Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Deskripsi Shahih Muslim

Deskripsi Shahih Muslim

Ratings: (0)|Views: 291 |Likes:
Published by DEDE KS

More info:

Published by: DEDE KS on Nov 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2010

pdf

text

original

 
MENGENAL KITAB HADIS SHAHIH MUSLIMOleh: Dede Komarudin Soleh
Mahasiswa jurusan Tafsir Hadis STAI PERSIS
BAB I
Sejarah Penyusunan
Kitab Al-Jami’ As-Shahih karya Imam Muslim muncul pada periode kelima jikadilihat dari periodisasi sejarah dan perkembangan hadis. Dan tepatnya pada masa-masa pemerintahan dinasti Bani Abbas, sekitar abad ke 3 Hijriyyah. Dan peran kitab Al-Jami’ As-Shahih itu sendiri sebagai hasil dari upaya Imam Muslim dalam melakukan penyaringan danseleksi akan hadis-hadis yang telah di tadwin pada periode sebelumnya. Karena pada periodesebelumnya —yakni pada awal-awal kodifikasi— dinilai masih banyak hadis-hadis yangtercampur antara yang shahih dengan yang dhaif, sehingga para ulama periode berikutnyamelakukan penyaringan dan menghimpunnya dalam kitab-kitabnya masing-masing denganmengembangkan metode dan sistem pentadwinannya. Seperti Imam Muslim dengan Al-Jami’ As-Shahih-nya.
1. Judul Asli
Kitab yang menghimpun hadis-hadis shahih yang disusun oleh Imam Muslim memiliki judulasli:
ملسو هيلع ا ىلص ا سر نع دا نع دا قب نا ن تخا حيا دا
 Namun lebih dikenal dengan sebutan Al-Jami’ As-Shahih. Atau lebih sederhana lagi banyak yang menyebutnya Shahih Muslim.
2. Motif 
Motif yang mendorong Imam Muslim untuk menyusun Al-Jami’ Ash-Shahih sekurang-kurangnya karena ada dua alasan pokok, yakni pada masa itu masih sulit untuk menemukanreferensi koleksi hadis shahih yang relativ tersusun secara sistematis dan komprehensip. Danmunculnya kaum Zindiq yang senantiasa menyebarkan hadis palsu dan mencampur adukanhadis-hadis shahih dengan hadis-hadis dhaif.
3. Masa Penyusunan
1
 
Masa penyusunan kitab ini dilakukan oleh Imam Muslim selama 15 tahun, sebagaimana pernyataan salah satu muridnya yang mendampingi beliau dalam penyusunannya, yakniAhmad bin Salamah, beliau mengatakan, “Aku menulis bersama Muslim untuk menyusunkitab shahih itu selama lima belas tahun. Kitab itu berisi 12.000 hadits”. Dan kitab inidisusun baik ketika Imam Muslim berada ditempat tinggalnya maupun ketika beliaumelakukan rihlah ilmiah ke berbagai wilayah. Dalam proyeknya itu beliau menyeleksi darihafalan dan catatannya yang berjumlah 300 ribu hadis. Perlu diketahui, bahwa pada mulanyasosialisasi kitab ini menggunakan model diperdengarkan kepada kaum muslimin. Secaragaris besar ada dua jalur penyebarannya, yakni ke arah timur melalui Abu Ishak bin Ibrahim bin Muhamad bin Sufyan, dan ke arah barat melalui Abu Muhamad Ahmad bin Ali.
3. Jumlah Hadis
Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan jumlah hadis yang termuat di dalam kitabAl-Jami’ As-Shahih yang disusun oleh Imam Muslim. Akan tetapi itu merupakan suatu perbedaan pendapat yang masih bisa dikompromikan, sebab dalam metode perhitungannyaada yang menghitung hadis yang diulang-ulang (mukarrar) dan ada yang tidak. Dalam artisebagian ulama menghitung dari aspek sanad sedang yang lainnya dari aspek matan. Jikadihitung beserta hadis-hadis yang diulang maka jumlah hadis di dalam kitab Al-Jami’ As-Shahih karya Imam Muslim berjumlah 10.000 hadis, atau sekurang-kurangnya 7275 hadis(pendapat lain). Akan tetapi jika tidak dihitung beserta hadis-hadis yang diulang maka jumlahnya jauh lebih sedikit. Ada yang berpendapat 4000 hadis, dan pendapat lainmengatakan diatas 6000 hadis. Sementara itu Dr. Ajjaj Al-Khatib secara eksplisitmenyatakan bahwa jumlah hadis didalam kitab Shahih Muslim berjumlah 3.030 hadis dan itu jika tidak dihitung dengan hadis yang diulang-ulang (ghair mukarrar). Sedangkan jumlahseluruhnya termasuk yang diulang-ulang atau yang melalui (seluruh jalur) sanad yang berbeda-beda memuat sekitar 10.000 hadis.
4. Kedudukan
Para ulama menempatkan kitab Al-Jami’ As-Shahih karya Imam Muslim pada peringkatkedua setelah Al-Jami’ As-Shahih yang di susun oleh Imam Bukhari. Hal ini berdasarkankualitas keshahihannya. Dan kitab ini pun termasuk kedalam
 Kutubu Sittah
yang dinilaisebagai karya-karya monumental dalam sejarah kehidupan umat Islam. Hal ini berkatketelitian Imam Muslim dalam memasukan hadis. Beliau pernah berkata:
ةجب ا ئيش ه طقسأ و . ةجب ا اذ بتك ف ئيش ضو  
2
 
“Aku tidak mencatumkan satu hadis pun ke dalam kitabku ini melainkan karena adaalasannya. Aku tidak menggugurkan satu hadis pun didalam kitabku ini melainkan karenaada alasannya”Dari pernyataannya diatas, maka kita bisa melihat akan kecermatan Imam Muslim didalammenyeleksi sebuah hadis untuk beliau susun dalam sebuah kitab. Namun tidak hanyakecermatan yang dimiliki oleh Imam Muslim didalam menetapkan kualitas suatu hadis.Sebagai ulama, beliau pun selalu mengimplementasikan sikap tawadhu, sekalipun dalammenetapkan kualitas suatu hadis. Diceritakan bahwa suatu ketika Imam Muslimmemperlihatkan naskah kitabnya kepada seorang ulama yang dipandang ahli didalam ilmuhadis, yakni Abu Zur’ah Al-Razi. Setiap hadis yang diisyaratkan oleh Abu Zur’ah adakelemahannya, maka Imam Muslim meninggalkannya, sebaliknya hadis-hadis yangdipandang shahih oleh Abu Zur’ah, maka Imam Muslim meriwayatkannya. Artinya, ImamMuslim bukanlah tipe ulama yang agresif dan menganggap pendapatnya selalu benar.3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
sitisabrina liked this
syahrud_06 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->