Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
285Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PRAKTIKUM

LAPORAN PRAKTIKUM

Ratings: (0)|Views: 41,756|Likes:
Published by yayan775
LAPORAN PRAKTIKUM
LAPORAN PRAKTIKUM

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: yayan775 on Oct 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/18/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUMKIMIA DASAR IPERCOBAAN IPEMBUATAN DAN PENENTUAN KONSENTRASI LARUTANI.TUJUAN PERCOBAANTujuan percobaan praktikum ini adalah diharapkan praktikan dapatmembuat larutan dengan konsentrasi tertentu, mengencerkan larutan, danmenentukan konsentrasi larutan yang telah dibuat.II.TINJAUAN PUSTAKALarutan didefinisikan sebagai campuran homogen antara dua atau lebih zatyang terdispersi baik sebagai molekul, atom maupun ion yang komposisinyadapat bervariasi. Larutan dapat berupa gas, cairan atau padatan. Larutan encer adalah larutan yang mengandung sejumlah kecil solute, relatif terhadap jumlah pelarut. Sedangkan larutan pekat adalah larutan yang mengandungsebagian besar solute. Solute adalah zat terlarut, sedangkan solvent (pelarut)adalah medium dalam mana solute terlarut (Baroroh, 2004).Untuk menyatakan komposisi larutan secara kuantitatif digunakankonsentrasi. Konsentrasi adalah perbandingan jumlah zat terlarut dan jumlah pelarut, dinyatakan dalam satuan volume (berat, mol) zat terlarut dalamsejumlah volume tertentu dari pelarut. Berdasarkan hal ini muncul satuan-satuan konsentrasi, yaitu fraksi mol, molaritas, molalitas, normalitas, ppmserta ditambah dengan persen massa dan persen volume (Baroroh, 2004).
 
Untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu harus diperhatikan:1. Apabila dari padatan, pahami terlebih dahulu satuan yang diinginkan.Berapa volum atau massa larutan yang akan dibuat.2. M1 . V1 = M2 . V2Apabila larutan yang lebih pekat, satuan konsentrasi larutan yangdiketahui dengan satuan yang diinginkan harus disesuaikan. Jumlah zatterlarut sebelum dan sesudah pengenceran adalah sama, dan memenuhi persamaan :M1 : Konsentrasi larutan sebelum diencerkanV1 : Volume larutan atau massa sebelum diencerkanM2 : Konsentrasi larutan setelah diencerkanV2 : Volume larutan atau massa setelah diencerkan3. Pembuatan Larutan dengan Cara MengencerkanProses pengenceran adalah mencampur larutan pekat (konsentrasitinggi) dengan cara menambahkan pelarut agar diperoleh volume akhir yanglebih besar. Jika suatu larutan senyawa kimia yang pekat diencerkan, kadang-kadang sejumlah panas dilepaskan. Hal ini terutama dapat terjadi pada pengenceran asam sulfat pekat. Agar panas ini dapat dihilangkan denganaman, asam sulfat pekat yang harus ditambahkan ke dalam air, tidak bolehsebaliknya. Jika air ditambahkan ke dalam asam sulfat pekat, panas yangdilepaskan sedemikian besar yang dapat menyebabkan air mendadamendidih dan menyebabkan asam sulfat memercik. Jika kita berada didekatnya, percikan asam sulfat ini merusak kulit (Brady, 1999).
 
III. ALAT DAN BAHANA. AlatAlat-alat yang digunakan pada percobaan ini adalah gelas piala, gelasukur, pipet tetes, pipet ukur, pipet gondok, labu takar dan buret.B. BahanBahan-bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah HCl pekat,larutan NaOH 0,1 M, pellet NaOH, larutan HCl 0,1 M, indikator metil merah,indikator fenoftalein, indikator metil orange dan akuades.IV. PROSEDUR KERJAA. Pembuatan dan Pengenceran Larutan Asam Klorida1.Menimbang gelas ukur kosong dan kemudian mencatat beratnya.2.Mengambil 4,15 mL larutan asam klorida pekat dengan menggunakangelas ukur yang telah ditimbang dan pipet tetes. Melakukan dalam lemariasam.3.Menimbang labu takar 100 mL yang kosong, catat beratnya. Mengisi labutakar tersebut dengan sekitar 20-25 mL akuades.4.Memasukkan asam klorida pekat yang telah diambil kedalam labu takar.5.Menambahkan akuades kedalam labu takar hingga tanda batas (meniskus bawah). Menutup labu takar dan lakukan pengocokan hingga larutanhomogen. Menimbang berat labu takar yang telah berisi larutan. Dalamtahap ini disebut sebagai larutan A.6.Menggunakan pipet gondo atau pipet ukur, pindahkan 20mL larutan asamklorida yang telah dibuat ( larutan A) kedalam labu takar 100mL yang baru.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->