Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah opensource

makalah opensource

Ratings: (0)|Views: 2,170 |Likes:

More info:

Published by: Muhammad Ridho Muslim on Oct 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
2009
M. RIDHO MUSLIM
UINSUSKARIAU
TEKNIK INFORMATIKAIII A
OPENSOURCE SOFTWARE
“Open Source saat ini dinilai sudah mulai dilirik oleh kalangan industri. Selainkarena murah, dukungan teknis dari banyak komunitas Open Source di Tanah Airmembuat mereka berani mencoba memanfaatkan aplikasi bersistem terbuka iniuntuk solusi IT perusahaannya”.
 
Kata pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT,atas rahmat dankarunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tentang “AplikasiOpensource pada komputer” yang mungkin dapat dijadikan acuan untuk lebihmemahami tentang software opensource yang berkembang saat ini.Penulis sadar banyak kekurangan dari penyajian makalah ini,sekiranyasaya akan menerima kritikan,saran untuk menyempurnakannya.Semoga makalah ini bermanfaat bagi seluruh pembaca,serta denganharapan akan menjadi setitik sumbangan keilmuan di antara limpahan ilmu pengetahuan yang beragam.
Penulis
MUHAMMAD RIDHO MUSLIM
 
1 0 8 5 1 0 0 4 0 6 5
 
Perangkat lunak sumber terbuka
(
open source software
) adalah jenis perangkatlunak yangkode sumber -nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyubanterbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Anggota-anggota paguyuban itu seringkali sukarela tapi bisa juga pegawai suatu perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak itu. Produk perangkat lunak yangdihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.Semuaperangkat lunak bebasadalah perangkat lunak sumber terbuka, tapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas, tergantung kaidah yangdipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut.Serupa dengan perangkat lunak gratis, perangkat lunak sumber terbuka merupakan perangkat lunak yang juga dapat diperoleh dan didistribusikan secara bebas. Berbeda halnyadengan perangkat lunak gratis yang belum tentu boleh dilihat kode aslinya, perangkat lunak sumber terbuka dapat dibaca kode-kode pemrograman sesuai aslinya. Kode pemrograman inidapat juga diubah, dimodifikasi dan dikembangkan sendiri oleh kita dengan tetapmemperhatikan kaidah yang berlaku sesuai dengan lisensi perangkat lunak tersebut.Sebagai contoh untuk memahami perbedaan antara kedua jenis perangkat ini dapatdiilustrasikan misalnya perusahaan Microsoft pada suatu saat menjadikan salah satu produknya menjadi perangkat lunak gratis. Hal ini berarti siapapun dapat mendapatkannyasecara gratis. Akan tetapi anda tidak diperkenankan untuk kemudian memodifikasi danmengembangkan produk perangkat lunak tersebut. Dapat disimpulkan, perangkat lunak sumber terbuka sudah pasti merupakan perangkat lunak gratis, namun sebaliknya perangkatlunak gratis belum tentu merupakan perangkat lunak sumber terbuka.Konsep Perangkat Lunak Kode Terbuka (
Open Source Software
) pada intinya adalahmembuka kode sumber (
 source code
) dari sebuah perangkat lunak. Konsep ini terasa aneh pada awalnya dikarenakan kode sumber merupakan kunci dari sebuah perangkat lunak.Dengan diketahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain semestinya dapatmembuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Open source hanya sebatas itu. Artinya,tidak harus gratis. Kita bisa saja membuat perangkat lunak yang kita buka kode-sumber-nya,mempatenkan algoritmanya, medaftarkan hak cipta, dan tetap menjual perangkat lunak tersebut secara komersial (alias tidak gratis).

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Agunk Fp liked this
januar_permana liked this
Tarya Liyanti liked this
AristRa Rz liked this
Uple Amir liked this
Danty Nurrachmah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->