Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
keutamaan sholat subuh

keutamaan sholat subuh

Ratings: (0)|Views: 1,226|Likes:
Published by nunnie

More info:

Published by: nunnie on Nov 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2012

pdf

text

original

 
Ada kisah unik tentang shalat Subuh sebagaimana dinyatakan
 Dr. Raghib as Sirjani.
 Adalah shahabat
 Anas bin Malik 
 
 Radhiyallaahu ‘anhu
selalu menangis manakala ia mengingatpenaklukan Tastar. Tastar adalah satu kota benteng di Persia yang dikepung kaum Muslimingenap satu tahun setengah, hingga akhirnya ditaklukkan kaum Muslimin, dan tercapailahkemenangan yang besar. Peperangan ini tergolong peperangan yang sangat berat dan dirasakankaum Muslimin. Mengapa Anas bin Malik 
 Radhiyallaahu ‘anhu
menangis?Benteng Tastar baru bisa diterobos menjelang shalat Fajar. Pasulan islam menerobos masuk benteng, kemudian terjadilah peperangan sengit antaraa 30.000 pasukan Muslimin dengan150.000 pasukan Persia. Peperangan berlangsung sangat sengit. Pasukan Muslimin sempatterdesak. Suasana sangat genting, kritis, dan berbahaya..Akhirnya, dengan karunia Allah, kaum Muslimin menang. Mereka menang gemilang atasmusuh, kemenangan yang tercapai beberapa saat setelah terbit matahari. Saat itu, kaumMuslimin baru menyadari di hari yang sangat menakutkan itu, ternyata shalat Subuh sudahlewat!Dalam kondisi begitu rawan, dentingan suara pedang mengintai batang leher, membuat kaumMuslimin tidak sanggup melaksanakan shalat Subuh tepat pada waktunya. Anas r.a. punmenangis pernah tertinggal shalat Subuh, meski hanya sekali sepanjang hidupnya. Dia menangis,kendati dimaafkan. Mereka sibuk dengan jihad
 –yang merupakan puncak Islam—
namun yangmereka tinggalkan merupakan sesuatu yang sangat berharga! Lalu bagaimana dengan kita?Sudah berapa kali kita tertinggal shalat Subuh, atau lebih nikmat kembali menarik selimutdaripada menyambut panggilan adzan? Atau panggilan adzan pun sudah tidak bisamembangunkan hingga matahari telah terbit dari timur pun kita baru bangun lalu melaksanakanshalat yang ‘katanya’ shalat Subuh?
 
Anas berkata,
“Buat apa Tastar? Sungguh shalat Subuh telah berlalu dariku. Sepanjang usia,aku tidak akan bahagia seandainya dunia diberikan kepadaku sebagai ganti shalat ini!”
 Kenapa sampai shahabat besar seperti beliau mengatakan demikian? Tentu, karena keutamaanshalat dan waktu Subuh.
Keutaman Waktu dan Shalat Subuh
 Banyak dalil yang menyinggung keutamaan itu.
Utsman bin bin Affan r.a.
berkata bahwa Rasulullah
Shallallaahu ‘alaihi wasallam
bersabda:
“Barangsiapa yang shalat Isya berjama’ah maka seakan-akan ia telah shalat setengah malam.. Dan barangsiapa shalat Subuh berjama’ah (atau dengan shalat Isya –seperti tertera dalamhadits Abu Dawud, dan at Tirmidzi), maka seakan-akan ia telah melaksanakan shalat satumalam penuh” (HR. Muslim).
 
 Abu Hurairah r.a..
meriwatkan bahwa Rasulullaah saw bersabda,
“Kalau sekiranya manusiamengetahui apa yang tersembunyi dalam adzan dan shaf pertama, maka mereka tidak akanmendapatkan bagian kecuali dengan jalan diundi di dalamnya, niscaya mereka akan ikut sertadalam undian (banyaknya yang berbondong-bondong guna mendapatkan shaf pertama). Dan jika mereka mengetahui apa yang didapatkan dalam awal kedatangan (shalat jama’ah). Niscayaakan berlomba-lomba. Dan, jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat Subuhdan Isya, maka mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak” (HR. Bukhari).
 Memang begitu istimewa shalat wajib pembuka hari ini, bahkan shalat sunnah yangmenyertainya juga mendapat porsi luar biasa.
 Aisyah r.a.
meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda,
“Dua raka’at Fajar (shalat sunnahsebelum Subuh) lebih baik dari dunia seisinya: (HR. Muslim).
 
 
 Shalat sunnahnya saja lebih baik dari dunia, lalu bagaima dengan shalat wajib Subuh itu sendiri?Sungguh tak terbayangkan keutamaannya! Namun, sayangnya, manusia justru kerap melalaikanibadah yang satu ini.
 Ammarah bin Ruwaihah r.a.
meriwayatkan bahwa dirinya mendengar Rasulullah saw bersabda,
“Tidak akan masuk neraka, orang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenammatahari” (HR. Muslim).
 Secara medis, shalat ini berhubungan erat dengan Tahajud dan kortisol. Ia semacam menjadi
 paket’
dengan Tahajud untuk mendapat efek kesehatan, mengingat shalat wajib pembuka hariini tepat berada di pengujung sepertiga malam terakhir, tapi ketika kita malamnya rajinmelakukan Tahajud, lantas jangan sampai kita ketinggalan shalat Subuh, jika kita mau paketyang
‘istimewa’
, seperti untuk urusan perut saja kita kalau bisa memilih paket yang
‘istimewa’
 lalu kenapa untuk urusan akhirat kita tidak memilih yang terbaik??
 Dr. Barita, Sp. JP
, sesuai disiplin keilmuannya, spesialisasi jantung dan pembuluh darah,berhasil menyingkap sisi lain yang tak kalah menakjubkan tentang rahasia medisnya: bahwashalat Subuh bermanfaat karena mampu mengurangi kecenderuangan terjadinya gangguankardivaskular (jantung dan pembuluh darah).Pada studi MILIS, studi GISSI 2 dan studi-studi lain di luar negeri, yang dipercaya sebagai suatupenelitian yang valid, dikatakan puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai padapukul 6 pagi sampai pukul 12 siang. Mengapa demikian? Karena, pada saat itu sudah terjadiperubahan pada sistem tubuh di mana terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis dan penurunantegangan saraf parasimpatis.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
edn_mj3707 liked this
Dedi Cahyadi liked this
imelate liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->