Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
128Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah riset pemasaran

makalah riset pemasaran

Ratings: (0)|Views: 30,267|Likes:
Published by Al

More info:

Published by: Al on Nov 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling utama dalam penelitian,karena tujuan utama dari penelitian adalah untuk mendapatkan data. Tanpa mengetahuiteknik pengumpulan data, maka peneliti tidak akan mendapatkan data yang memenuhistandart atau yang ditetapkan.Dalam riset pemasaran, ada bermacam-macam metode pengumpulan data yangterdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, focus group, teknik proyeksi, survei, dantriangulasi (gabungan).Oleh karena itu untuk lebih memahami metode pengumpulan data yang digunakandalam riset pemasaran, dalam bab ini akan dibahas mengenai macam-macam metode pengumpulan data.
1.2 Tujuan
1. Untuk mengetahui metode pengumpulan data yang digunakan dalam riset pemasaran.2. Untuk mengetahui jenis-jenis data dalam melakukan riset pemasaran..
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Pengertian Data dan Informasi
Informasi yang dihasilkan oleh riset pemasaran marupakan hasil akhir proses pengolahan selama berlangsungnya riset. Informasi pada dasarnya berujung awal dari
 
 bahan mentah yang disebut data sehingga sering juga disebut sebagai data mentah (rawdata).Data memiliki berbagai wujud seperti angka penjualan, jumlah produk yangdihasilkan, pendapat konsumen, gerak perilaku orang belanja, dan lain-lain.
2.2 Pembagian Jenis Data
Ditinjau dari sumbernya, data dapat dikategorikan menjadi dua kategori besar, yaitudata sekunder dan data primer.
 
Data Sekunder
Data sekunder merupakan data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain bukan oleh periset sendiri. Periset sekedar mencatat, mengakses atau meminta data tersebut (kadangsudah bentuk informasi) ke pihak lain yan telah mengumpulkannya di lapangan. Perisethanya memanfaatkan data yang sudah ada untuk penelitiannya. Contoh data sekunder adalah data kependudukan yang diterbitkan secara berkala oleh Badan Pusat Statistik (BPS).Selanjutnya data sekunder bisa dipilah-pilah lagi atas dasar asal atau sumber  penyedianya. Data sekunder dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu data internaldan data eksternal.1.
 
Data InternalSesuai dengan namanya data ini berasal dari perusahaan yang bersangkutan. Datainternal yang tersedia di dalam perusahaan biasanya berkaitan dengan kegiatanoperasional perusahaan yang dicatat secara rutin. Data internal seringkali tidak tersediasecara lengkap di perusahaan yang kecil atau kurang terorganisir dengan baik.Perusahaan atau organisasi yang memiliki data pelanggan yang terorganisir dengan baik,akan memiliki database lengkap yang berisi karakteristik pelanggannya. Data-datainternal ini mungkin akan cukup untuk pemasaran yang memiliki topik berupa deskripsi pelanggan saat ini, ramalan penjualan, analisis provitabilitas produk atau pola pembelian
 
 produk oleh konsumen yang secara umum berkaitan dengan kegiatan operasional atautransaksi.Bila dibandingkan dengan sumber data yang lain, data internal mempunyai beberapa kelebihan yaitu data sudah tersedia dan tidak membutuhkan biaya besar bagi periset untuk mendapatkannya.2.
 
Data EksternalData eksternal merupakan data yang berasal dari luar perusahaan, artinya yangmengumpulkan atau mempublikasikan data tersebut bukanah perusahaan yang bersangkutan melainkan organisasi lain seperti pemerintah, organisasi nirlaba atauyayasan, asosiasi dagang, perusahaan investasi atau perusahaan riset. Untuk mendapatkandata eksternal yang kadang sudah berupa informasi, periset dapat mengunjungi berbagai perusahaan yang lengkap.Bila diamati, data eksternal cenderung lebih banyak berhubungan denganlingkungan makro seperti kondisi persaingan, demografi, ekonomi, politik, hukum, sertasosial dan budaya. Jadi bila topik riset pemasaran lebih mengarah pada aspek lingkunganluar seperti mengukur potensi pasar di suatu daerah, mengukur daya beli penduduk,menentukan wilayah pemasaran yang secara politik stabil atau mungkin mengidentifikasi jumah pesaing dan pangsa pasar, maka pemanfaatan data eksternal seringkali sudahmencukpi.Seperti data intenal yang memliki keterbatasan, untuk riset dengan topik khusus,sepert mengungkapkan perilaku, sikap, motivasi, tingkat kepuasan, atau pengetahuanyang dimiliki pembeli akan sulit ditemui jika hanya mengandalkan data eksternal.Sebagai alternatifnya, periset harus mengadakan atau mengumpulkan data sendiri yangmembutuhkan komitmen yang lebih besar.
 
Data Primer

Activity (128)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wahida Al WaSa liked this
nophapurnamasari liked this
Kreji Alexander liked this
Desy Ratnaa liked this
Luky Suryani liked this
Cristyne Sicoex liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->