Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kerancuan perhitungan aritmatika dalam progam spreadsheet

Kerancuan perhitungan aritmatika dalam progam spreadsheet

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 866 |Likes:
Published by saifuddin_arief

More info:

Published by: saifuddin_arief on Feb 28, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
Kerancuan dan Kesulitan Tersembunyidalam Perhitungan Aritmatika denganProgram Spreadsheet
Saifuddin Arief ariefs1@inco.com 
Pengantar 
Meskipun program spreadsheet, seperti Microsoft Excel dan OpenOffice Calc, tidak dirancang secara khusus untuk komputasi numerik, namun pada kenyataannya, baik didunia pendidikan maupun industri, mungkin sebagian besar komputasi numerik dilakukan dengan menggunakan program spreadsheet. Sayangnya terdapat suatukerancuan dalam perhitungan aritmatika, dimana hal tersebut dapat mengakibatkansuatu kesalahan perhitungan yang fatal seperti yang akan ditunjukkan berikut ini.
Studi Kasus
Misalkan kita mempunyai tiga perhitungan aritmatika sebagai berikut:
2
3
×
4
3
×
5
2
5
2
 Komunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com
1
 
 Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.ComSeluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secarabebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubahatribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidadiperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
 
Aturan dalam penyelesaian suatu operasi aritmatika, baik dalam perhitungan manualatau perhitungan dengan menggunakan perangkat lunak, adalah sebagai berikut:Apabila dalam suatu ekspresi matematika terdiri dari beberapa operator arimatika makaeksekusi terhadap ekspresi tersebut dimulai dari operator yang mempunyai tingkatanyang tertinggi kemudian ke operator berikutnya yang mempunyai tingkatan lebihrendah. Urutan operator aritmatika dari urutan yang tertinggi ke urutan yang terendahyaitu pemangkatan, kemudian perkalian dan pembagian dan yang paling rendah adalah penjumlahan dan pengurangan.Merujuk pada aturan aritmatika tersebut, maka jawaban untuk ketiga persoalanmatematika sederhana tersebut adalah sebagai berikut:2
3
×
4
=
143
×
5
2
=
75
5
2
=
25
Perhitungan Aritmatika Dengan Formula
Selanjutnya jika kita gunakan program spreadsheet Microsoft Excel atau OpenOfficeCalc, untuk melakukan perhitungan terhadap ketiga ekspresi matematika tersebutdengan menggunakan formula-formula seperti pada gambar di bawah iniGambar 1.Hasil perhitungan dari ketiga formula tersebut adalah seperti yang ditunjukkan padagambar di bawah ini.Gambar 2.
 Komunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com
2
 
Terlihat bahwa jawaban yang diberikan oleh program spreadsheet untuk formulamatematika ketiga adalah salah yaitu 25 padahal seharusnya -25.
Perhitungan dengan Macro
Selain dengan menggunakan formula pada sel, kita juga dapat melakukan perhitunganterhadap ketiga ekspresi matematika di atas dengan menggunakan fasilitas pemrograman yang terdapat di dalam program spreadsheet OpenOffice Calc maupunMicrosoft Excel.Kode program dalam bahasa pemrograman OpenOffice.org Basic untuk menyelesaikanketiga macam perhitungan tersebut di atas adalah sebagai berikut.
Sub ExampleWriteDim iCount As IntegerDim x As DoubleDim y As DoubleDim z1 As DoubleDim z2 As DoubleiCount = Freefileopen "C:\Temp\Aritmatika_OOBasic.txt" for OutPut as iCountx = 2+3*4y = 3*5^2z1 = -5^2z2 = 0-5^2Write #iCount, xWrite #iCount, yWrite #iCount, z1Write #iCount, z2close #iCountEnd sub
Apabila macro tersebut kita jalankan, maka kita akan memperoleh hasil perhitungansebagai berikut.
147525-25
Terlihat bahwa hasil dari ekpresi
-5^2
adalah berbeda dengan ekspresi
0-5^2
padahalseharusnya hasil dari kedua ekspresi tersebut adalah sama, yaitu
-25
.
 Komunitas eLearning IlmuKomputer.ComCopyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com
3

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mata Dewa liked this
Ashar Asikin liked this
djbassist liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->