Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
214Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PEMBAHASAN PENGANGGURAN

PEMBAHASAN PENGANGGURAN

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 24,727 |Likes:
Published by are_riph

More info:

Published by: are_riph on Nov 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
II.PEMBAHASAN
A.PENGERTIAN PENGANGGURAN
Pada keadaan yang ideal, diharapkan besarnya kesempatan kerjasama denganbesarnya angkatan kerja, sehingga semua angkatan kerja akan mendapatkanpekerjaan. Pada kenyataannya keadaan tersebut sulit untuk dicapai. Umumnyakesempatan kerja lebih kecil dari pada angkatan kerja, sehingga tidak semuaangkatan kerja akan mendapatkan pekerjaan, maka timbullah penggangguran.
Pengangguran adalah
seseorang yang tergolong angkatan kerja dan ingin mendapatpekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya. Masalah pengangguran yangmenyebabkan tingkat pendapatan nasional dan tingkat kemakmuran masyarakattidak mencapai potensi maksimal yaitu masalah pokok makro ekonomi yang palingutama.Pengangguran sering diartikan sebagai angkatan kerja yang belum bekerja ataubekerja secara tidak optimal. Berdasarkan pengertian tersebut, maka penganggurandapat dibedakan menjadi tiga macam:
1.Pengangguran Terbuka (Open Unemployment)
Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang betul-betul tidak mempunyaipekerjaan. Pengangguran ini terjadi ada yang karena belum mendapat pekerjaanpadahal telah berusaha secara maksimal dan ada juga yang karena malas mencaripekerjaan atau malas bekerja.
2.Pengangguran Terselubung (Disguessed Unemployment)
Pengangguran terselubung yaitu pengangguran yang terjadi karena terlalubanyaknya tenaga kerja untuk satu unit pekerjaan padahal dengan mengurangitenaga kerja tersebut sampai jumlah tertentu tetap tidak mengurangi jumlahproduksi. Pengangguran terselubung bisa juga terjadi karena seseorang yangbekerja tidak sesuai dengan bakat dan kemampuannya, akhirnya bekerja tidakoptimal.
 
Contoh:Pada sebuah kantor terdapat 10 tenaga administrasi yang menangani pekerjaanyang ada. Padahal dengan jumlah tenaga 6 orang saja semua pekerjaan dapatterselesaikan dengan baik. Akibatnya para pegawai tersebut bekerja tidak optimaldan bagi kantor tentu merupakan suatu pemborosan.
3.Setengah Menganggur (Under Unemployment)
Setengah menganggur ialah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karenatidak ada pekerjaan untuk sementara waktu. Ada yang mengatakan bahwa tenagakerja setengah menganggur ini adalah tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jamdalam seminggu atau kurang dari 7 jam sehari. Misalnya seorang buruh bangunanyang telah menyelesaikan pekerjaan di suatu proyek, untuk sementara menganggur sambil menunggu proyek berikutnya.Apabila digambarkan dengan bagan, maka jenis pengangguran ini akan nampaksebagai berikut:
B.SEBAB-SEBAB PENGANGGURAN
Sebab-sebab terjadinya pengangguran terutama disebabkan oleh hal-hal sebagaiberikut:a.Angkatan kerja yang terus meningkat jumlahnya dan pertumbuhan kesempatankerja tidak seimbang dengan pertumbuhan angkatan kerja.b.Angkatan kerja yang sedang mencari kerja tidak dapat memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta oleh dunia kerja.
 
c.
Besarnya angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja.Ketidakseimbangan terjadi apabila jumlah angkatan kerja lebih besar daripadakesempatan kerja yang tersedia. Kondisi sebaliknya sangat jarang terjadi.
d.
Struktur lapangan kerja tidak seimbang
e.
Kebutuhan jumlah dan jenis tenaga terdidik dan penyediaan tenaga terdidik tidakseimbang. Apabila kesempatan kerja jumlahnya sama atau lebih besar daripadaangkatan kerja, pengangguran belum tentu tidak terjadi. Alasannya, belum tentuterjadi kesesuaian antara tingkat pendidikan yang dibutuhkan dan yang tersedia.Ketidakseimbangan tersebut mengakibatkan sebagian tenaga kerja yang adatidak dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia.
f.
Penyediaan dan pemanfaatan tenaga kerja antar daerah tidak seimbang.
g.
Jumlah angkatan kerja disuatu daerah mungkin saja lebih besar dari kesempatankerja, sedangkan di daerah lainnya dapat terjadi keadaan sebaliknya. Keadaantersebut dapat mengakibatkan perpindahan tenaga kerja dari suatu daerah kedaerah lain, bahkan dari suatu negara ke negara lainnya.Bila ditinjau dari sebab-sebabnya, pengangguran dapat digolongkan menjadi 7,yaitu:
1. Pengangguran Friksional (Transisional).
Pengangguran ini timbul karena perpindahan orang-orang dari satu daerah kedaerah lain, dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain dan karena tahapan siklushidup yang berbeda.Contoh:- Perpindahan tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri, untuk sementaramenganggur.- Berhenti dari pekerjaan yang lama, mencari pekerjaan yang baru yang lebih baik.
2.Pengangguran Struktura
Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan dalam struktur perekonomianyang menyebabkan kelemahan di bidang keahlian lain. Contoh: Suatu daerah yangtadinya agraris (pertanian) menjadi daerah industri, maka tenaga bidang pertanianakan menganggur.

Activity (214)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Auriga Aristo added this note
kok contoh makalah penganggurannya gak ada.
Ghozainul Alfa liked this
priyadi_890765661 added this note
PRIYADI
Ibnu Azka Azkia liked this
Dita Pratiwi liked this
Lin Purwati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->