Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
83Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KIR Binahong

KIR Binahong

Ratings: (0)|Views: 5,900 |Likes:
Published by Herin Fikri

More info:

Published by: Herin Fikri on Nov 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/19/2013

pdf

text

original

 
BAB IPendahuluanA.Latar Belakang Penelitian
Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan namaasli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Dikawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketikamelawan invansi Amerika, namun sayangnya tanaman ini masih asing untuk daerahIndonesia.Tumbuhan merambat ini misterius karena belum banyak literatur maupunpenelitian ilmiah yang mengungkapkan khasiatnya. Namun, secara empiris, masyarakatmemanfaatkannya untuk membantu proses penyembuhan beragam penyakitAda cerita, dalam perang Vietnam beberapa dekade lalu, tentara Amerika terheran-heran, bagaimana bisa tentara Vietkong terlihat segar bugar meski sebelumnya terlukaparah. Setelah ditelusuri, obat mujarab untuk menyembuhkan luka luar maupun dalamakibat tembakan maupun goresan senjata tajam adalah binahong.Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkasiat, mulai dari akar, batang dan daunnya.Pemanfaatanya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Tanaman initumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman inisebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).Uraian di atas telah menjadi alasan penulis untuk mengetahui lebih lanjut tentangmanfaat tanaman binahong, pendapat atau tanggapan masyarakat tentang manfaattanaman binahong, serta bagaimana cara pemanfaatan tanaman binahong di Indonesia.
B.Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahansebagai berikut:
1.Apa saja kandungan dari binahong?2.Bagian apa dalam binahong yang bisa dimanfaatkan?3.Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan binahong?
C.Tujuan
1.Mengetahui kandungan dari binahong.2.Mengetahui bagian dari binahong yang bisa dimanfaatkan.3.Mengetahui jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan binahong.
1
 
D.Manfaat
Bagi Peneliti :
Mengetahui manfaat/khasiat dari binahong.
Bagi Pembaca:
Dapat mengetahui khasiat dari binahong.Dapat membudidayakan binahong.Dapat memanfaatkan binahong.
2
 
BAB 2Kajian PustakaA. Binahong
Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengannama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki khasiatpenyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun lalu dikonsumsi oleh bangsaTiongkok, Korea, Taiwan, dll. Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkhasiat, mulaidari akar, batang, dan daunnya. Pemanfaatannya bisa direbus atau dimakansebagai lalapan untuk daunnya. Daun binahong yang berciri-ciri: daun tunggal,bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujungruncing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan bisadimakan.
B. Khasiat
Secara umum, binahong dapat mempercepat pemulihan kesehatan setelahoperasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus, melancarkan danmenormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah stroke, maag, asam urat,menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, wazir (ambeien),melancarkan buang air kecil, buang air besar, diabetes dll. Kasiat Tambahan daritanaman binahong adalah dapat menyembuhkan sariawan berat, pusing-pusing, dansakit perut.Untuk kategori penyakit berat, binahong berkhasiat untuk menyembuhkanpenyakit batuk atau muntah darat, paru-paru, kencing manis, sesak nafas, borokakut menahun, patah tulang, darah rendah, radang ginjal, gatal-gatal atau eksimkulit, gegar otak, gejala liver. Untuk kategori penyakit berat dibutuhkan waktupenyembuhan 1-6 bulan, dibutuhkan kesabaran. Daunnya dapat direbus dan airnyadiminum, atau langsung dikunyah.Untuk kategori penyakit ringan, binahong berkhasiat untuk menyembuhkanpenyakitdisentri, ambeien, hidung mimisan, habis operasi, luka bakar, luka akibat
3

Activity (83)

You've already reviewed this. Edit your review.
Evhy Smansa liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Ana Dwijayanti liked this
Imam Syarofi added this note
bingung
Anang Andri liked this
Herna Hertiana added this note
sebentar lagi mau bimbingan, moga aja ku diberi kesehatan dan kemudahan.. amien...
Herna Hertiana added this note
binahong memang obat herbal yang mujarab

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->