Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
155Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SISTEM MANAJEMEN MUTU

SISTEM MANAJEMEN MUTU

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 6,220 |Likes:
Published by hendra

More info:

Published by: hendra on Oct 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2013

pdf

text

original

 
SISTEM MANAJEMEN MUTU
BAB I
PENGERTIAN SISTEM MANAJEMEN MUTU
Mutu merupakan suatu faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu produk untuk menembus pasarnya, disamping faktor utama yang lain seperti:harga dan pelayanan. Dalam situasi perdagangan terbuka, setiap perusahaan harusmampu menghasilkan produk yang dapat memenuhi persyaratan mutu minimalyang ditetapkan, yang bisanya menggunakan standar nasional sebagai acuannya.Berdirinya perusahaan-perusahaan yang berkembang dan pendidikan- pendidikan yang semakin maju merupakan suatu hasil dari beberapa faktor. Salahsatu dari faktor yang membuat perkembangan kemajuan perusahaan atau pendidikan adalah sistem manajemen yang baik. Kualitas atau mutu dari suatu perusahaan, selalu yang paling utama untuk dilihat oleh pelanggan (konsumen).Oleh karena itu, perusahaan maupun lembaga pendidikan harus memahami apayang dimaksud dengan sistem manajemen mutu yang baik.Untuk memimpin dan mengoprasikan sebuah organisasi dengan berhasil, perlu untuk mengarahkannya dan mengendalikannya dengan car sistematis dantransparan. Keberhasilan dapat tercapai dari implemementasi dan pemeliharaansistem manajemen yang didesain untuk selalu memperbaiki kinerja sambilmenanggapi kebutuhan semua pihak yang berkepentingan.Perkembangan perumusan standar yang mencakup sistem jaminan mutu begitu pesat kemajuannya, sebagai akibat dari perubahan yang cepat dalammengelola kegiatan jaminan jaminan mutu dunia. Dalam hal ini indonesia tidak  boleh tertinggal lagi, seperti pada masa lalu yang ditertbitkannya ISO 9000.cukup lama indonesia mempersiapkan standar sejenis. Untuk itu Indonesiamelalui Badan Standarisasi Nasional. (BSN) segera mempersiapkan Standa Nasional Indonesia (SNI) mengenai sistem manajemen mutu.
 
RUANG LINGKUP SISTEM MANAJEMEN MUTULingkup
a)Organisasi yang menginginkan keunggulan melalui implementasisuatu sistem manajemen mutu. b)Organisasi yang menginginkan keyakinan dari pemasoknya bahwa persyaratan produk mereka akan dipenuhi.c)Pemakai produk.d)Mereka yang berkepentingan dengan saling pengertian dari istilahyang dipakai dalam manajemen mutu.e)Mereka yang didalam atau diluar organisasi yang mengaksessistem manajemen mutu atau mengauditnya untuk kesesuaian pada persyaratan.f)Mereka yang didalam atau diluar organisasi yang memberi saranatau pelatihan tentang sistem manajemen mutu yang sesuai bagiorganisasi itu.g)Pengembang standar terkait.
Komitmen Manajemen
Manajemen Puncak harus menyediakan bukti dari komitmennyaterhadap pengembangan dan penerapan SMM dan memperbaikiefektivitasnya secara terus menerus dengan:a)Mengkomunikasikan kepada organisasi tentang pentingnya persesuaiandengan permintaan pelanggan sebagai kewajiban. b)Menetapkan kebijakan mutuc)Memastikan bahwa sasaran-sasaran mutu telah ditetapkand)Mengadakan tinjauan-tinjauan manajemen, dan.e)Memastikan ketersediaan sumberdaya.
 
Fokus Pelanggan
Manajemen puncak harus menjamin bahwa persyaratan-persyaratan pelanggan ditetapkan dan cocok dengan tujuan peningkatan kepuasan pelanggan.

Activity (155)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muh Chaerul liked this
Martin Yunanda liked this
novanaktif liked this
To Naas liked this
Dede Rusnadi liked this
Vidya Kartika N. liked this
Whimas Ginanjar liked this
Helmi Zulmar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->