Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
21Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh India

Pengaruh India

Ratings: (0)|Views: 10,217|Likes:
Published by methasia sri rahayu

More info:

Published by: methasia sri rahayu on Nov 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
Rabu, 04 November 2009

Orang India menyebarkan kebudayaannya melalui hasil karya sastra, yang berbahasa Sansekerta dan Tamil yang berkembang di wilayah AsiaTenggara termasuk Indonesia.

Pada abad 1-5 M di Indonesia muncul pusat-pusat perdagangan terutamapada daerah yang dekat dengan jalur perdagangan tersebut. Awalnyahanya sebagai tempat persinggahan tetapi akhirnya orang Indonesia ikutdalam kegiatan perdagangan sehingga Indonesia menjadi pusatpertemuan antar para pedagang, termasuk pedagang India.

Hal ini menyebabkan masuknya pengaruh budaya India pada berbagaisektor kehidupan masyarakat Indonesia. Terlihat dengan masyarakatIndonesia yang akhirnya memeluk agama Hindu-Budha serta berdirinyakerajaan-kerajaan di Indonesia yang mendapat pengaruh India sepertiKutai, Tarumanegara, dsb.

Transfer kebudayaan India merupakan tahapan terakhir dari masa budayapra sejarah setelah tahun 500 SM. Penyebarannya melalui prosesperdagangan, yaitu jalur maritim melalui kawasan Malaka. Jalurperdagangan antar bangsa tersebut kemudian lebih dikenal dengan jalurSutera. Bukti arkeologisnya ditemukan manik-manik berbahan kaca danserpihan-serpihan kaca yang bertuliskan huruf Brahmi.

Kebudayan Indonesia pada zaman kuno mempunyai fungsi strategis dalam jalur perdagangan antara dua pusat perdagangan kuno, yaitu India danCina. Hubungan perdagangan Indonesia-India jauh lebih awal jikadibandingkan dengan hubungan Indonesia-Cina. Dimana hubunganperdagangan Indonesia India telah terjalin sejak awal abad 1 M.Hubungan dagang tersebut kemudian berkembang menjadi prosespenyebaran kebudayaan.
Penyebaran budaya India
tersebutmenyebabkan:a. Tersebarnya agama Hindu-Budha di kalangan masyarakat Indonesia b. Dikenalnya sistem pemerintahan kerajaanc. Dikenalnya bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa yang menandaimasuknya zaman sejarah bagi masyarakat kepulauan Indonesiad. Budaya India tersebut meninggalkan pengaruhnya pada kehidupanmasyarakat prasejarah Indonesia terutama pada seni ukir, pahat, dantulisan.
 
Kebudayaan India yang memegang peranan penting dalam perkembanganmasyarakat prasejarah menjadi masyarakat sejarah.Pengaruh Indonesia yang sampai India :
1.
Perahu bercadik milik bangsa Indonesia mempengaruhi penggunaanperahu bercadik di India Selatan (Menurut Hornell)
2.
Kelapa asli dari Indonesia yang dijadikan barang perdagangan hinggasamapai di India.Pengaruh India di Indonesia dapat dilihat dengan adanya:
1.
 Arca Buddha dari Perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan, yangmemperlihatkan langgam seni Amarawati (India Selatan pada Abad 2-5SM).
 
2.Selain itu ditemukan arca sejenis di daerah Jember, Jawa Timur, dandaerah Bukit Siguntang, Sumatera Selatan.
3.
Ditemukan arca Budha di Kutai, yang berlanggam seni arca Gunahasa, diIndia Utara.
 
Pengaruh Budaya India yang masuk ke Indonesia antara lain terlihatdalam bidang:1. Budaya
Pengaruh budaya India di Indonesia sangat besar bahkan begitu mudahditerima di Indonesia hal ini dikarenakan unsur-unsur budaya tersebut telahada dalam kebudayaan asli bangsa Indonesia, sehingga hal-hal baru yangmereka bawa mudah diserap dan dijadikan pelengkap.
Pengaruh kebudayaan India dalam kebudayaan Indonesia tampak pada:
Seni Bangunan
 Akulturasi dalam seni bangunan tampak pada bentuk 
 bangunan candi
.
 Di India
, candi merupakan kuil untuk memuja para dewa dengan bentuk stupa.
 Di Indonesia
, candi selain sebagai tempat pemujaan, juga berfungsi sebagaimakam raja atau untuk tempat menyimpan abu jenazah sang raja yang telahmeninggal. Candi sebagai tanda penghormatan masyarakat kerajaantersebut terhadap sang raja.
 
Contohnya:

Candi Kidal (di Malang), merupakan tempat Anusapati di perabukan.

Candi Jago (di Malang), merupakan tempat Wisnuwardhana diperabukan.

Candi Singosari (di Malang) merupakan tempat Kertanegaradiperabukan.Di atas makam sang raja biasanya didirikan patung raja yang mirip(merupakan perwujudan) dengan dewa yang dipujanya. Hal ini sebagaiperpaduaan antara fungsi candi di India dan tradisi pemakaman danpemujaan roh nenek moyang di Indonesia. Sehingga, bentuk bangunancandi di Indonesia pada umumnya adalah
 punden berundak
, yaitu bangunan tempat pemujaan roh nenek moyang.Contoh ini dapat dilihat pada bangunan candi Borobudur.
Seni rupa, dan seni ukir.
 Akulturasi dalam bidang seni rupa, dan seni ukir terlihat pada
relief 
atauseni ukir yang dipahatkan pada bagian dinding candi.Sebagai contoh: relief yang dipahatkan pada Candi Borobudur bukan hanyamenggambarkan riwayat sang budha tetapi juga terdapat relief yangmenggambarkan lingkungan alam Indonesia. Terdapat pula relief yangmenggambarkan bentuk perahu bercadik yang menggambarkan kegiatannenek moyang bangsa Indonesia pada masa itu.
Seni Hias
Unsur-unsur India tampak pada hiasan-hiasan yang ada di Indonesiameskipun dapat dikatakan secara keseluruhan hiasan tersebut merupakanhiasan khas Indonesia.Contoh hiasan : gelang, cincin, manik-manik.
 Aksara/tulisan
Berdasarkan bukti-bukti tertulis yang terdapat pada prasasti-prasasti(abad5 M) tampak bahwa bangsa Indonesia telah mengenal
huruf Pallawa
dan
 bahasa Sansekerta
. Huruf Pallawa yang telah di-Indonesiakan dikenaldengan nama
huruf Kawi
. Sejak prasasti Dinoyo (760 M) maka huruf Kawi ini menjadi huruf yang dipakai di Indonesia dan bahasa Sansekerta

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Vera Martin liked this
linati_alimi liked this
Indra Jerqie liked this
Banda Naira liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->