Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
243Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan

Ratings: (0)|Views: 29,834 |Likes:
Dalam Ensiklopedi Umum, halaman 549 kata “kepemimpinan” ditafsirkan sebagai hubungan yang erat antara seorang dan sekelompok manusia karena adanya kepentingan bersama; hubungan Itu ditandai oleh tingkah laku yang tertuju dan terbimbing dari manusla yang seorang itu. Manusia atau orang ini biasanya disebut yang memimpin atau pemimpin, sedangkan kelompok manusia yang mengikutinya disebut yang dipimpin.
Dalam Ensiklopedi Umum, halaman 549 kata “kepemimpinan” ditafsirkan sebagai hubungan yang erat antara seorang dan sekelompok manusia karena adanya kepentingan bersama; hubungan Itu ditandai oleh tingkah laku yang tertuju dan terbimbing dari manusla yang seorang itu. Manusia atau orang ini biasanya disebut yang memimpin atau pemimpin, sedangkan kelompok manusia yang mengikutinya disebut yang dipimpin.

More info:

Published by: Herman Adriansyah AL Tjakraningrat on Nov 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
1
PENGERTIAN KEPEMIMPINANDari akar kata “pimpin” kita mengenal kata “pemimpin” dan “kepemimpinan”.Dalam Ensiklopedi Umum, halaman 549 kata “kepemimpinan” ditafsirkansebagai hubungan yang erat antara seorang dan sekelompok manusiakarena adanya kepentingan bersama; hubungan Itu ditandai oleh tingkahlaku yang tertuju dan terbimbing dari manusla yang seorang itu. Manusiaatau orang ini biasanya disebut yang memimpin atau pemimpin, sedangkankelompok manusia yang mengikutinya disebut yang dipimpin.Dalam Webster’s New World Dictionary of the American Language/ kataleadership adalah
the position or guidance of a leader atau “the ability to lead”, dan kata leader adalah “a person or thing that leades; directing, commanding, or guiding head, as a group or activity”.
Dalam buku psikologi antara lain dikatakan bahwa “leadership is a relation ofan individual to a group, established in the interests of achieving ,some end”.Bayangkan bahwa jumlah kelompok itu banyak, begitu juga jumlah tujuan itubanyak dan cara mencapainya pula. Dalam buku Foundations of Psychologyitu dinyatakan bahwa seorang pem.impin yang sukses tergantung duasyarat dalam garis besarnya.
Pertama,
bahwa pemimpin itu
must share the values, attitudes and interests of the group. This psychological similarity is necessary for the identification of the followers with the leaders.
Syarat
kedua
, adalah bahwa kualitas pemimpin itu lebih tinggi dari parapengikutnya, akan tetapi tetap bersifat komunikatif dengan yangdipimpinnya.Mengingat masalah kepemimpinan adalah masalah yang sudah tuaumurnya, maka wajarlah kalau terdapat sejumlah tokoh ilmu perigetahuanyang raendalaminya. Juga di Indonesia hal ini berkembang relatif pesat,apalagi setelah kita memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17Agustus 1945. Sejak itu perhatian kita sebagai bangsa relatif besar dalamhal ini, balk secara teoritis maupun secara praktis.Para penulis buku kepemimpinan di Indonesia, antara lain seperti Drs.Wahyo Sumidjo, Prof. Pamudji, Ir. Suyamto, dan Iain-lain, dalam gar isbesarnya membahas tentang definisi kepemimpinan. Mereka telah mengutipdan atau menterjemahkan hasil rumusan para tokoh senior asing dalam halini, misalnya seperti:1) Ralph Mtogdill (1950)Leadership is a process of ipfluencing the activities of an organized group inits task of goal setting and goal achievement”.2) Fred E, Fiedler (1967)“Leadership is the process of influencing group activities toward goal setting
 
2
and goal achievement”. *3) Martin J. Gannon (1982)“Leadership is the ability of a superior to influence the behavior ofsubordinates; one of the behavioral in organization”.4) Paul Hersey, Kenneth H. Blanchard (1982)Leadership is the process of influacing the activities of an individual or agroup in efforts toward goal achievement in a given situation”.5) George R. Terry (1972)“Leadership is the relationship in which one person, or the leader, influencesothers to work together willingly on related tasks to attain that which theleader desires”.6)Robert Tennenbaum, Irving R. Weschler dan Fred Massarik (1961). “Wedefine leadership as interpersonal influence, exercise in situation anddirected through the communication process, toward the attainment of aspecific goal or goals”.7)Richard N. Osborn, James G. Hunt dan Lawrence R Jauch (1980)- “Leadership – all ways in which one person exert influence over others”.8) R.D. Agarwal (1982)“Leadership is the art of influencing others to direct their will, abilities andefforts to the achievement of leader’s goals. In the context of organization,leadership lies in influencing individual and group effort toward the optimumachievement of organizational objectives”.9) Harold Korntz & Cirill O’Donnell (1976)“Leaderships in the art of inducing subordinates to accomplish theirassignment with zeal and confidence”.Dari definisi-definisi tersebut, tampak bahwa perumusan tentangkepemimpinan bertitik tolak pada tiga hal.
Pertama,
ada yang memberikan penekanan pada kepribadian, kemampuandan kesanggupan pemimpin.
Kedua,
ada yang memberikan penekanan kegiatan, kedudukan dan perilakupemimpin.
Ketiga,
Mda yang memberikan penekanan kepada proses interaksi antarapemimpin, bawahan dalam situasi tertentu.
Leadership dan Headship
Pada umumnya kata leadership diterjemahkan sebagai Kepemimpinan,tetapi headship sebaiknya diterjemahkan sebagai apa? Leadership dapatditafsirkan dalam dua pengertian.
 
3
Pertama,
meliputi pengertian headship dan
kedua,
leadership ditafsirkan berbeda dengan headship.Bass misalnya mendefinisikan leadership dalam arti luas, dalam arti meliputibanyak cara yang dilakukan oleh leaders dan heads serta berbagai sumberyang digunakan untuk mengungkapkan kekuasaannya. Akan dapatpuladidef.inisikan secara lebih sempit, seperti misalnya yang dilakukan olehC.A Gibb (1969), yang membedakan antara leadership dengan headshipsebagai berikut:1. Headship diselenggarakan melalui suatu sistem yang diorganisasikandan tidak berdasarkan pengakuan spontan para anggotanya.2. Tujuan kelompok dipilih oleh kepala (head person) sesuai dengan minatdan tidak ditentukan oleh kelompok itu sendiri secara internal.3. Dalam headship/ hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada sama sekalitindakan bersama dalam mencapai tujuan.4. Dalam headship, ada jurang sosial yang lebar antara anggota-anggotakelompok dan kepala (the head), yang mengusahakan agar ada jaraksosial ini, sebagai suatu alat bantu untuk memaksa kelompoknya.5. Kewibawaan seorang pemimpin (leader) secara spontan diakui oleh paraanggota kelompok yang bersangkutan dan terutama oleh parapengikutnya.Sedangkan kewibawaan seorang kepala (the head) timbul karena adanyakekuasaan dari luar kelompok yang mendukung seseorang itu terhadapkelompok yang bersangkutan, yang tidak dapat disebut sebagai parapengikut sesungguhnya. Mereka menerima dominasi kepalanya (headship)dalam hal penderitaan suatu hukuman (punishment) daripada upayapengikutnya dalam arti menginginkan hadiah (reward).Kochan, Schmidt dan de Cotties (1975), menurut Bass, setuju denganpendapat Gibb karena mereka melihat bahwa para manajer, para pemimpinpelaksana, para pejabat dan Iain-lain dalam kenyataannya lebih banyakmelakukan berbagai hal, lebih dari sekedar hanya memimpin saja.Kita tak dapat menafsirkan begitu saja bahwa, misalnya seseorang yangmengikuti semua tatacara seremonial dalam anggota. Akan tetapi menurutdefinisi yang lebih luas, bagi Bass (1960) pimpinan/seorang kepala (head)adalah merupakan konsekuensi dari kedudukan (status) mereka, jadimerupakan suatu kekuasaan dari jabatan yang dipegangnya. Tanpakedudukan semacam itu, para pemimpin (leader) masih dapat mencapaitujuan, apabila kekuasaannya itu betul-betul sesuai dengan nilai-nilai yangdianut oleh kelompok yang dipimpinnya.Baik kedudukan (status) maupun penghormatan (esteem) tak dapatditafsirkan. secara kaku. Dalam setiap kelompok akan berbeda. Itulahsebabnya kepemimpinan (leadership) pada hakikat dapat dibagikan kepadapara anggotanya dalam derajat tertentu dan dalam situasi yang sama. Istilahkepala, ketua, direktur, menteri, presiden dan lain-lainnya, pada umumnyaberkaitan dengan pengertian kekepalaan (headship).

Activity (243)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Indra Maniam liked this
Ryanda Kaleh liked this
Zubaidah Ibrahim liked this
Oki ARmaniezzt added this note
pemimpin itu harus mempunyai jiwa yg besar dan tangguh, mampu menghadapi situasi apapun,,
Dika Doanks liked this
Nurhayati Kadir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->