Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
163Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Dan Tanda DIARE

Pengertian Dan Tanda DIARE

Ratings: (0)|Views: 43,527|Likes:
Published by roman aditya
definisi diare serta penanggulangannya
definisi diare serta penanggulangannya

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: roman aditya on Nov 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
Pengertian dan Tanda-tanda
Tanda dari diare adalah adanya frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali seharidengan konsistensi lebih cair sampai seperti air. Adapun tanda lainnya adalah seperti:kehilangan cairan dan elektrolit, mata cekung, haus, mulut kering, demam, letargis, dankadang-kadang disertai muntah. Beberapa pengertian lain diare menurut beberapa ahliadalah keluarnya tinja air dan elektrolit yang hebat. Bayi dikatakan diare bila volumetinja lebih dari 15 gram/kg/24 jam dan pada anak usia 3 tahun volume tinja lebih dari200 gram/24 jam. Volume tinja anak usia 3 tahun sama dengan volume tinja orangdewasa.( Nelson, 2000). Sedangkan ahli lain Robbins (1999) memberi batasan kasar diare sebagai produksi tinja harian melebihi 250 gram, mengandung 70%-90% air, yangmenyebabkan bertambahnya volume tinja dan frekuensi buang air besar.
Faktor Penyebab
Berbagai faktor penyebab diare seperti: faktor infeksi, malabsorbsi, makanan, danpsikologis. Diare disebabkan oleh infeksi enteral yaitu infeksi saluran pencernaan yangmerupakan penyebab utama diare pada anak. Infeksi enteral ini meliputi: infeksi bakteri,virus, dan parasit.Malabsorbsi yang dapat menyebabkan diare adalah malabsorbsi karbohidrat, lemak,atau protein. Alergi terhadap makanan, makan makanan basi atau beracun juga dapatmenyebabkan diare. Kondisi psikologis yang dapat menyebabkan diare adalah rasatakut dan cemas, tetapi hal ini jarang menimbulkan diare pada anak-anak.
Klasifikasi
Diare biasanya diklasifikan berdasarkan ada tidaknya infeksi serta lamanya diare. Diareberdasarkan akut dan kronisnya, diare akut yaitu diare karena infeksi usus yang bersifatmendadak, berhenti secara cepat atau maksimal berlangsung sampai 2 minggu, namundapat pula menetap dan melanjut menjadi diare kronis. Hal ini dapat terjadi pada semuaumur dan bila menyerang bayi biasanya disebut gastroenteritis infantil. Penyebabtersering pada bayi dan anak-anak adalah intoleransi laktosa. Diare kronis yaitu diareyang berlangsung selama 2 minggu atau lebih. Sedangkan berdasarkan ada tidaknyainfeksi, dibagi diare spesifik dan non spesifik. Diare spesifik adalah diare yangdisebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau parasit. Diare yang disebabkan olehmakanan disebut diare non spesifik. Berdasarkan organ yang terkena, diare dapatdiklasifikasikan menjadi diare infeksi enteral dan parenteral.
 
Penatalaksanaan
Menurut Whaley and Wong (1996) penatalaksanaan diare pada balita difokuskan padapenyebab, keseimbangan cairan dan elektrolit, serta fungsi normal perut. Prinsipnyaadalah mengganti cairan yang hilang (rehidrasi), tetap memberikan makanan, tidakmemberikan obat anti diare (antibiotik hanya diberikan atas indikasi), dan penyuluhan.Penderita diare kebanyakan dapat sembuh tanpa pengobatan khusus.Serangan diare yang berulang akan mendorong penderita ke dalam keadaanmalnutrisi oleh karena itu penatalaksanaan yang benar sangat dibutuhkan karena dapatmenurunkan angka kesakitan dan kematian, apalagi pada anak-anak. Selain itukeluarga dapat menjaga balita atau anak-anak dari diare dengan menjaga kebersihanlingkungan serta makanan. Selain itu bila sudah terkena maka keluarga dapatmelakukan pertolongan dengan memberikan oralit atau campuran gula dan garam.Adapun cara membuatnya, yaitu: tuangkan air matang ke dalam gelas bersih (200 ml),ditambah 1 sendok teh munjung gula pasir dan ¼ sendok teh garam dapur, aduksampai larut benar (Depkes RI, 1990). Cairan rumah tangga adalah cairan yang berasaldari makanan seperti bubur encer dari tepung, sup, air tajin, air kelapa muda, danmakanan yang diencerkan.
Akibat dan Komplikasi
Diare dapat menyerang siapa saja tetapi yang paling berisiko tinggi: bayi, balita, dananak yang dapat terjadi malnutrisi dan bila dehidrasi lebih berbahaya jika tidak diberikancukup cairan untuk menggantikan cairan yang hilang yang berakibat kematian. Diaredapat mengakibatkan hilangnya sejumlah air dan elektrolit, terutama natrium dankalium. Kebanyakan penderita diare dapat sembuh tanpa mengalami kesulitan, tetapiapabila tidak dirawat dengan benar akan mengalami komplikasi.Menurut Broyles (1997) komplikasi diare ialah: dehidrasi, hipokalemia, hipokalsemia,disritmia jantung (yang disebabkan oleh hipokalemia dan hipokalsemia), hiponatremia,dan
shock 
hipovolemik.
Pencegahan dan Penularan
Diare dapat ditularkan secara fekal–oral, yaitu diare dapat dipindahkan ke mulutmelalui cairan atau benda yang tercemar oleh kotoran (misalnya: air minum yang kotor,
 
tangan kotor, makanan yang disiapkan dalam panci yang dicuci dengan air yangtercemar, dan sebagainya). Tindakan pencegahan terhadap diare dan penularannyayaitu dengan menjaga kebersihan perorangan ataupun umum terutama makanan sertalingkungan sekitar bagi keluarga dan masyarakat.
Diare
Klasifikasi dan bahan-bahan eksternal 
A09, K58, K59.1
ICD-9
009.2-009.3, 558.9, 564.5
Diare
(atau dalam bahasa kasar disebut
mencret
) adalah sebuahpenyakitdi manapenderita mengalami rangsanganbuang air besar yang terus-menerus dan tinjaatau feses yang masih memiliki kandunganair berlebihan. DiDunia ke-3, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 1,5 juta orang per tahun.Kondisi ini dapat merupakangejaladari luka,penyakit,alergi(fructose, lactose), penyakit dari makananatau kelebihanvitamin Cdan biasanya disertai sakit perut, dan seringkalienek danmuntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalahdefekasiyang melebihi200 gram per hari.Hal ini terjadi ketika cairan yang tidak mencukupi diserap olehusus besar . Sebagaibagian dari prosesdigestasi, atau karena masukan cairan,makanantercampur dengan sejumlah besar air. Oleh karena itu makanan yang dicerna terdiri dari cairan sebelummencapai usus besar. Usus besar menyerap air, meninggalkan material yang lainsebagai kotoran yang setengah padat. Bila usus besar rusak atau "inflame",penyerapan tidak terjadi dan hasilnya adalah kotoran yang berair.Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksivirustetapi juga seringkali akibatdari racunbakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan makanan mencukupidan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalambeberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit ataukurang gizi, diare dapat menyebabkandehidrasiyang parah dan dapat mengancam- jiwa bila tanpa perawatan.Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, sepertidisentri, koleraatau botulisme, dan juga dapat menjadi indikasi sindrom kronis sepertipenyakit Crohn.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->