Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
309Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pelaksanaan Demokrasi Di Indonesia 2

Pelaksanaan Demokrasi Di Indonesia 2

Ratings:

3.5

(2)
|Views: 45,046 |Likes:
Published by HASTOMO

More info:

Published by: HASTOMO on Nov 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2013

pdf

text

original

 
TUGASPELAKSANAAN DEMOKRASI Di INDONESIADari Tahun 1945 – SekarangDisusun Oleh :HASTOMODEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIAPOLITEKNIK KESEHATAN YOGYAKARTAJURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN2006
Hastm_inc@ymail.com
1
 
PELAKSANAAN DEMOKRASI DI NEGARA INDONESIA
Istilah Demokrasi secara etimologis kata demokrasi berasal dari bahasaYunani, yaitu
demos
dan
kratos
.
 Demos
berarti rakyat dan
kratein/kratos
berarti pemerintahan.Jadi Demokrasi adalah Seperangkat gagasan dan prinsip kebangsaan yang brmakna harkat dan martabat manusia yang bertujuan berikan kesejahteraan dan bahagia sebagai manusia yang mandiri.Ada bermacam-macam demokrasi yang sudah m,enjadi bagian dari pemerintahannegara-negara di seluruh dunia. Dari berbagai macam demokrasi tersebut pengertianya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a.Demokrasi Langsung (
direct demokracy
)Dalam sejarah yunani, suatu tatanan demokrasi diawali dengan adanya aspirasirakyat yang di salurkan secara langsung, yaitu suatu pemerintahan dimana rakyatdalam menyelanggarakan pemerintahannya tanpa melalui perwakilan. Hal ini sangatdimungkinkan dalam suatu negara kota (city state) dengan jumlah penduduk yangrelatif sedikit, sebagai contoh yaitu yang terjadi di kota athena, di mana rakyatmenyalurkan kehendak dan aspirasinya, dan pemerintahan menaggapinya secaralangsung. Oleh sebab itu, dikenal dengan nama demokrasi lansung.
Demokrasi Langsung dilaksanakan apabila :
1)Ukuran negara relatif kecil (sebesar kota)2)Jumlah penduduk relatif sedikit,3)Adanya tempat yang memungkinkan untuk menampung rakyat,4)Masalah negara belum terlalu rumit, dan5)
 Rule of law
(negara hukum)
b.Demokrasi Tidak Langsung (
indirect demokracy
)
Disamping demokrasi langsung, terdapat demokrasi tidak langsung yaitu pahamdemokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan, artinya rakyat menyerahkankedaulatannya kepada para wakil yang telah dipilh dan dipercaya. Rakyat yakin bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan oleh wakilrakyatdalam melaksanakan kekuasaan negara. Dalam kaitanya lain negara Indonesiamenganut demokrasi tidak langsung karena dalam sistem penyaluran aspirasinyamelalui lembaga- lembaga perwakilan rakyat.Pengertian lain tentag demokrasi yang didasarkan pada prinsip ideologi, berdasarkan paham ini terdapat dua bentuk demokrasi, yaitu sebagai berikut.
Hastm_inc@ymail.com
2
 
1.
Demokrasi Konstitusional (demokrasi liberal)
Demokrasi konstitusional adalah demokrasi yang didasarkan pada kebebasanatau inbdividualisne. Demokrasi konstitusional juga dapat diartikan sebagaidemokrasi yang mencita-citakan tercapainya pemerintahan yang tunduk pada rule of law. Ciri khas pemerintahan demokrasi konstitusionalisme adalah kekuasaan pemerintahanya terbatas dan tidak diperkenankan terdapat banyak campur tangan dantindakan sewenag-wenag terhadap warga negaranya.
Ciri-ciri demokrasi konstitusional adalah:
1)kekuasaan pemerintahan dibatasi oleh konstitusi (UUD);2)pemerintahan tunduk sepenuhnya pada
rule of law.
3)
 Internatianal Commision of Jurist 
dalam kongresnya yang berlangsung diAthena pada tahun 1955, menetapkan kondisi minimum yang di maksud,antara lain sbb :
keamana pribadi harus dijamin, artinya tak seorangpun dapat ditahanatau di penjara tanpa aedanya keputusan hakim/pengadilan.
Setiap orang mempunyai hak untuk menyartakan pendapat, dan tidak dipaksa untuk menyatakan pendapat yang berbeda dengankeyakinannya.
Setiap orang harus dijamin kebebasan pendapatnya melalui semuamedia komunikasi terutama pers.
Kehidupan pribadi seseorang tidak dapat dilarang, rahasaia surat-menyurat haruslahdijamin.
Kebebasan beragama harus dijamin, setiap kepercayaan yang diakuiharus dihornati dengan syarat kepentingan umum dan moral tidak dilanggar.
Hak untuk mendapatkan pengajaran haruslah dijamin kepada semuanyatanpa adanya diskriminasi.
Setiap orang berhak berkumpul dan berserikat secara damai danteristimewa untuk menjadi anggota dari suatu partai politik yangdipilihnya sendiri.
Kelebihan Demokrasi Konstitusional antara lain sbb :
1)dalam menyelesaikan perselisihan dengan cara damai dan secaramelembaga.2)Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatumasyarakat yang sedang berubah.3)Menyelenggarakan pergantian pimpinan secara teratur.4)Membatasi pemakaian kekerasan dan paksaan sedikit mungkin.
Hastm_inc@ymail.com
3

Activity (309)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
GyVainzta Evza added this note
siph . .. .
HASTOMO liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->