Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
105Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Fikih Muamalah

Makalah Fikih Muamalah

Ratings: (0)|Views: 11,365 |Likes:
Published by rodskamal

More info:

Published by: rodskamal on Nov 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Manusia dijadikan Allah SWT sebagai makhluk sosial yang salingmembutuhkan antara satu dengan yang lain. Untuk memenuhi kebutuhanhidupnya, manusia harus berusaha mencari karunia Allah yang ada dimuka bumiini sebagai sumber ekonomi. Allah SWT berfirman
 
Artinya :
 Dan Carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allahkepadamu(kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakanbagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuatbaiklah (kepada orang lain) sebagai mana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang  yang berbuat kerusakan.”
(QS Az Zumar : 39)Jual beli dalam bahasa Arab terdiri dari dua kata yang mengandung makna berlawanan yaitu Al Bai’ yang artinya jual dan Asy Syira’a yang artinya Beli.Menurut istilah hukum Syara, jual beli adalah penukaran harta (dalam pengertianluas) atas dasar saling rela atau tukar menukar suatu benda (barang) yangdilakukan antara dua pihak dengan kesepakatan (akad) tertentu atas dasar sukasama suka (lihat QS Az Zumar : 39, At Taubah : 103, hud : 93)
B.Tujuan
1.Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah fikih2.Untuk mengetahui dasar-dasar tentang fikih muamalah3.Menambah wawasan dalam kajian ilmu fikih khususnya masalahmuamalah1
 
BAB IIPEMBAHASANA.Pengertian
Fiqih Mumalah adalah pengetahuan tentang kegiatan atau transaksi yang berdasarkan hukum-hukum syariat, mengenai perilaku manusia dalamkehidupannya yang diperoleh dari dalil-dalil islam secara rinci. Ruanglingkup fiqih muamalah adalh seluruh kegiatan muamalah manusia berdasarkan hokum-hukum islam yang berupa peraturan-peraturan yang berisi perintah atau larangan seperti wajib,sunnah,haram,makruh danmubah.hokum-hukum fiqih terdiri dari hokum-hukum yang menyangkuturusan ibadah dalam kaitannya dengan hubungan vertical antara manusiadengan Allah dan hubungan manusia dengan manusia lainnya.
B.Ruang Lingkup
Ruang lingkup fiqih muamalah mencakup segala aspek kehidupan manusia,seperti social,ekonomi,politik hokum dan sebagainya. Aspek ekonomi dalamkajian fiqih sering disebut dalam bahasa arab dengan istilah iqtishady, yangartinya adalah suatu cara bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhanhidupnya dengan membuat pilihan di antara berbagai pemakaian atas alat pemuas kebutuhan yang ada, sehingga kebutuhan manusia yang tidak terbatasdapat dipenuhi oleh alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
C.Sumber-sumber
Sumber-sumber fiqih secara umum berasal dari dua sumber utama, yaitu dalilnaqly yang berupa Al-Quran dan Al-Hadits, dan dalil Aqly yang berupa akal(ijtihad). Penerapan sumber fiqih islam ke dalam tiga sumber, yaitu Al-Quran,Al-Hadits,dan ijtihad.
Al-QuranAl-Quran adalah kitab Allah yang diturunkan kepada nabi MuhammadSAW dengan bahasa arab yang memiliki tujuan kebaikan dan perbaikanmanusia, yang berlaku di dunia dan akhirat. Al-Quran merupakan referensiutama umat islam, termasuk di dalamnya masalah hokum dan perundang-undangan.sebagai sumber hukum yang utama,Al-Quran dijadikan patokan2
 
 pertama oleh umat islam dalam menemukan dan menarik hukum suatu perkara dalam kehidupan.
Al-HaditsAl-Hadits adalah segala yang disandarkan kepada Rasulullah SAW, baik  berupa perkataan,perbuatan,maupun ketetapan. Al-Hadits merupakansumber fiqih kedua setelah Al-Quran yang berlaku dan mengikat bagiumat islam.
Ijma’ dan QiyasIjma’ adalah kesepakatan mujtahid terhadap suatu hukum syar’i dalamsuatu masa setelah wafatnya Rasulullah SAW. Suatu hukum syar’i agar  bisa dikatakan sebagai ijma’, maka penetapan kesepakatan tersebut harusdilakukan oleh semua mujtahid, walau ada pendapat lain yang menyatakan bahwa ijma’ bisa dibentuk hanya dengan kesepakatan mayoritas mujtahidsaja. Sedangkan qiyas adalah kiat untuk menetapkan hukum pada kasus baru yang tidak terdapat dalam nash (Al-Qur’an maupun Al-Hadist),dengan cara menyamakan pada kasus baru yang sudah terdapat dalamnash.
A.Prinsip Dasar Fiqih Muamalah
Sebagai sistem kehidupan, Islam memberikan warna dalam setiap dimensikehidupan manusia, tak terkecuali dunia ekonomi. Sistem Islam ini berusahamendialektikkan nilai-nilai ekonomi dengan nilai akidah atau pun etika.Artinya, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dibangun dengandialektika nilai materialisme dan spiritualisme. Kegiatan ekonomi yangdilakukan tidak hanya berbasis nilai materi, akan tetapi terdapat sandarantransendental di dalamnya, sehingga akan bernilai ibadah. Selain itu, konsepdasar Islam dalam kegiatan muamalah (ekonomi) juga sangat konsen terhadapnilai-nilai humanisme. Di antara kaidah dasar fiqh muamalah adalah sebagai berikut :
Hukum asal dalam muamalat adalah mubah
Konsentrasi Fiqih Muamalah untuk mewujudkan kemaslahatan
Menetapkan harga yang kompetitif 
Meninggalkan intervensi yang dilarang
Menghindari eksploitasi
Memberikan toleransi3

Activity (105)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
murianda liked this
salah mencantumkan ayat pada bab pendahuluan.... surah az zumar ayat 39 bukan seperti arti yang anda tulis... coba anda edit kembali....!!
Soim Aya Yakusa liked this
Mustafa Ismail liked this
Yuda Al Faruq liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->