Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
33Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGANTAR PESERTA DIDIK (Remaja dan Pertumbuhan/Perkembangannya)

PENGANTAR PESERTA DIDIK (Remaja dan Pertumbuhan/Perkembangannya)

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 13,722|Likes:
Published by giewas
Semoga bergunaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! (Eboth 30-Okt-2009-12.39pm at UNG)
Semoga bergunaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! (Eboth 30-Okt-2009-12.39pm at UNG)

More info:

Published by: giewas on Oct 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan sebagai suatu usaha sadar yang sistemik sisitematiselalu bertolak dari landasan serta mengindahkan sejumlah asas-asas tertentu.Landasan serta asas tersebut sangat penting, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap pengembangan manusia dan masarakat suatu bangsa.Untuk Indonesia pendidikan diharapkan mengusahakan (
i
) pembentukanmanusia Pancasila sebagai manusia pembangunan yang tinggi kualitasnya danmampu mandiri, dan (
ii
) pemberian dukungan bagi perkembangan masarakat, bangsa dan negara Indonesia (Undang-Undang, 1992:24). Landasan-landasan pendidikan tersebut akan memberikan pijakan dan arah terhadap pembentukanmanusia Indonesia, dan serentak dengan itu mendukung perkembanganmasarakat, bangsa dan negara. Sedangkan asas-asas pokok pendidikan akanmemberi corak khusus dalam penyelenggaraan pendidikan itu dan padagilirannya akan memberi pula corak pada hasil-hasil pendidikan itu yaknimanusia dan masarakat Indonesia.Beberapa dari landasan pendidikan tersebut adalah landasan fislosofis,sosiologis dan kultural yang sangat memegang peranan penting dalammenentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologiakan mendorong pendidikan itu menjemput masa depan. Kajian berbagailandasan pendidikan itu akan berbentuk wawasan yang tepat tentang pendidikan. Dengan wawasan pendidikan yang tepat, serta denganmenerapkan asas-asas pendidikan yang tepat pula, akan dapat memberi peluang lebih besar dalam merancang dan menyelenggarakan program pendidikan yang tepat wawasan itu akan memberikan prespektif yang luasterhadap pendidikan, baik dalam aspek konseptual maupun operasional.
1
 
1.2 Tujuan Penulisan
Setelah mempelajari kedua permasalahan ini, kita mengharapkan agar anda dapat:1.Memahami berbagai landasan pendidikan utamanya landasan filosofis,landasan sosiologis, landasan kultural, landasan psikologis, sertalandasan ilmiah dan teknologi, baik pada pendidikan pada umumnyamaupun khusus untuk Indonesia.2.Memahami makna serta cara-cara penerapan berbagai asas pendidikan,utamanya asas Tut Wuri Handayani, asas belajar sepanjang hayat, danasas kemandirian dalam belajar.3.Memiliki wawasan kependidikan dengan prespektif yang luas tentang pendidikan, baik dari segi konseptual maupun dari segi operasional.
2
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 LANDASAN PENDIDIKAN
Pendidikan adalah sesuatu yang universal dan berlangsung terus tak terputus dari generasi ke generasi dimana pun di dunia ini. Upayamemanusiakan manusia melalui pendidikan itu diselenggarakan sesuai dengan pandangan hidup dan latar sosial-kebudayaan setiap masarakat tertentu. Olehkarena itu meskkipun pendidikan itu universal, namun terjadi perbedaan- perbedaan tertentu sesuai dengan pandangan hidup dan latar sosio-kulturaltersebut. Artian pendidikan diselenggarakan berdasarkan berdasarkan falsafahhidup dan latar-sosiokultural setiap masarakat, termasuk di Indonesia. Kajianketiga landasan itu (filosofis, sosiologis, dan kultural) akan membekali setiaptenaga kependidikan dengan wawasan dan pengetahuan yang tepat tentang bidang dan tugasnya.
1.Landasan Filosofis
Landasan ini berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan, yang berusaha menelaah masalah-masalah pokok seperti : “Apakah pendidikan itu?;mengapa pendidikan diperlukan?; apa yang seharusnya menjadi tujuannya?”dan masih banyak lagi. Landasan filosofis adalah landasan yang berdasarkanatau bersifat filsafat. Filsafat menelaah sesuatu secara radikal, menyeluruh dankonseptual yang menghasilkan konsepsi-konsepsi mengenai kehidupan dandunia.Tinjauan filosofis tentang pendidikan ini berarti berpikir bebas sertamenantang pikiran sampai sejauh-jauhnya tentang sesuatu itu. Penggunaanistilah filsafat dapat dalam dua pendekatan, yakni:1)Filsafat sebagai kelanjutan dari berpikir ilmiah, yang dapat dilakukan sertasangat bermanfaat dalam memberi makna kepada ilmu pengetahuannyaitu.
3

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Faisal Fais liked this
Feby Ramadhani liked this
Aydil Adhan liked this
Shofa VieZly Q liked this
chandra_nababan liked this
Bram Syah liked this
Rido Love liked this
sevan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->