Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
NAPZA

NAPZA

Ratings: (0)|Views: 660 |Likes:
Published by c!-!4Dy

More info:

Published by: c!-!4Dy on Nov 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2010

pdf

text

original

 
N A P Z A
(Narkotika, Psikotropika, dan ZatAdiktif)
 Narkoba atau NAPZA adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisikejiwaan / psikologi seseorang ( pikiran, perasaan dan perilaku ) serta dapatmenimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Yang termasuk dalam NAPZA adalah : Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.
NARKOTIKA :
 Narkotika berasal dari bahasa Inggris “narcotics” yang artinya obat bius. Narkotikaadalah bahan yang berasal dari 3 jenis tanaman candu (Papaver Somminiferum), kokain(Erythroxyion coca), dan ganja (caannabis sativa), baik murni maupun bentuk campuran.Cara kerjanya mempengaruhi susunan syaraf yang dapat membuat kita tidak merasakanapa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun.Jenis-jenis narkotik :--1. Ganja atau Cannabis (kanabis) atau —-Marijuana/Marihuana.-2. Heroin atau Putaw.-3. Morfin.-4. Kokain.-5. Opium atau Opioid atau Opiat atau Candu.-6. Codein atau Kodein.-7. Methadone (MTD).-8. LSD atau Lysergic Acid atau Acid atau Trips atau —-Tabs.-9. PC.10. Mescalin.11. Barbiturat.12. Demerol atau Petidin atau Pethidina .13. Dektropoksiven.14. Hashish (Berbentuk tepung dan warnanya hitam. Ia dinikmati dengan cara diisap ataudimakan. Narkotika jenis yang kedua ini dikatakan agak tidak berbahaya hanya karena jarang membawa kematian).Menurut
UU RI No 22 / 1997
, Narkotika adalah: zat atau obat yang berasal dari tanamanatau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkanrasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.
 
Narkotika terdiri dari 3 golongan :1. Golongan I
: Narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembanganilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensisangat tinggi mengakibatkan ketergantungan. Contoh : Heroin, Kokain, Ganja.
2. Golongan II
: Narkotika yang berkhasiat pengobatan, digunakan sebagai pilihanterakhir dan dapat digunakan dalam terapi dan / atau untuk tujuan pengembanganilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan.Contoh : Morfin, Petidin.
3. Golongan III
: Narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakandalam terapi dan / atau tujuan pengebangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan. Contoh : Codein.
PSIKOTROPIKA :
Psikotropika adalah bahan lain yang tidak mengandung narkotika, merupakan zat buatanatau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia. Mempengaruhi ataumengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya.-Jenis-jenis psikotropika :-1. Ekstasi atau Inex atau Metamphetamines.2. Demerol.3. Speed.4. Angel Dust.5. Shabu-shabu (Sabu/Syabu/ICE).6. Sedatif-Hipnotik (Benzodiazepin/BDZ), BK, Lexo, — MG, Rohip, Dum.7. Megadon.8. Nipam.
ZAT ADIKTIF LAINNYA :
Zat adiktif adalah zat-zat yang bisa membuat ketagihan jika dikonsumsi secara rutin.Jenis-jenisnya :-1. Alkohol.2. Nikotin.3. Kafein.4. Zat Desainer.
 
Yang termasuk Zat Adiktif lainnya adalah : bahan / zat yang berpengaruh psikoaktif diluar Narkotika dan Psikotropika, meliputi :1. Minuman Alkohol : mengandung etanol etil alkohol, yang berpengaruh menekansusunan saraf pusat, dan sering menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari – haridalam kebudayaan tertentu. Jika digunakan bersamaan dengan Narkotika atauPsikotropika akan memperkuat pengaruh obat / zat itu dalam tubuh manusia. Ada 3golongan minuman beralkohol :a. Golongan A : kadar etanol 1 – 5 % ( Bir ). b. Golongan B : kadar etanol 5 – 20 % ( Berbagai minuman anggur )c. Golongan C : kadar etanol 20 – 45 % ( Whisky, Vodca, Manson House, JohnyWalker ).2. Inhalasi ( gas yang dihirup ) dan solven ( zat pelarut ) mudah menguap berupa senyawaorganik, yang terdapat pada berbagai barang keperluan rumah tangga, kantor, dan sebagai pelumas mesin. Yang sering disalahgunakan adalah : Lem, Tiner, Penghapus Cat Kuku,Bensin.3. Tembakau : pemakaian tembakau yang mengandung nikotin sangat luas di masyarakat.Dalam upaya penanggulangan NAPZA di masyarakat, pemakaian rokok dan alkoholterutama pada remaja, harus menjadi bagian dari upaya pencegahan, karena rokok danalkohol sering menjadi pintu masuk penyalahgunaan NAPZA lain yang berbahaya.
CONTOH-CONTOH NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, danZAT ADITIF serta PENJELASANNYA.1) OPIAT atau Opium (candu)
OPIAT atau biasa disebut juga dengan Opium (candu) merupakan golongan Narkotikaalami yang sering digunakan dengan cara dihisap (inhalasi).Ciri-cirinya
Menimbulkan rasa kesibukan (rushing sensation)
Menimbulkan semangat
Merasa waktu berjalan lambat.
Pusing, kehilangan keseimbangan/mabuk.
Merasa rangsang birahi meningkat (hambatan seksual hilang).
Timbul masalah kulit di sekitar mulut dan hidung.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Eva Fazariah liked this
010390 liked this
Sak Boomz liked this
Armijn Shoib liked this
Aditiawarman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->