Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
102Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Unsur Intrinsik Cerpen

Analisis Unsur Intrinsik Cerpen

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 12,321 |Likes:
Published by ajuzalit

More info:

Published by: ajuzalit on Nov 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2013

pdf

text

original

 
Cinta Sejati
Harus! Titik! Nggak ada tapi-tapian lagi! Apapun yang terjadi dia harus bisa! Yap, apalagikalo bukan harus langsing! Itu misi terpentingnya. Itu cita-citanya yang paling diimpikan siangmalam, pagi sore, pokoknya segera. Darurat deh! Doo segitunya? Emang seh, cita-citanya nggak semulia orang lain malah kesannya malu-maluin, tapi Suci nggak peduli. Dia tetep keukeh pengen langsing mendadak, kalo bisa malah lebih instan daripada buat mie.Sebenernya kalo dipikir-pikir Suci tuh nggak gendut amat cuma agak kelebihan berat badan doang (ye, itu sih sama aja!) dalam rangka merencanakan strategi pelangsingan yang oke punya, maka disinilah Suci berada. Di depan kaca besar dalam kamarnya yang serba pinky.Tepatnya sudah satu jam lebih 34 menit plus 10 detik. Mungkin kalo kacanya bisa ngomongkayak di dongeng, doi bakalan misuh-misuh alias bete abis… “Woiii, gue udah pegel nihdiplototin mulu dari tadi! Berenti kenapa?” kurang lebih gitu kali. Sayang aja, kacanya nggak  bisa protes. Dan Suci masih aja puter-puter mirip gasing. Ih… kurang kerjaan banget sih?Akhirnya Suci berhenti juga muter-muter dan coba-coba jilbab yang super ribet (baginya),kepalanya mulai pening, nyut-nyutan gara-gara kebanyakan muter. Untung belum oleng, tapiSuci masih belum selesai juga. Sekarang dipegangnya pipi yang lumayan gembil itu. Huh, apatadi kata Dinda? Tembem? Masak sih? Tapi…emang tembem, sampe matanya jadi keliatan lebihkecil ketutup dengan pipinya. Kebayang kan gimana betenya Suci? So, menimbang, memilih danmemutuskan (ceile, lagaknya kayak direktur aja) hari ini Suci menyatakan perang dengan segalamakanan dan hal lain yang berkaitan erat dengan kegemukan termasuk sama coklat yang palingdia sukai. Motto Suci yang tadinya tiada hari tanpa ngemil, terpaksa harus disingkirkan. Tapi,apa sih sebenernya yang bikin Suci jadi mati-matian mau langsing gitu?Sebelumnya Suci oke-oke aja dengan bodynya yang lebih berisi dibanding ceweseangkatannya. Tapi itu dulu! Waktu Suci masih wajib peke seragam putih biru. Sering sih, diadiledek oleh teman sekelasnya. Tapi sejak beberapa bulan lalu, pas Suci udah jadi siswa SMA,mulai deh uring-uringan. Tadinya dikit tapi tambah lama tambah berat. Terus, mendadak jadi halyang prinsipil.Kantin sekolah (jam istirahat)“Din, Din!”“Emangnya aku klakson?! Apaan sih! Gangguin kenikmatan orang lagi makan aja!”“Liat deh, liat deh! Itu tuh, mas Yusuf ketua rohis sekolah kita lagi sama anak kelas satu yang baru masuk.”“Ada apa sama mereka?”“Mesra amat, seh!”“Yee…bolehnya cembokur.”
 
“Ih, siapa yang cembuu? Heran aja. N’tu anak biasanya kan dingin banget sama cewek…”“Kulkas kali…”“Eh, Din, Din…”“Uh, Suci…kalo manggil nama aku sekali aja dong! Gak usah diulang-ulang, jadi kayak klaksonkedaraan tau! Kenapa lagi?”“Apa cewek kelas satu itu nggak risih duduk berduaan sama cowok? Mana rapeet benget.Padahal dia kan…”“Pake jilbab?”“Iya. Harusnya dia malu dong sama jilbabnya! Masa’ akh…akh…apa namanya, Din?”“Akhwat.”“Iya. Akhwat, masa’ kelakuannya gawat gitu. Mana di tempat umum lagi…apa dia gak malu,diliatin sama anak-anak lain?”“Tapi, Ci…”“Ih, mending lepas aja jilbabnya!”“Lho, kok?”“Buat apa pakai jilbab kalo kelakuannya gak Islami gitu?”“Tapi Annisa…”“Ah, siapapun namanya, ketika seorang wanita telah memutuskan berjilbab, seharusnya dia bisamenyesuaikan kelakuan dengan pakaian yang dikenakannya. Tapi anak kelas satu itu…”“Annisa?”“Iya, iya… Annisa, kamu sendiri sebagai akh… akh…”“Akhwat.”“Iya itu, apa kamu nggak risih melihat mereka dua-duaan gitu? Aku aja belum pake jilbab gak gitu-gitu amat kalo sama cowok…”“Ha ha ha… kamu pasti cemburu sama Annisa, kan?”“Idiih… siapa yang cemburu?!”
 
“Gak cemburu tapi mukanya merah…”“Masak sih, Din?”“Liat aja sendiri di kaca!”
***
Ruang kelas XI ipa 4, 15 menit sebelum bel masuk berbunyi.“Din, Din!”“Suci…! Kali ini apa lagi? Cepetan kalo mau cerita, aku lagi sibuk ngerjain PR kimia!”“Masih soal mas Yusuf sama anak kelas satu itu.”“Kenapa lagi mas Yusuf sama Annisa?”“Kemarin aku liat mereka jalan berdua di Sriwedari! Mereka bener-bener udah jadian, ya?”“Jadian?”“Iya, pacaran!”“Suci, mereka itu…”“Pacaran, kan? Uh, sebel banget deh ngliat mereka jalan berduaan…”“Hayo! Kamu naksir kan sama ketua rohis sekolah kita itu?”“Naksir? Aku? Sama mas Yusuf?”“Iya, kalo gak naksir, kenapa harus sebel melihat mereka jalan berduaan?”“Oh, eh, i…i…tu…”“Ngaku aja, deh! Naksir juga nggak apa-apa.”“Ngg.. anu… hehe… iya sih, Din…”“Huh, ngomong gitu aja kok susah amat…Udah ah, lagi sibuk, nih.. masih banyak soal yang belum aku kerjakan.”“Eh Din… terus gimana, dong? Gimana caranya supaya mas Yusuf suka sama aku?”“Lho! Bukannya selama ini mas Yusuf emang suka sama kamu?”

Activity (102)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ambon Son liked this
try_syamdiahh added this note
unsur ekstrinsiknya...?
Arpan Basri liked this
Tirza Martino liked this
mr black star liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->