Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
81Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

Ratings: (0)|Views: 15,143|Likes:
Published by chova_27

More info:

Published by: chova_27 on Nov 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2013

pdf

text

original

 
 SISTEM INFORMASI MANUFAKTURSuatu sistem berbasis-komputer yang bekerja dalam hubunagnnya dengan sisteminformasi fungsional lainnya utk mendukung manajemen perusahaan dalam pemecahanmasalah yang berhubungan dengan manufaktur produk perusahaan.
Komputer sebagai sistem informasi manufakturManajer manufaktur bertanggung jawab untuk mengelola arus bahan daripemasok melalui proses transformasi dan untuk memasarkan distribusi. Baik personelmaupun mesin digunakan untuk memperlancar dan mempermudah arus ini. Dalamperusahaan manufaktur, sebagian besar pekerja dipekerjakan pada fungsi manufaktur.Juga, banyak pekerjaan yang dilakukan oleh mesin, yang berfungsi untukmemindahkan bahan di sepanjang pabrik, dan mesin ini juga digunakan untukmentransformasi bahan menjadi produk.Manajer manufaktur telah memanfaatkan teknologi komputer dengan dua caradasar. Seperti halnya yang dilakukan oleh manajer lain di perusahaan, manajermanufaktur telah menerapkan komputer sebagai sistem informasi. Namun, adaaplikasi lain yang bersifat khas bagi area manufaktur. Komputer digunakan untukmeningkatkan sistem fisik, dengan cara menjalankan proses fisik atau mengontrolproses tersebut, bukannya digunakan untuk memperoleh informasi. Kita memulaipembahasan dengan menjelaskan secara singkat mengenai aplikasi komputer padasistem fisik, dan kemudian kita akan mencurahkan perhatian kita pada komputeryang digunakan sebagai sistem informasi.
Model sistem informasi manufakturSistem informasi manufaktur mencakup semua aplikasi komputer dalam area manufaktursebagai sistem konseptual.1)Subsistem inputSistem informasi akuntansi mengumpulkan data intern yang menjelaskan operasimanufaktur dan data lingkungan yang menjelaskan transaksi perusahaan denganpemasoknya.2)Subsistem informasi akuntasiTugas pengumpulkan data yang menjelaskan operasi produksi paling dilaksanakandengan menggunakan terminal pengumpulan data. Pegawai produksi memasukan datakedalam terminal dengan mengunakan kombinasi media yang dapat dibaca mesin dankeyboard. Media tersebut peling sering berbentuk dokumen dengan bar codes yangdapat dibaca secara optis. Media lain meliputi dokumen dengan tanda pensil yangdapat dibaca secara optik, dan kartu plastik dengan garis-garis catatan yang dapatdibaca secara magnetis. Setelah dibaca data tersebut dditrnsmisikan kekomputerpusat untuk memperbaharui data base.3)Subsistem Industrial EngineeringIndustrial Engineering(IE) merupakan analisis sistem yang terlatih khusus yangmempelajari operasi manufaktur dan membuat saran-saran perbaikan. Bagian pentingIE melibatkan pengaturan standart produksi suatu unsur penting dalam menerapkanmanagemant by exception diarea manufaktur.
 
4)Subsistem intelijen manufakturSubsistem intelijen manufaktur membuat manajemen manufaktur tetap mengetahuiperkembangan terakhir mengenai sumber-sumber pekerja, material dan mesin.a)Informasi pekerjaManajer manufaktur sangat memperhatikan serikat pekerja yang mengorganisasikanpara pekerja perusahaan. Jika para pekerja memilih unutk berserikat suatu kontrakmenjelaskan harapan dan kewajiban baik perusahaan maupun serikat.b)Sistem formalManajemen manufaktur memulai arus informasi pekerja dengan menyiapkan permintaanpekerja yang dikirimkan kedepatrtemen sumber daya manusia. Sumber daya manusiakemudian mengumpulkan informasi dari berbagai elemen lingkungan dan menhubungakanpelamar.c)Sistem informalArus informasi antar pekerja dan manajemen manufaktur sebagaian besar bersifatinformal arus itu berupa kontak harian antara pekerja dan penyelia mereka.d)Informasi pemasokSebagaian besar departemen pembelian memilki beberapa pembeli yang mengkhususkandiri dalam mancapai efisiensi dan kwalitas produksi material yang dipesan harustiba sesuai jadwal dan tingkat kualitas yang diharapkan.5)Subsistem persediaanPentingnya tingkat perrsediaanTingkat persediaan perusahaan sangat penting karenamenggambarkan investasi yangbesar uang yang tertanaman dalam persediaan tidak dapat digunakan dalam hal-hallain.Tingkat persediaan suatu barang tertentu terutama dipengaruhi oleh jumlah unityang dipesan dari pemasok setiap kalinya tingkat persediaan rata-rata dapatdiperkirakan separuh kuantitas pesanan ditambah safety stock.a)Biaya pemeliharaanBiaya tahunan menyimpan suatu persediaan tergantung pada jenis material yangdisimpan. Biaya pemeliharaan atau biaya penyimpanan biasanya dinyatakan sebagaipresentase biaya tahunan dari barang dan biaya tersebut mencakup faktor-faktorseperti kerusakan, pencurian, keusangan, pajak dan asuransi.b)Biaya pembelianBiaya yang meningkat adalah biaya pembelian yang mencakup biaya-biaya yang terjadisaat material dipesan, waktu pembelian, biaay telp, biaya sekretaris biayaformulir pesanan pembelian dan sebagainya.c)Kuantitas pesanan ekonomisKuantitas pesanan ekonomis menyeimbangkan biaya pemeliharaan dan pembelian sertamenidentifikasi biaya kombinasi terendah.d)Kuantitas manufaktur ekonomisKuantitas ekonomis lain dapat digunakan untuk persediaan barang jadi. Ini adalahkuantitas manufaktur ekonomis juga disebut ukuran lot ekonomis.6)Subsistem kualitas

Activity (81)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eka Puji liked this
farahaul liked this
NeTtnett Qu liked this
Rudi Sahputra liked this
stuee66 liked this
Dewi Ayu Kartika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->