Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
53Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aneka Game

Aneka Game

Ratings: (0)|Views: 3,705 |Likes:
Published by Roy.markun

More info:

Published by: Roy.markun on Oct 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/06/2013

pdf

text

original

 
GAMEUNTUKPEMECAHANMASALAH
(Lingkaran kusut kemudian dirapikan)
Peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok memilih 1 pemimpinkelompok.
Kemudian fasilitator menjelaskan tugas setiap peserta dalam masing-masingkelompok yaitu :
Setiap orang bergandengan tangan dengan dua orang lain (tangan kirimemegang 1 tangan orang lain, tangan kanan memegang 1 tangan oranglain yang berbeda) secara acak sehingga terbentuk suatu “simpul manusia” yang acak-acakan.
Tugas kelompok sekarang adalah untuk merapikan simpul yang acak-acakan itu menjadi lingkaran manusia yang rapi sambil bergandengantangan. Selama proses, pegangan tangan tidak boleh lepas. Kalau adapegangan tangan yang lepas, kelompok dianggap gagal.
Peserta dalam masing-masing kelompok hanya mengikuti perintahpemimpinnya. Mereka tidak boleh bergerak sendiri/berinisiatif sebelum adaperintah dan tidak boleh membantu pemimpinnya untuk mempermudahtugasnya.
Sesudah siap, fasilitator memberi aba-aba dan mempersilakan pemimpinkelompok untuk melakukan tugasnya.
Tugas pemimpin adalah memberikan perintah lisan kepada kelompoknyauntuk membentuk lingkaran yang rapi tanpa memutuskan simpul manusia.Pemimpin tidak boleh menggunakan gerakan tangan.
Kemudian, kelompok mendapat tugas sekali lagi untuk membentuk lingkaranacak yang baru dan pemimpin mereka turut ambil bagian dalam “simpulmanusia”. Kali ini pemimpin kelompok ikut bergabung dalam simpul.
Fasilitator memberi aba-aba dan menugaskan kelompok untuk membentuk lingkaran berdasarkan kerjasama semua anggota kelompok.
Setelah selesai, fasilitator mengajak peserta membahas :- Apa perbedaan hasil dari tugas pertama dan kedua ?- Apa kesimpulan kita tentang permainan ini ?- Kira-kira, apa hubungan permainan ini dengan proses penguatankelembagaan TKM atau program pembangunan SAB/S ? (program yang topdown dibandingkan dengan yang bottom up) ?.
KESIMPULANPermainan ini berhubungan dengan cara kita bekerjasama dan berkomunikasi dengan suatukelompok masyarakat. Apabila ada orang yang berperan sebagai orang yang mendikte danmenguasai arah komunikasi, maka biasanya suatu pekerjaan hasilnya tidak akan memuaskandan bahkan tidak akan tercapai. Tetapi, apabila ia melebur dan membaur turut bekerjasamadalam kelompok, maka kelompok gabungan itu akan menjadi satu kekuatan. Oleh karena itu,program pengembangan masyarakat harus dikembangkan untuk membantu proses komunikasiyang bersifat multiarah, bukan searah.
 
GAMEMENGHITUNGMUNDURdanBOM
Peserta berdiri membentuk suatu lingkaran. Setiap peserta menghitung secarabergiliran mulai dari 1 sampai 50.
Pada saat menghitung, peserta harus memenuhi peraturan : Setiap angkatujuh, atau angka kelipatan tujuh atau angka yang ada angka tujuhnya, angkatersebut tidak disebutkan, melainkan diganti dengan suara bom.
Apabila ada peserta yang salah melaksanakan tugasnya, maka permainandimulai lagi dari awal.
Sesudah 3-4 ronde, permainan tahap 1 selesai.
Permainan tahap 2 dimulai dengan cara yang sama seperti diatas, tetapihitungannya dimulai dari angka 50 mundur terus sampai ke angka 1 ;peraturan yang diterapkan juga sama, yaitu setiap angka tujuh atau angkakelipatan tujuh, atau angka yang ada angka tujuhnya, angka itu tidak disebutkan, melainkan diganti dengan suara bom.
Setelah 3-4 ronde, permainan selesai.
Peserta diminta mendiskusikan :
Manakah yang lebih banyak terjadi kesalahan, cara 1 atau cara 2 ? danmengapa ?
Kira-kira apa hubungannya permainan ini dengan cara kerja kita dalampengembangan program SAB/S (apakah mudah mengganti kebiasaanpendekatan top down dengan yang bottom up)?.
KESIMPULANDalam pengembangan program pembangunan masyarakat, kita sudah biasa mengganggapbahwa masyarakat hanyalah penerima informasi, dan bukan pemberi atau sumber informasi.Mengubah kebiasaan atau cara pandang yang sudah lama kita miliki, merupakan hal yangsulit. Kita biasanya selalu menggunakan kacamata kita. Kita menggunakan bahasa, simbol,gambar, informasi dan teknologi yang berasal dari “kebudayaan” kita. Kita tidak memperhatikan apa kesulitan yang dialami masyarakat untuk menerima hal-hal yang tidak biasa bagi mereka. Sebenarnya, program yang kita kembangkan perlu dinilai menurutkacamata masyarakat, berdasarkan apa yang mereka butuhkan, dengan cara yang mudahditerima mereka.
 
GAMESEPATULAPANGAN
Peserta dibagi dalam kelompok kecil (5-6 orang). 1 orang akan menjadipembicara kelompok.
Masing-masing kelompok diminta mendiskusikan tentang sepatu lapanganapa yang cocok untuk bekerja di desa dan peralatan apalagi yang dibutuhkanuntuk bekerja di lapangan (5 menit).
Pembicara harus mengingat pendapat masing-masing orang dikelompoknya(yang berbeda) dan pendapat yang sama dari beberapa orang.
Pembicara kelompok kemudian menyampaikan hasil diskusi ini sekaligusdengan memperkenalkan nama anggota kelompoknya dan apa pendapatorang-orang tersebut mengenai topik diskusi diatas.
Setelah semua kelompok selesai, kemudian didiskusikan : apakahpembicaraan telah menyampaikan pendapat semua anggota kelompoknyasecara tepat ? apa yang dikurangi ? apa yang ditambah ? apa yang tidak tepat ?.
Games ini bermanfaat untuk mendorong proses kerjasama tim, bahwa dalamsebuah tim setiap orang akan belajar mendengar pendapat orang lain dan merekammasing-masing pendapat secara cermat dalam fikirannya, sebelum memutuskanpendapat apa yang terbaik menurut kelompok. Tetapi games ini juga bisa digunakanuntuk teknik fasilitasi (latihan mendengarkan) yaitu seseorang fasilitator yang baik,harus punya kemampuan mendengarkan pendapat peserta dengan baik, danmembantu peserta membuat kesepakatan.

Activity (53)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
PUwpa D Kurnia liked this
Hadi Hirata liked this
Nikmatul Umroh liked this
sitoh310390 liked this
Cici Meissa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->