Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
84Activity
P. 1
Cara membuat pidato

Cara membuat pidato

Ratings: (0)|Views: 47,156|Likes:
Published by Degree

Membuat Sebuah Pidato

Membuat Sebuah Pidato

More info:

Published by: Degree on Nov 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
Peristiwa
93
 
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, kamu diharapkan mampu:1)memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek;2)mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, danbaca puisi;3)memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama;4)mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan suratresmi.
PeristiwaBab8
Desi merayakan ulang tahunnya yang ke 7. Desi mengundang teman-temannya. Pestaulang tahun Desi sangat meriah. Semua gembira, bernyanyi, dan tertawa. Dalam peristiwaitu, Desi sangat bahagia sekali. Ulang tahun merupakan salah satu peristiwa yangmenyenangkan. Nah, apakah kamu pernah mengalami peritiwa yang menyenangkan?
Gambar 8. 1
 
 Desi merayakan ulang tahunnya yang ke 7 
 
Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas 6
94
-Berita-Cerpen Puisi-Ekspresi-Makna-Pidato-Puisi
MendengarkanBerbicaraMembacaMenulis
Peristiwa
BeritaPuisiCerpenPidatoMenyimpulkan isiberitaMembacakanpuisi denganekspresiMenemukanmakna tersiratteks cerpenMenyusunnaskah pidato
Peta KonsepKata Kunci
 
Peristiwa
95
Menyimpulkan Isi Berita
Masih ingatkah kamu tentang menyimpulkan isi berita pada bab sebelumnya?Bagaimana cara menyimpulkan berita dari radio? Perhatikan penjelasan di bawah ini denganbaik.Menyimpulkan adalah mengambil inti dari suatu bacaan atau berita. Cara menyimpulkanberita dari radio hampir sama dengan menyimpulkan berita dari televisi.Secara umum cara menyimpulkan ada dua, yaitu sebagai berikut.a.
 Deduktif 
Deduktif adalah cara menyimpulkan yang dimulai dari pernyataan/sesuatu hal yangumum menuju ke hal-hal yang khusus.Contoh:Berita di radio diawali dengan terjadinya banjir di Jakarta. Kemudian, untuk selanjutnya dijelaskan tentang korban dan orang yang mengungsi.-Terjadinya banjir di Jakarta Utara merupakan suatu hal yang umum/mewakili bacaan.-Korban dan orang yang mengungsi merupakan hal khusus/penjelasan dari hal umumdi atas.b.
 Induktif 
Induktif adalah cara menyimpulkan yang dimulai dari hal khusus ke hal umum.Jadi, kebalikan dari kesimpulan deduktif.Contoh: Di radio diberitakan bahwa setiap sekolah akan diberi jaringan internet. Bilasekolahnya belum ada komputer, nanti akan dibelikan komputer agar anak-anak Indonesia lebih maju. Semua kegiatan itu diambilkan dari dana BOS(Biaya Operasional Sekolah).-Kalimat
sekolah diberi jaringan internet 
dan kalimat
agar anak Indonesialebih maju
, merupakan hal khusus.-Kalimat terakhir,
semua kegiatan itu diambilkan dana BOS 
, merupakan kalimatumum.Ayo, simak baik-baik berita yang akan dibacakan temanmu berikut ini.Kamu diajak untuk menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio.Selamat pagi pendengar, bertemu lagi dengan saya, Agus Yulianto, dalam acaraBerita Hari Ini, Kamis, 27 Agustus 2007. Langsung dari radio RRI Surakarta tepatpukul 9 pagi. Inilah berita utama.Saudara pendengar, Mendiknas Bambang Sudibyo, mengatakan bahwa semuaSekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), baik negerimaupun swasta akan diberi akses TV edukasi. Jaringan tersebut sedang dipasang diseluruh daerah kabupaten dan kota di Indonesia.

Activity (84)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Berty Asmara liked this
mayartinis liked this
Afrialdo Prayoga liked this
Hidayat Hendry liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->