Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Internet

Sejarah Internet

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,738|Likes:

More info:

Published by: ferry-andriawan-3045 on Nov 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/30/2010

pdf

text

original

 
Internet
adalah jaringan komputer yang saling terhubung secara global yangmemungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi/data melalui jaringantersebut. Internet adalah sistem komunikasi data berskala global, suatuinfrastruktur yang terdiri dari hardware dan software yang menghubungkankomputer yang berada di jaringannya.
Internet merupakan  jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen PertahananAmerika Serikatdi tahun1969, melalui proyek ARPA yang disebutARPANET(
 Advanced Research Project Agency Network 
), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan 
dan
komputer yang berbasisUNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan,seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukanmenjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP  (Transmission Control Protocol/Internet Protocol
 
).Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat ituDepartemenPertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer  yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangannuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabilaterjadi perang dapat mudah dihancurkan.Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaituStanford Research Institute,University of California, Santa Barbara,University of Utah, di mana mereka membentuk satu  jaringan terpadu di tahun1969,dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulanOktober  1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semuauniversitasdinegaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk  mengaturnya.Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan"ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan namaDARPA Internet,yang kemudian disederhanakan menjadiInternet.Di Indonesia
internet
mulai dikenal pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringaninternetdiIndonesia lebih dikenal sebagai paguyuban
network 
, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan& gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengansuasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial danindividual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. RMSIbrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, AdiIndrayanto, danOnno W. Purbomerupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun1992 hingga1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer  di Indonesia.
 
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Internet
Berdasarkanhasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhiperkembangan internet, yaitu:
Infrastruktur dan lingkungan institusi.
Infrastruktur dan lingkungan institusi memegang peranan penting dalam strukturkekondusifan perkembangan internet di suatu negara. Berdasarkan penelitian,kesiapan infrastruktur dan institusi membangun jaringan utama menentukankokohnya kapasitas jaringan telepon utama dalam mengirimkan data elektronik.Penggunaan internet pada negara-negara berkembang yang mayoritasmenggunakan koneksi
dial-up
menggunakan jaringan telepon dapat menjadi tolokukur kekondusifan teknologi negara terhadap pengadaptasian Internet.
Kesamaanstruktur (
modernization
dan
 post-industrialization
)
. Kesamaan strukturmencakup infrastruktur, persentase pekerja, lingkungan politik, dan persentasepopulasi. Ketika sebuah negara berkomunikasi dengan negara lain, akan adanegara sender dan receiver. Kesesuaian antara negara pengirim dan penerima(conduciveness) akan membantu dalam penyebaran ide seperti internet. Negara-negara berkembang yang sering menjalin komunikasi dengan negara yang telahmaju akan memacu perkembangan di negara berkembang tersebut yang akanmempercepat tingkat pengadaptasian internet.
Perdagangan dan Investasi Asing
. Pentingnya investasi asing terletak padapertukaran informasi dalam alur perdagangan yang berlanjut pada kesamaanpermintaan pada teknologi komunikasi.
Perkembangan Internet…
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT)merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi danKomunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internetyang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.
 
Berawal pada tahun 1957,
melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), AmerikaSerikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkankomunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dinginantara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packetswitching pada tahun 1960.
Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecahdalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur  jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching jugamemungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Makaketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packetswitching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuitswitching yang digunakan pada sambungan telepon publik.
Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalahpengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakansekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).
Protokol adalahsuatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh RobertKahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secaraluas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk  jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaankomersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapatsaling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web padatahun 1990 oleh Tim Berners-Lee.
Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi kontenyang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Kety Queen liked this
Jogo Bonito liked this
bogielicious liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->