Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Study Kelayakan IT

Study Kelayakan IT

Ratings: (0)|Views: 1,086 |Likes:
Published by Al

More info:

Published by: Al on Nov 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2012

pdf

text

original

 
Studi Kelayakan Proyek Teknologi Informasi
Banyaknya investasi proyek yang gagal, baik pada tahap pembangunan maupuntahap operasi, membuat perlunya ketepatan dan ketelitian dalam tahap studi kelayakan proyek agar risiko kegagalan seperti itu di kemudian hari dapat dikurangi denganmemperbaiki project managementnya.
Manfaat yang diperoleh dari studi kelayakan proyek 
Manfaat dari studi kelayakan proyek IT ini adalah hasil dari laporan tertulis, isidari studi kelayakan proyek ini mengungkapkan bahwa suatu rencana bisnis dapatdirealisasikan. Laporan tadi dapat digunakan sebagai masukan utama dalam rangkamengkaji ulang untuk menyetujui atau sebaliknya menolak hasil studi kelayakan tadi.Laporan studi kelayakan haruslah menyatakan manfaat sebagai berikut:Memahami prosedur penyusunan studi kelayakan proyek yang profesional.Mengetahui hal-hal yang perlu diteliti dalam rangka penilaian kelayakan investasi atauusaha bisnis. Mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk mempersiapkan pengamanan investasi. Memahami dasar-dasar penyusunan proyeksi dan evaluasikeuangan termasuk evaluasi keuntungan proyek dengan metoda discounted cash flow,Internal Rate of Return (IRR), dan Net Present Value (NPV).
Apa saja yang dibahas dalam studi kelayakan proyek IT?
Peluang pasar dan pemasaran.
Aspek teknis dan teknologi.
Aspek organisasi dan manajemen.
Kelayakan aspek keuangan.
Identifikasi faktor kegagalan.
1. Aspek pasar dan pemasaran
Dari aspek pasar dan pemasarannya kita perlu tahu persis, segmen pasar yangdituju oleh perusahaan, kita juga perlu tahu persis siapa-siapa pelanggan perusahaan sertakemungkinan risiko akibat ketergantungan perusahaan pada beberapa pelanggan saja,risiko menurunnya daya beli konsumen yang dituju, kemungkinan pengembangan pasar di masa yang akan datang, hambatan-hambatan pemasaran produk serta faktor-faktor  pemasaran lainnya.
Jangan hanya menawarkan harga murah, jika tidak menjual produk.
Dalam beberapa kasus, kita mungkin memasang harga tinggi pada produk yangditawarkan. hal ini terjadi karena kita tidak memposisikan diri untuk mempersembahkan produk yang bernilai tambah kepada konsumen kita. Dengan kata lain, berikan selalunilai tambah pada produk yang kita tawarkan.
Temukan pasar sebelum menciptakan produk.
Orang yang memulai bisnis dengan sebuah pengembangan produk baru kemudianmencari pasarnya akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya.Temukan pasar dengan orang-orang yang telah siap untuk membeli sebuah produk.
 
Kebanyakan yang pertama kali dicari oleh pengusaha sukses adalah pasar baru kemudianmengembangkan produk yang secara konstan dicari dan dibeli oleh konsumennya.
Temukan pasar yang sudah ada.
Jika kita mengalami kesulitan dalam mengggambarkan siapa prospek proyek iniyang sebenarnya, maka kita akan menghadapi cobaan berat dalam menjual produk proyek ini. Masuklah ke pasar yang telah siap untuk membeli produk kita.
Testing adalah kunci keberhasilan.
Sebuah iklan mungkin bisa bekerja 10 kali lebih efektif dengan iklan lain yanghampir mirip untuk produk yang sama. Untuk itu,manajemen proyek harus selalumelakukan test untuk tajuk iklan, penawaran, jaminan, dan metoda meningkatkan permintaan lainnya. Penjual yang paling sukses tidak selalu yang paling pintar. Merekaadalah yang selalu melakukan test untuk memperoleh metoda yang paling baik tanpa pernah menyerah.
Ambil pasar yang paling kita sukai.
Jangan mengambil pasar atau produk berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang benar-benar kita sukai. Jika kita bersemangat dengan pasar kita, maka kita akanmenemukan cara yang mudah untuk menggelutinya sampai kita mencapai kesuksesan.
Temukan kesempatan yang paling mudah.
Jangan pilih produk yang berbiaya 500 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk selesai, terutama bila kita sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya memakanwaktu satu bulan. Memang cukup melelahkan bila sedang memulai, namun pastikan kitamasih dalam jalur yang benar.
Hindari tantangan ketika memilih bisnis.
Tantangan yang sebenarnya akan muncul setelah kita selesai mendirikan suatu proyek. jadi, temukan proyek yang kita yakin dapat diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Kebanyakan pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang memakanwaktu lebih sebulan.
2. Aspek teknis dan teknologi
Masalah Manajemen Operasional
Adalah suatu fungsi atau kegiatan manajemen yang meliputi perencanaan,organisasai, staffing, koordinasi, pengarahan dan pengawasan terhadap operasi perusahaan. Tugas manajemen operasional diperusahaan adalah untuk mendukungmanajemen dalam rangka pengambilan keputusan masalah-masalah produksi/operasi.
 
Ada 2 masalah pokok yang akan di hadapi:Masalah penentuan posisi perusahaan.
Penentuan posisi perusahaan dalam masyarakat bertujuan agar keberadaan perusahaansesuai dengan kebutuhan masyrakat, dan dapat dijalankan secara ekonomis efektif danefisien. Oleh kaena itu, perlu diputuskan bagaimana hendaknya posisi perusahaan ditentukan. Keputusan meliputi, antara lain meliputi penentuan produk yang akan ditawarkan ke pasar, termasuk menentukan kualitasnya.
Masalah operasional
Biasanya timbul pada saat proses produksi sudah berjalan. Untuk proses produksiyang menghasilkan jasa, keputusan pada masalah operasional ini adalah, rencana produksi, rencana persediaan bahan baku(komputer, koneksi internet, kabel data, listrik,dll)penjadwalan kerja proses produksi, pengawasan dan monitoring kualitas dan pengawasan biaya produksi.
Masalah proses produksi dan operasiPenentuan ide produk dan seleksi
Ide produk yang akan dipasarkan di ciptakan atas dasar masukan dari berbagaiaspek, seperti aspek pasar dan pemasaran, teknis dan keuangan. Aspek teknis bergunauntuk mengetahui apakah perusahaan mampu untuk membuat produk tersebut dengansegala sumber daya yang dimiliki. Sedangkan dari aspek keuangan, adalah menilaiapakah produk tersebut jika dihasilkan akan mendatangkan keuntungan yang sesuaidengan apa yang diharapkan. Perlu adanya prototipe. Sebelum di jual atau dipasarkanmisalnya software general ledger (akuntansi) untuk produk ready in use, setelah dibuatcontohnya perlu diuji dulu untuk mengetahui apakah prototip ini sudah layak diimplementasikan atau belum dan diuji lagi dan seterusnya sehingga sesuai harapansehingga akhirnya tercipta design software yang bisa di implementasikan. Untuk mencoba menilai apakah produk sudah siap diproduksi yang akan di tawarkan ke pasar memiliki masa depan yang baik.
Perencanaan letak lokasi
Letak lokasi sebagai tempat proses produksi perlu dianalisis secara teliti karenasangat berpengaruh terhadap banyak aspek seperti biaya, ada 2 kemungkinan pertama,client datang ke lokasi perusahaan, seperti pasien mendatangi tempat praktek dokter.Kedua, penyedia jasa/produk mendatangi client, seperti mobil pemadam kebakaranmendatangi lokasi kebakaran.Dari hasil analisis elemen diatas, pada aspek teknis dan teknologi, akan di dapatsuatu pernyataan apakah rencana pengembangan proyek IT ini sudah dapat dianggaplayak atau tidak layak. Jika rencana aspek teknis dan teknologi sudah dianggap layak,studi akan dilanjutkan ke aspek lain. Jika tidak layak untuk dikembangkan maka dapatdilakukan kajian ulang yang lebih realistis dan positif agar kajian mungkin akan menjadilayak. Apabila memang sulit untuk dianggap layak, sebaiknya rencana ini diakhiri saja.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
F'Kim Nancy C liked this
Arianto Anto liked this
Sams Clalu Setia liked this
Erna Luph Gray liked this
adaada01 liked this
alitarmuji liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->