebut merupakan percobaan faktorial 2x2 sehingga terdapat 4 kombinasi perlakuan: n0v1; n0v2;n1v1; dan n1v2. Karena diulang 3 kali, maka satuan percobaannya terdiri dari 4x3 = 12 satuanpercobaan. Satuan percobaan tersebut dibagi kedalam tiga kelompok. Penempatan kombinasiperlakuan dilakukan secara acak untuk setiap kelompok secara terpisah. Hal ini berbeda denganpengacakan pada RAL, dimana pengacakan dilakukan secara menyeluruh, sedangkan pada RAKpengacakan dilakukan secara terpisah.Pengacakan bisa dengan menggunakan Daftar Angka Acak, Undian, atau dengan perangkat komputer(bisa dilihat kembali pada pembahasan RAKL satu faktor). Pada kasus ini, proses pengacakan dilakukandengan menggunakan MS Excel. Buat 12 petak (satuan percobaan) dan satuan percobaan tersebutdiberi nomor dari 1 sampai 12. Meskipun pada RAKL pengacakan untuk setiap kelompok harusdilakukan secara terpisah, namun dengan menggunakan MS Excel, proses pengacakan tersebut bisadilakukan sekaligus, asalkan pengacakan digrupkan berdasarkan kelompok.
 
© 2011 http://www.smartstat.info | RANCANGAN FAKTORIAL
 
211.
 
Buat Tabel seperti di bawah ini, pada setiap kelompok terdapat 4 kombinasi perlakuan: n0v1; n0v2;n1v1; dan n1v2. Angka Acak dibangkitkan dengan menggunakan fungsi = RAND().2.
 
Lakukan sortasi dengan menekan Toolbar Sort (terdapat di grup Tab Data, Office 2007). Perhatikancara pengurutannya: Sorot (select) Range B1:D13. Sortasi hanya dilakukan pada Tiga Variabel(Perlakuan, Kelompok, dan Angka Acak). Lakukan multi sortasi berdasarkan urutan yang persisseperti pada contoh di bawah ini, berdasarkan Kelompok, kemudian Angka Acak. Pertaman, MSExcel akan mengurutkan berdasarkan kelompok, kemudian pengurutan selanjutnya berdasarkanAngka Acak, sehingga dengan teknik ini, pengurutan angka acak akan dilakukan perkelompok.
 
© 2011 http://www.smartstat.info | RANCANGAN FAKTORIAL
 
223.
 
Hasil pengurutannya tampak seperti pada gambar berikut. Tempatkan kombinasi perlakuan untukmasing-masing kelompok pada satuan percobaan sesuai dengan nomor urutnya.
KelompokI II III
1 = n1v1 5 = n1v1 9 = n0v2
2 = n0v2 6 = n0v1 10 = n0v1
3 = n1v2 7 = n1v2 11 = n1v1
4 = n0v1 8 = n0v2 12 = n1v2

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Lya QiYa liked this
Solehati Maryama liked this
Soemarsono Ngs liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->