Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
28Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HiDung

HiDung

Ratings: (0)|Views: 4,739|Likes:
Published by indras box 21

More info:

Published by: indras box 21 on Nov 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
Hidung
 Hidung 
Hidung manusia
Secaraanatomi,
hidung
adalah penonjolan padavertebratayang mengandungnostril, yang menyaring udara untuk  pernapasan.Hidung sebagai suatu istilah, dapat juga digunakan untuk  menunjukkan ujung sesuatu, seperti hidung pada pesawat terbang.
Daftar isi
Hidung
Secara anatomi, hidung adalah penonjolan pada vertebrata yang mengandung nostril, yangmenyaring udara untuk pernafasan. Hidung sebagai suatu istilah, dapat juga digunakan untuk menunjukkan ujung sesuatu, seperti hidung pada pesawat terbang.
Hidung manusia
 
Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernafasan, menyaring udara,menghangatkan udara pernafasan, juga berperan dalam resonansisuara.Hidung merupakan alat indera manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimiayang berupa gas.di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengansel-sel pembau.setiap sel pembau mempunyai rambut -rambut halus(silia olfaktori)di ujungnyadan diliputi oleh selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung.
Proses membau sesuatu
Pda saat kiat bernapas, zat kimia yang berupa gas ikut masuk ke dalam hidung kita. zat kimiayang merupakan sumber bau akan dilarutkan pada selaput lendir,kemudian akan merangsangrambut-rambut halus pada sel pembau. sel pembau akan meneruskan rangsang ini ke otak danakan diolah sehingga kita bisa mengetahui jenis bau dari zat kimia tersebut.
Penyakit pada hidung
Gangguan pada hidung biasanya disebabkan oleh radang atau sakit pilek yang menghasilkanlendir atau ingus sehingga menghalangi bau mencapai ujung saraf pembau. gangguan lain juga bisa disebabkan oleh adanya kotoran pada hidung dan bulu hidung yang terlalu banyak.kita harusselalu membersihkan hidung dari kotoran dan merapikan bulu-bulunya supaya penciuman kitatidak terganggu
Rinosinusitis,Gangguan Pada Hidung 
Hidung mempunyai peranan penting bagi tubuh manusia terutama dalam fungsi penciuman danpernapasan. Sama seperti bagian tubuh lainnya, hidung juga tidak luput dari berbagai penyakit. Salahsatu gangguan seputar hidung adalah sinusitis. Meskipun sebagian besar tidak membahayakan namundapat mempengaruhi dan mengganggu kualitas hidup.Sinusitis adalah suatu peradangan pada sinus (rongga) yang terjadi karena alergi atau infeksi virus,bakteri maupun jamur. Umumnya gangguan pada sinus hampir selalu berhubungan dengan gangguanhidung, sehingga kini lebih dikenal dengan istilah rinosinusitis.Berdasarkan klasifikasi terbaru dari
AAAI
(American Academy of Allergy, Asthma and Immunology),rinosinusitis terbagi menjadi 2 golongan :
1.
Rinosinusitis Akut
Ciri-ciri : gangguan ini berlangsung kurang dari 12 minggu. Biasanya terjadi 4 kali dalamsetahun. Tapi biasanya, setelah diterapi selaput pada hidung bisa kembali normal
2.
Rinosinusitis Kronis
Ciri-cirinya : Gangguan ini berlangsung lebih dari 12 minggu. Dalam setahun bisa terjadi 4 kalidan selaput atau mukosa tidak dapat kembali normal.
P
enyebab
Penyebab rinosinusitis bisa bermacam-macam. Padarinosinusitis biasanya disebabkan oleh penyakit asma, alergidan gangguan sistem kekebalan atau kelainan sekresi maupunpembuangan lendir.Sementara rinosinusitis akut, dapat disebabkan oleh infeksi
 
virus, bakteri, jamur, peradangan menahun pada saluranhidung, penyakit tertentu seperti gangguan sistem kekebalandan kelainan sekresi lendir. 
Gejala
Gejala khas kelainan pada sinus adalah sakit kepala yang dirasakan ketika penderita bangun pada pagihari. Sementara gejala lainnya adalah demam, rasa letih, lesu, batuk dan hidung tersumbat ataupunberlendir.Gigi berlubang juga dapat menyebabkan sinusitis terutama jika lubang terdapat pada gigi geraham atas.Akar pada gigi geraham atas dapat menembus sampai ke dasar sinus maksilaris sehingga infeksi padagigi dapat menjalar ke rongga sinus.
Pengobatan
Biasanya penderita sinusitis akan diberikan obat berupa antibiotik untuk mengendalikan infeksi bakteri dan pereda rasa nyeri. Terapi obat ini dilakukan minimal 2 minggu. Untuk mengurangi penyumbatan dan peradangan, bisa juga diberikan obat semprot hidung yang mengandungstreoid atau dekongestan.Jika dalam 2 minggu perawatan dengan terapi obat tidak membaik, maka harus dilakukan fotorontgen sinus atau CT Scan untuk melihat perluasan penyakitnya.Sebagai tambahan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyamantersebut, seperti :* Tinggal di dalam ruangan dengan temperatur yang sama* Menghirup uap dari semangkok air panas* Obat semprot hidung yang mengandung larutan garam* Kkompres hidung di daerah sinus yang mengalami gangguan* Hindari posisi membungkuk dengan kepala tertunduk, karena gerakan ini bisa meningkatkanrasa sakit*Banyak minum cairan untuk membantu melarutkan lendir.
Polip Hidung
DEFINISI
Polip nasi atau polip hidung adalah kelainan selaput permukaan hidung berupa massa lunak yang bertangkai, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licindan agak bening karena mengandung banyak cairan.Kelainan pada hidung biasanya timbul karena manifestasi dari penyakit yang lain dan tidak  berdiri sendiri, penyakit ini sering dihubungkan dengan astma, rhinitis alergika, dan sinusitis, diluar negeri sendiri penyakit ini sering dihubungkan dengan seringnya penggunaan aspirin.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Doni Nurdiansyah liked this
Adriyani liked this
Ayu Sariani liked this
Armika Bobby Jha liked this
yamin chem liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->