Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
578Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 98,651|Likes:
Published by are_riph

More info:

Published by: are_riph on Nov 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/27/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Sejak beberapa tahun terakhir, kita dikenalkan dengan pendekatanbaru dalam manajemen sekolah yang lebih dikenal dengan manajemenberbasis sekolah (
school based management 
) atau disingkat MBS.
1 
Adapun secara umum, gagasan penerapan pendekatan ini muncul sejalandengan pelaksanaan otonomi daerah sebagai paradigma baru dalampengoperasian sekolah. Selama ini sekolah hanyalah kepanjangan tanganbirokrasi pemerintah pusat untuk menyelenggarakan urusan politikpendidikan.Anggaran pendidikan mengalir dari pusat ke daerah menelusurisaluran birokrasi dengan begitu banyak simpul yang masing-masingmenginginkan bagian. Tidak heran jika nilai akhir yang diterima di tingkatpaling operasional telah menyusut. Kita khawatir, jangan-jangan selamaini lebih dari separuh dana pendidikan sebenarnya dipakai untuk hal-halyang sama sekali tidak berhubungan dengan proses pembelajaran di levelyang paling operasional, yaitu sekolah.
1
Munculnya gagasan MBS ini disebabkan oleh ketidakpuasan para pengelola pendidikanpada level operasional atas keterbatasan wewenang yang mereka miliki untuk dapatmengelola sekolah secara mandiri (Jahja 2004:59).
 
Sekolah sebagai bentuk organisasi diartikan sebagai wadah darikumpulan manusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentuyakni tujuan pendidikan, dengan memanfaatkan manusia itu sendirisebagai sumber daya, di samping yang ada di luar dirinya, seperti uang,material, dan waktu. Agar kerja sama itu berjalan dengan baik, maka perluada aturan.
2
Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajamengajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu siswa, kurikulum,tenaga kependidikan, dana, prasarana dan sarana, dan faktor lingkunganlainnya. Apabila faktor tersebut bermutu, dan proses belajar bermutu padagilirannya akan menghasilkan lulusan yang bermutu pula.Guru merupakan salah satu pelaku dalam kegiatan sekolah. Olehkarena itu, ia dituntut untuk mengenal tempat bekerjanya itu. Pemahamantentang apa yang terjadi sekolah akan banyak membantu merekamemperlancar tugasnya sebagai pengelola langsung proses belajamengajar. Guru perlu memahami faktor-faktor yang langsung dan tidaklangsung menunjang proses belajar mengajar.Prasarana dan sarana diibaratkan sebagi motor penggerak yangdapat berjalan dengan kecepatan sesuai dengan keinginan olehpenggeraknya. Begitu pula dengan pendidikan, sarana dan prasaranasangat penting karena dibutuhkan. Sarana dan prasarana pendidikandapat berguna untuk menunjang penyelenggaraan proses belaja
2
Orang yang bekerja sama dalam situasi kerja sama itu berbeda dari satu tempat ketempat yang lain, maka terjadi suasana yang berlainan antara satuan kerja sama yangsatu dengan yang lain (Suryosubroto 2004:27).
 
mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam suatulembaga dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.Prasarana dan sarana pendidikan adalah salah satu sumber dayayang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terusmenerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologiyang cukup canggih. Manajemen prasarana dan sarana sangat diperlukandalam menunjang tujuan pendidikan yang sekaligus menunjangpembangunan nasional, oleh karena itu diperlukan pengetahuan danpemahaman konseptual yang jelas agar dalam implementasinya tidaksalah arah.Bagi guru
3
,pemahaman tentang pengelolaan prasarana dansarana akan membantu memperluas wawasan tentang bagaimana iadapat berperan dalam merencanakan, menggunakan, dan mengevaluasiprasarana dan sarana yang ada sehingga prasarana dan sarana tersebutdapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan.
3
Pemahaman tentang administrasi pengembangan kurikulum akan sangat membantudalam menerjemahkan kurikulum menjadi pengalaman belajar siswa; pemahamantentang administrasi kesiswaan akan sangat membantu mereka dalam menjalankantugas memproses siswa tersebut menjadi lulusan yang bermutu tinggi; pemahamantentang pengelolaan personel atau pegawai akan membantu upaya pengembanganpribadi dan profesionalnya; pemahaman tentang seluk-beluk administrasi keuangan akanmembantu guru dalam menetapkan prioritas pelaksanaan tugasnya, karena padaakhirnya dana untuk menunjang kegiatannya juga terbatas; pemahaman tentanghubungan sekolah dengan masyarakat akan membantu guru dalam usaha mereka dalammenjadikan sekolah bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat, sehingga terjalin kerjasama yang baik di antara keduanya (Soetjipto dan Kosasi 2004:146).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->