Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
280Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
POLUSI UDARA

POLUSI UDARA

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 37,131 |Likes:
Published by John Williams

More info:

Published by: John Williams on Nov 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2013

pdf

text

original

 
POLUSI UDARAA. PENGERTIAN POLUSIPolusi berarti pencemaran. Polusi merupakan masuknya mahluk hidup, zat, energy, ataukomponen lain dalam lingkungan yang menyebabakan berubahnya tatanan lingkunganoleh kegiatan manusia. Polusi berarti masuknya bahan pencemar (polutan) sebagai akibatdari kegiatan manisia atau proses alam yang ditemukan ditempat, saat, dan jumlah yangtidak selayaknya. Polusi dapat kita jumpai , misalnya di tanah, air, udara, bahkam suara bising dari motor, mesin dll.Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi diatmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dantumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak property ( wikipedia ).Sedangkan oleh pakar lain, Polusi udara adalah penyusunan kualitas udara sampai padayang mengganggu kehidupan karena masuknya polutan kedalam udara Dalam ruanganatau tempat pembuangan sampah banyak sekali kotoran/ kuman yang menyebabkan polusi. Daerah perkotaan yang mempunyai tingkat polusi tinggi adalah Boston, TheBronx, Chicago, Dallas, New York City, Seattle, dan Tucson. Setelah dua tahun penelititerus memonitor dengan teratur dan melihat gejala asma yang timbul, seperti kemampuan bernapas, ketidakhadiran di sekolah, pengukuran kondisi udara. Kualitas udara diukur menggunakan EPA Aerometric Information Retrieval System.Kualitas udara di Kota Semarang makin memburuk. Hasil survei Badan PengendalianDampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Semarang pada akhir 2003 menunjukkan penurunan kualitas itu. Kualitas udara yang sudah bercampur lingkungan mengalami penurunan lebih kurang 28 persen. Meningkatnya polusi udara akibat pertumbuhan kotaserta penggunaan moda transportasi berbahan bakar minyak mengundang keprihatinan.Elemen masyarakat peduli terhadap persoalan lingkungan pun tak mau tinggal diam.Mereka mengingatkan para pengguna jalan dan pengunjung mal dengan mengusungGerakan Anti Udara Kotor. Semarang menjadi salah satu dari 10 kota besar di Indonesiayang kondisi transportasi dan kualitas udaranya paling mengkhawatirkan. Hal tersebutakibat makin tidak idealnya perbandingan antara jumlah penduduk dengan jumlahkendaraan bermotor yang ada. Hasil penelitian Departemen Perhubungan hingga tahun2005 menunjukkan, kesemrawutan transportasi dan polusi udara di Kota Semarang hanyakalah dengan Surabaya, Bandung, Bogor, dan Medan. Setelah Kota Semarang berturut-turut ditempati Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Palembang, dan Malang.Gambar. 1. Urban Heat Island Semarang pada tahun 1994Gambar. 2. Urban Heat Island Semarang pada tahun 2002Dari pengamatan secara spasial terlihat bahwa ada perluasan UHI. Analisa kuantiatif dengan statistik terhitung adanya perluasan UHI (daerah dengan suhu tinggi 30-35 0Cyangterletak pada kawasan terbangun yang terdiri dari pemukiman dan industri di Semarang pertahun kira-kira 12174 ha atau 8,4% (gambar 4.12).
 
Peta spasial klasifikasi penutup lahan Semarang tahun 1994 dan 2002 yangdiklasifikasikan dari data satelit Landsat ditunjukkan oleh gambar 4.10. dan 4.11. Darikenampakan spasial terlihat adanya perluasan wilayah pemukiman dan industri. Analisisstatistik pada gambar 4.13. menunjukkan adanya pertumbuhan kawasan terbangun diSemarang per tahun kurang lebih 1200 ha (0,83%), sedangkan kawasan vegetasi (hutan)mengalami pengurangan sebesar 381,85 ha (0.26%).B. PENYEBAB POLUSI UDARAPencemaran udara dibedakan menjadi pencemar primer dan pencemar sekunder.Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber  pencemaran udara. Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer.Pembentukan ozon dalam smog fotokimia adalah sebuah contoh dari pencemaran udarasekunder. Atmosfer merupakan sebuah sistem yang kompleks, dinamik, dan rapuh.Belakangan ini pertumbuhan keprihatinan akan efek dari emisi polusi udara dalamkonteks global dan hubungannya dengan pemanasan global, perubahan iklim dan deplesiozon di stratosfer.Beberapa kegiatan manusia yang dapat menimbulkan polusi udara adalah: Transportasi,Industri, Pembangkit listrik, Pembakaran (perapian, kompor, furnace, insinerator dengan berbagai jenis bahan bakar), Gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya seperti(CFC). Sumber alami seperti : Gunung berapi, Rawa-rawa, Kebakaran hutan, Nitrifikasidan denitrifikasi biologi. Sumber-sumber lain seperti : Transportasi, Kebocoran tangki,Timbulan gas metana dari lahan uruk/tempat pembuangan akhir sampah dan Uap pelarutorganik.1. Macam-macam polutana. Senyawa belerang berasal dari pembakaran batu bara b. Partikulat berasal dari pembakaran serat asbes, bijih besi, dan asbes yang hancur  biasanya berbentuk asapc. Karbondioksida berasal dari pembakaran bahan bakar dan hutan serta asap kendaraan bermotor.d. Klorofuosokarbon (CFC) berasal dari kebocoran gas lemari pendingin, bahan pelarutdan pengembang plastic busa.e. Nitrogen oksida berasal dari proses pembakaran dan pembentukan asap kabut fitokimia.f. Hydrogen karbon berasal mesin mobil dan penyedot udara.Pengoksida berasal darinitrogen oksida dan hidrokarbon dari mobil, contoh pengoksida adalah pereaksi asetitnitrat.2. Komponen penyebab polusi udara :a.. Karbon Dioksida (CO2)Karbon dioksida berasal dari pembakaran sempurna hidrokarbon di dalamnya termasuk minyak bumi dan gas alam. Sebagai contoh pembakaran oktana yang merupakan salahsatu komponen bensin dengan reaksi sebagai 16 CO2 (g) + 18 H2O (g).
 
Sebenarnya
 berikut :2 C8H18 (l) + 25 O2 (g) gas karbon dioksida tidak berbahaya bagimanusia. Namun, kenaikan kadar CO2 di udara telah mengakibatkan peningkatan suhu di permukaan bumi.Fenomena inilah yang disebut efek rumah kaca (green house effect). Efek rumah kacaadalah suatu peristiwa di alam dimana sinar matahari dapat menembus atap kaca, tetapisinar infra merah yang dipantulkan tidak bisa menembusnya. Sinar matahari yang tidak  bisa keluar itu tetap terperangkap di dalam rumah kaca dan mengakibatkan suhu di dalamrumah kaca meningkat. Seperti itu pula karbon dioksida di udaraa, ia dapat dilewati sinar ultraungu dan sinar tampak, tetapi menahan sinar inframerah yang dipantulkan dari bumi.Akibatnya suhu dipermukaan bumi naik jika kadar CO2 di udara naik. Kenaikan suhuglobal dapat mencairkan sungkup es di kutub. Akibat selanjutnya adalah kenaikan permukaan laut sehingga dapat membanjiri kota-kota pantai di seluruh dunia termasuk kota kita tercinta. b. Karbon Monoksida (CO)Gas karbon monoksida berasal dari pembakaran tak sempurna bahan bakar dalamkendaraan bermotor. Gas buang hasil pembakaran bensin dari kendaraan bermotor mengandung 10.000 sampai 40.000 ppm CO. Gas ini tidak berwarna dan tidak berbau,oleh karena itu, kehadirannya tidak segera diketahui. Gas itu bersifat racun, dapatmenimbulkan rasa sakit pada mata, saluran pernafasan, dan paru-paru. Bila masuk kedalam darah melalui pernafasan, CO bereaksi dengan hemoglobin dalam darahmembentuk 
COHb (karboksihemoglobin) dengan reaksi sebagai berikut : CO + HbCOHb Seperti kita ketahui, hemoglobin ini seharusnya bereaksi dengan oksigen menjadiO2Hb (oksihemoglobin) dan membawa oksigen yang diperlukan ke sel-sel jaringan tubuhdengan reaksi sebagai berikut : O2 O2Hb. Ikatan CO dengan Hb lebih kuat dibanding O2dengan Hb
+ Hb sehingga menghalangi fungsi vital Hb untuk membawa oksigen bagitubuh, yang berakibat tubuh kekurangan oksigen sehingga menimbulkan rasa sakit kepaladan gangguan pernafasan bahkan kematianc. Oksida Belerang (SO2 dan SO3)Senyawa-senyawa belerang yang bertindak sebagai zat pencemar yang berbahaya adalahgas-gasa SO2 dan SO3. Gas SO2 di atmosfer sebagian besar berasal dari hasil pembakaran minyak bumi dan batubara yang mengandung belerang, di samping ada jugayang berasal dari hasil oksidasi bijih-bijih sulfida di industri. Udara yang mengadungSO2 dalam kadar cukup tinggi dapat menyebabkan radang paru-paru dan tenggorokan pada manusia serta khlorosis (kepucatan) pada daun-daun. Oksidasi SO2 akanmenyebabkan terbentuknya SO3. SO3 bila bereaksi dengan uap air akan menyebabkanhujan asam (acid rain). pH air hujan yang mengandung oksida belerang akan turunmenjadi 3 – 4. Akibatnya timbul korosi logam-logam, kerusakan bangunan yang terbuatdari batu pualam dan memudarnya cat-cat pada lukisan. SO2 apabila terisap oleh pernafasan, akan bereaksi dengan air dalam saluran pernafasan dan membentuk asamsulfit yang akan merusak jaringan dan menimbulkan rasa sakit. Apabila SO3 yangterisap, maka yang terbentuk adalah asam sulfat, dan asam ini lebih berbahaya.d. Oksida Nitrogen (NO dan NO2)Dalam beberapa dasawarsa terakhir, jumlah kendaraan bermotor yang meningkat telahmenimbulkan sejenis pencemaran udara yang tidak pernah dialami oleh peradabansebelumnya. Pencemaran ini ditimbulkan oleh oksida nitrogen. Sumber utama oksidanitrogen adalah pembakaran bahan bakar dalam industri dan kendaraan bermotor.

Activity (280)

You've already reviewed this. Edit your review.
Hazby Trijati liked this
Arifin Rahman added this note
susah download gan buat yang gampang gampang aja gen
Sergio Hendra Auguero added this note
kerennnnnnnnnnnnnnnnn cuyyy tinggal copy paste buat tugas sekolah 11 ap 2 hahahah tenang cuyy
Adi Pamungkas liked this
Eko Suryanto liked this
Mutiara Audita liked this
Dyan Anggraeni liked this
zachranura liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->