Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pendidikan Dan Pelatihan MSDM-IT

Makalah Pendidikan Dan Pelatihan MSDM-IT

Ratings: (0)|Views: 1,439 |Likes:

More info:

Published by: Iin Mochamad Solihin on Oct 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2013

pdf

text

original

 
PENYIAPAN SDM DALAM ERA TEKNOLOGIINFORMASI
Budi RahardjoPusat Penelitian Antar Universitas Bidang Mikroelektronika (PPAUME)Institut Teknologi Bandungbr@paume.itb.ac.idOktober 2000
Abstrak
Aspek SDM merupakan komponenpenting dalam bisnis yangberbasis Teknologi Informasi.Penyiapan SDM merupakanaktivitas yang harusdirencanakan dan dijalankandengan baik.
Pendahuluan
Bidang Teknologi Informasimemberi prospek pada bangsaIndonesia yang tengah dilandakrisis ekonomi. Industri lain saatini ditandai dengan pemogokanburuh, pemungutan liar, dangangguan fisik lainnya. Untuk itubisnis Teknologi Informasi ataubisnis lain yang didukung oleh Teknologi Informasi perlumendapat perhatian yang khususkarena sifatnya yang strategisbagi bangsa Indonesia.Dua aspek penting dalampengembangan bisnis yangberhubungan dengan TeknologiInformasi adalah infrastruktur dansumber daya manusia (SDM).Selain kedua aspek tersebut,tentunya masih banyak aspek lainseperti finansial. Namun,lemahnya infrastruktur dankelangkaan SDM merupakanpenyebab utama lambannyabisnis IT. Makalah ini akanmenitikberatkan pembahasanpada aspek SDM.Langkanya SDM IT yang handalmerupakan masalah utama diseluruh dunia. Kelangkaan inidisebabkan meledaknya bisnisyang berbasis IT (dan khususnyabisnis yang berbasis Internet).Lihat Amerika Serikat yangterpaksa memberikan visa H1kepada ratusan ribu orang setiaptahunnya untuk memenuhikebutuhuan SDM IT saja. Di Eropacerita serupa terjadi di Jermandan Inggris. Bahkan di Asia terjadikrisis SDM IT di Singapura dantermasuk di Indonesia.Bagaimana nantinya SDM harusdisiapkan di era otonomi daerahdi Indonesia?Dalam paper [1] disebutkanbahwa jika program BandungHigh Tech Valley (BHTV) berjalansesuai dengan rencananya, makapada tahun 2010 akandibutuhkan tenaga pekerja dibidang Teknologi Informasisebanyak 350.000 orang.Darimana tenaga kerja inidiperoleh? Tanpa perencanaanyang baik maka krisis SDM akanterjadi.Adanya perdagangan bebasseperti AFTA juga akanmengancam lahan pekerjaan diIndonesia apabila SDM kita tidakkita persiapkan. India dan Cinamerupakan dua raksasa yangsanggup menembus Indonesia.
Inisiatif Penyiapan SDMIT Indonesia
Indonesia tidak tinggal diamdalam menghadapi kelangkaanSDM IT ini. Di satu sisi diamerupakan bencana, tapi disisilain dia merupakan peluang.
 
Indonesia yang dikenal sebagaipengirim tenaga kerja buruh keluar negeri sekarang memilikipotensi untuk mengirimkan
skilled workers
ke luar negari. Inimerupakan peluang bagi parapekerja Indonesia. Meskipundemikian, peluang ini harusdicermati karena setiap negara didunia pun ingin menggunakankesempatan ini.Beberapa inisiatif di bidang Teknologi Informasi sudahdilakukan di Indonesia. Makalahini akan menyajikan beberapainisiatif tersebut, khususnya yangberkaitan dengan pendidikanatau penyiapan SDM. Perludiingat bahwa SDM yangdihasilkan ada dua kelompok,yaitu SDM yang terampilmenggunakan produk TekInfo (ITuser) dan SDM yang terampilmenghasilkan produk TekInfo (ITproducer).
Program Sekolah 2000 
Program Sekolah 2000merupakan program kerja dariAsosiasi Penyelenggara JasaInternet Indonesia (APJII). Tujuankhusus dari program ini adalahuntuk menjaring sekolah-sekolahseluruh Indonesia denganInternet.Siswa Indonesia harus mulaidikenalkan dengan Internet darisejak dini. Kemampuanmenggunakan Internet samapentingnya dengan kemampuanmenggunakan telepon. Cobaanda bayangkan apabila adasiswa SMU yang tidak dapatmenggunakan telepon. Tentuanda akan merasa aneh. Tidaklama lagi, hal yang sama akanterjadi juga dengan e-mail. Perludiingat bahwa kemampuanmenggunakan telepon tidakmengharuskan seseorangmemiliki fasilitas telepon dirumah. Dia dapat menggunakanfasilitas wartel. Hal yang samadengan fasilitas e-mail, yaitusiswa tidak harus memilikikomputer dan modem sendiriuntuk mampu menggunakan e-mail. Ada wartel yang dapatdigunakan untuk mengirim danmenerima email. Dengan katalain, siswa Indonesia tidak gagapteknologi dan akan memilikikesempatan yang sama dengansiswa di luar negeri.Ada beberapa hambatan yangdialami dalam pelaksanaanprogram Sekolah 2000 ini, antaralain:
Kemampuan finansial sekolahdalam mengadakan fasilitaskomputer dan sambungan ke jaringan Internet. Diskon dariPT Telkom tentunya bisamengurangi permasalahan ini.
Kemampuan mengelolafasilitas komputer yangberkelanjutan. Perawatanfasilitas membutuhkan biayadan SDM yang terampil (yanglangka).Informasi lengkap mengenaiprogram Sekolah 2000 dapatdilihat dari situ web Sekolah2000
1
.
Program SMK-TI 
Salah satu cara mengatasi krisisSDM di bidang TeknologiInformasi adalah denganmenghasilkan SDM di setiaptingkat. Sekolah MenengahKejuruan (SMK) merupakansekolah yang diharapkan dapatmenghasilkan tenaga yang siappakai. Hasil pengamatan kamimenunjukkan bahwa SMK dapatdiarahkan untuk menempatiposisi operator, technical support,help desk, dan web designer.Untuk itu dibuatkan kurikulumdan program khusus untukmendidik SMK dalam bidang Teknologi Informasi.
1
http://www.sekolah2000.or.id
 
Saat ini tengah berlangungprogram khusus SMK-TI untukbeberapa sekolah di Indonesia.Pada bulan Januari tahun 2001akan dilakukan pengujiansertifikasi terhadap para pesertaprogram ini.
Program Diploma IT 
Satu tingkat di atas lulusan SMK dan SMU adalah tingkat diploma.Banyak perusahaanmenginginkan tenaga kerja leveldiploma yang telah memilikipengalaman kerja.
Program Sarjana IT 
Perguruan tinggi yangmenghasilkan sarjana di bidang Teknologi Informasi sudahbanyak. Namun ternyata kualitaslulusannya belum memadai.Dalam suatu diskusi denganseorang pelaku bisnis softwaremengatakan bahwa umumnyaperguruan tinggi di Indonesiaumumnya menghasilkanprogrammer akan tetapi belummampu menghasilkan softwareengineer. Menurutpengamatannya saat ini hanyaITB dan UI yang mampumenghasilkan software engineer.Untuk itu perguruan tinggi lainperlu dibina agar dapatmenghasilkan lulusan dengankualitas software engineer.Bangsa Indonesia masih lebihmenjunjung gelar dibandingkankemampuan. Pemikiran seperti iniharus mulai ditinggalkan. Dalamera sekarang ini kemampuanlebih utama daripada gelar.
Program Pasca Sarjana IT 
Bidang Teknologi Informasimembutuhkan tenaga yangmemiliki keahlian cukup tinggi.Untuk itu inisiatif jenjang S2(masters) di bidang TeknologiInformasi sudah mulai terlihatdilakukan di berbagai perguruantinggi. ITB memiliki beberapaprogram S2 di khusus bidang Teknologi Informasi dan bidangyang terkait dengan TeknologiInformasi (seperti bidangMultimedia). Salah satu programyang sedang dikembanganadalah S2 IT di Cikarangbekerjasama dengan Lippo.Program ini merupakan salah satulangkah kerjasama institusipendidikan dengan industri.
Program Profesional 
Program-program yang telahdisebut dahulu umumnyaberhubungan dengan institusipendidikan formal. Akan tetapi jika kita lihat volume keluaraninstitusi pendidikan formal, makakita masih membutuhkan banyakSDM lagi. Selain itu, bidang ITumumnya tidak membutuhkangelar melainkan kemampuan(skill). Untuk itu perlu adanyaprogram pendidikan yang sifatnyaprofesional dan terus menerus.Khususnya di bidang IT, kegiatanini dapat dinaungi di tempat yangsering disebut sebagai IT TrainingCenter.
Kegiatan Pendukung
Selain kegiatan atau inisiatif yanglangsung terjun ke bidangpendidikan, ada beberapa inisiatif lain yang mendukung penyiapanSDM. Beberapa hal tersebut akandibahas pada bagian di bawah ini.
Standar Sertifikasi 
Untuk mengetahui tingkatkemampuan seseorang perludilakukan pengujian. Hal inimembutuhkan sebuah standarsertifikasi. PPAUME
2
ITB dan APJIIbekerjasama dalam membuatstandar sertifikasi bidang IT,khususnya untuk tenaga kerjayang akan bekerja di Penyedia
2
PPAUME = Pusat Penelitian AntarUniversitas Bidang Mikroelektronika

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Artha Yudie liked this
Yunita Nyit liked this
miftahol liked this
Noviar Ratmanik liked this
Hendra Sadini liked this
sugau2001 liked this
villa_zha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->