Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
65Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Arus Kas

Arus Kas

Ratings: (0)|Views: 4,308 |Likes:
Published by ichad13

More info:

Published by: ichad13 on Nov 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
CASH FLOW
1.PENGERTIAN
Cash flow (aliran kas) merupakan “sejumlah uang kas yang keluar dan yangmasuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan dengan kata lain adalah aliran kas yangterdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode.Hal utama yang perlu selalu diperhatikan yang mendasari dalam mengatur aruskas adalah memahami dengan jelas fungsi dana/uang yang kita miliki, kita simpan atauinvestasikan. Secara sederhana fungsi itu terbagi menjadi tiga yaitu :
Pertama
, fungsi likuiditas, yaitu dana yang tersedia untuk tujuan memenuhikebutuhan sehari-hari dan dapat dicairkan dalam waktu singkat relatif tanpaada pengurangan investasi awal.
Kedua
, fungsi anti inflasi, dana yang disimpan guna menghindari resiko penurunan pada daya beli di masa datang yang dapat dicairkan denganrelatif cepat.
 
Ketiga
, capital growth, dana yang diperuntukkan untu penambahan/perkembangan kekayaan dengan jangka waktu relatif panjang..Aliran kas yang berhubungan dengan suatu proyek dapat di bagi menjadi tigakelompok yaitu:a)Aliran kas awal (Initial Cash Flow) merupakan aliran kas yang berkaitan dengan pengeluaran untuk kegiatan investasi misalnya; pembeliantanah, gedung, biaya pendahuluan dsb. Aliran kas awal dapat dikatakan alirankas keluar (cash out flow) b)Aliran kas operasional (Operational Cash Flow) merupakan alirankas yang berkaitan dengan operasional proyek seperti; penjualan, biayaumum, dan administrasi. Oleh sebab itu aliran kas operasional merupakanaliran kas masuk (cash in flow) dan aliran kas keluar (cash out flow).
 
c)Aliran kas akhir (Terminal Cash Flow) merupakan aliran kas yang berkaitan dengan nilai sisa proyek (nilai residu) seperti sisa modal kerja, nilaisisa proyek yaitu penjualan peralatan proyek.
2 KETERBATASAN
Cash flow mempunyai beberapa keterbatasan-keterbatasan antara lain;a)Komposisi penerimaan dan pengeluaran yang dimasukan dalam cashflow hanya yang bersifat tunai. b)Perusahaan hanya berpusat pada target yang mungkin kurangfleksibelc)Apabila terdapat perubahan pada situasi internal maupun eksternaldari perusahaan yang dapat mempengaruhi estimasi arus kas masuk dankeluar yang seharusnya diperhatikan, maka akan terhambat karena manager hanya akan terfokus pada budget kas misalnya; kondisi ekonomi yang kurangstabil, terlambatnya customer dalam memenuhi kewajibanya.
3MANFAAT
Adapun kegunaan dalam menyusun estimasi cash flow dalam perusahaan sangat berguna bagi beberapa pihak terutama manajement. Diantaranya:1)Memberikan seluruh rencana penerimaan kas yang berhubungan denganrencana keuangan perusahaan dan transaksi yang menyebabkan perubahankas.2)Sebagian dasar untuk menaksir kebutuhan dana untuk masa yang akandatang dan memperkirakan jangka waktu pengembalian kredit.3)Membantu menager untuk mengambil keputusan kebijakan financial.4)Untuk kreditur dapat melihat kemampuan perusahaan untuk membayakredit yang diberikan kepadanya.
 
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNANAda empat langka dalam penyusunan cash flow, yaitu :1.Menentukan minimum kas2.Menyusun estimasi penerimaan dan pengeluaran3.Menyusun perkiraan kebutuhan dana dari hutang yang dibutuhkan untuk menutupideficit kas dan membayar kembali pinjaman dari pihak ketiga.4.Menyusun kembali keseluruhan penerimaan dan pengeluaran setelah adanyatransaksi financial dan budget kas yang final.Cash flow memuat tiga bagian utama, yang terdiri dari:1.Cash in flow, pada bagian ini mengidentifikasi sumber-sumber dana yang akanditerima , jumlah dananya dan waktu dalam periode tersebut, yang akan dihasilkan berupa penjualan tunai, penjualan kredit yang akan menjadi piutang, hasil penjualan aktiva tetap dan penerimaan lainnya. Perincian kas ini terdiri dari duasifat, yaitu kontinyu dan intermitan.2.Cash out flow, pada bagian ini berhubungan dengan pengidentifikasian semua kasyang sudah diantisipasi, antara lain pembelian barang dagang baku, pembayaranhutang, upah, administrasi, dan pengeluaran lainnya. Cash out flow juga punya duasifat yang sama yaitu kontinyu dan intermitan3.Financing (pembiayaan), pada bagian ini menunjukan besarnya net cash flow dan besarnya kebutuhan dana jika terjadi deficit.
CONTOH SOAL
Berikut ini adalah estimasi penerimaan dan pengeluaran perusahaan PT. Usaha Anda yang bergerak dibidang industri makanan dalam waktu enam bulan.

Activity (65)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
yesrh liked this
Yudha Adi Kusuma liked this
rudidarwis liked this
Devinofita liked this
Hendrik Aditya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->