Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
39Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jurnal MANAJERIAL Edisi September 2007

Jurnal MANAJERIAL Edisi September 2007

Ratings: (0)|Views: 8,174|Likes:

More info:

Published by: Iin Mochamad Solihin on Oct 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/13/2012

pdf

text

original

 
 
1
PRAKIRAAN DAN SISTEM-SISTEM INFORMASISUMBER DAYA MANUSIA: PENDEKATAN DENGANMENGGUNAKAN FAKTA-FAKTAAbidarin Rosidi
 STMIK AMIKOM Yogyakarta Abstraksi 
 Bagi beberapa orang, informasi adalah sesuatu yang mereka tidak ketahui atau miliki dan dapat digunakan dlam solusi satu permaslahan. Data sering dapt menjadi dasar yang lebih yang mengacu pada angka-angka, orang atau sesuatu. Dalam pengertianini, data menjadi informasi ketika diakses oleh orang yang memerlukannya dan dapat menggunakannya dalam solusi permaslahan. Ketika data dan informasi diorganisir, sistematis danterpadu, kita mengacu padanya sebaga suatu system informasi.Tehnologi computer memungkinkan organisasi mengkombinasikandata dan informasinya dalam lokasi-lokasi pusat secara efisien yang dinamakan database. Dan kemudian membuatnya tersedia untuk  penggunaan oleh orang lain tanpa melihat lokasinya. Ketika databaseini mengandung data dan informasi untuk mengatur sumber dayamanusia, kita menamannya system informasi sumber daya manusia(HRIS).
 Kata Kunci 
: Sistem Informasi, SDM 
1. Pendahuluan
Sistem taksiran adalah pendekatan-pendekatan terorganisir untuk mengukur dan mengevaluasi suksesnya aktivitas sumber dayamanusia. System penaksiran memungkinkan professional HR, manajer dan para pekerja menggunakan data dan informasi sumber dayamanusia untuk menentukan apakan sumber-sumber daya manusiasedang diatur seefektif mungkin.
 
 
2
Menghubungkan perencanaan Sumber daya manusia dengan perencanaan Bisnis PerusahaanDengan kemmpuan computer, menjadi lebih layak untuk menghubungkan perencanaan HR dengan kebutuhan-kebutuahan perencanaan bisnis.Di perushaan Cheveron SanFransisco California, grup HR telah mampu menghubungkan perencanaan HR lebih dekat dengan prencanaan bisnis dengen cara mendisentralisasi HRISnya untuk unit bisnis. Tiap-tiap unit berbeda dipandang dari kebutuhan bisnisnya, putaran perencanaanya, dan tingkat perubahan. Desentralisasimembolehkannya menggunakan system dalam cara yang nyamanuntuknya. Dengan semakin nyaman, semakin besar penggunaansistemnya.
1.1 Kompensasi
Tehnologi computer dan data kompensasi dlam HRis dapatmenjadi alat dlam mengatur kompensasi total dan memastikanequity/hak-hak kekayaan. Dalam format besar, para spesialis HR dapat mempertahankan nilai (harga) kompensasi total dlam beberapakonfigurasi. Contohnya, kompensasi total dapt dihitung untuk tiap-tiap pekerja dan rata-rata untuk tiap-tiap posisi/departemen.Tehnologi computer dapat mengakomodasi perncanaan danadministrasi upah berdasar kinerja seperti cara dibawah ini:
 Pertama,
administrasi mungkin dilakukan dngan mengembankan jaringan untuk perncanaan upah jasa dlm system computer dn denganmemprogram computer untuk post naiknya prosentase yang tepat.
 Kedua,
perencanaan anggaran difasilitasi dngn cara memanipulasinilai-nilai prosentase pada jaringan, yang scr otomatis mengubah bayaran/gaji tiap-tiap individu. Dalam kompensasi total, perencanaan berdasar kinerja mungkin dipertimbangkan oleh departemen, posisiatau unit berarti lainnya. Nilai hasilnya mungkin berrguna untuk manajemen top. Karena waktu adalah suatu harga untuk perusahaan,kemampuan untuk menganalisa informasi ini menggambarkanefisiensi harga yang substansial.
 
 
3
1.2 Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan berdasar computer (CBT) saat ini sedang digunakandlam beberapa seting organisasi. Satu transaksi besar dalam pelatihanuntuk pilot pesawat dilakukan menggunakan CBT dan simulator  penerbangan. Mekipun efisien, menggunakan CBT sendiri mungkintidak menjadi cara yang terbaik untuk melatih pilot dimasa datang.Dlm Perushann Hudson Bay, retailer besar kanada, CBT sedangdigunakan untuk melatih asosiasi sales baru untu semuanya dari prosedur-prosedur took ke praktik-praktik jasa pelanggan.
1.3 Manajemen Kualitas Total
Memperoleh kualitas total dan kemudian memperbaikinyasecara terus menerus tergantung pada data, informasi dan penaksiran.Transaksi besar dari data dan informasi yang dipelukan dlah sumber daya manusia , shg HR harus memiliki bahan yang perlu. Bahkan jikadata dan informasi yang diperlukan bukan sumber daya manusia yang berhubungan, HR harus mampu melatih para karyawan untuk memahami dan memanfaatkannya.
1.4 Pemberian Tes/ testing
Satu area tehnologi computer yang menerima atensi penelitianyang meningkat diantara professional HR adlah testing tambahan.
1.5 Interview
Komputer juga digunakan untuk menurunkan prasangka- prasangka/anggapan yang melekat pada interview kerja. Merekammemberikan wawancara trstruktur scr langsung untuk pelamar kerja.Berkomunikasi dengan para karyawan melaluiSurvey/penelitian. Memperbaiki komunikasi dapt memfasilitasitrsmisi ide-ide karywan dalam perbaikan produk (spt dlm putarankualitas) ,perubahan organisasi, dlam waktu yang sama memperkuatketerlibatan kerja para karyawan, partisipasi dan kegunaan pengendalian. Sebagai tambahan, program-program pelatihan daptdibangun untuk memperbaiki komunikasi yang berhubungan dngkedudukan.

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Deanofa Fajriana liked this
Makbul Mukhsin liked this
Kg Toro liked this
Adi Setiawan liked this
riane rahayu liked this
Habibillah Habib liked this
0227500954 liked this
0227500954 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->