Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
64Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karya Tulis Ilmiah Ismael, Amd. Kep

Karya Tulis Ilmiah Ismael, Amd. Kep

Ratings: (0)|Views: 3,479|Likes:
Published by Ismael, S. kep
KTI
KTI

More info:

Published by: Ismael, S. kep on Nov 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/01/2013

pdf

text

original

 
KARYA TULIS ILMIAH
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT TERHADAPPENATALAKSANAAN KLIEN PRILAKU BUNUH DIRIDI RSJ.Prof. Dr. HB. SA’ANINPADANG TAHUN
 
2009
Diajukan Untuk Memenuhi salah satu Dalam menyelesaikanPendidikanDiploma DIII Keperawatan Stikes Perintis Bukittinggi
OLEH :
ISMAEL
2061480
PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN STIKESPERINTIS BUKITTINGGI
1
 
TAHUN 2009
BAB IPENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
Keperawatan jiwa adalah proses interpersonal yang berupayauntuk meningkatkan dan mempertahankan prilaku yangmengkontribusi fungsi integrasi( stuard and sundeen, 1998). Pasienatau klien dapat berupaya individu, keluarga kelompok organisasiatau komonitas.Salah satu masalah yang dihadapi klien dalam keperawatanadalah prilaku bunuh diri, dan bentuk penyelesaian dari masalahprilaku bunuh diri adalah memberikan penatalaksanaan yangsesuai dengan kebutuhan klienBunuh diri adalah tindakan agresif yang merusak diri sendiridan dapat mengakiri kehiduapan. Di amerika serikat dilaporkan25.000 tindakan bunuh diri setiap tahun dan merupakan penyebatkematian yang kesebelas . Rasio kejadian bunuh diri antara priadan wanita adalah tiga berbanding satu ( Keliat budi Ana 1994 )Sedangkan Indonesia lebih dari 90% orang dewasa yangmengakhiri kehidupannya dengan bunuh diri mempunyai hubungandengan penyakit jiwa. Tiga gangguan jiwa yang dapat membuatindividu resiko untuk bunuh diri yaitu gangguan afektif,penyalahguaan zat, dan skizofrenia ( Stuard and Sundent, 1998 )
2
 
Bunuh diri merupakan kedaruratan psikiatri karena klienberada dalam keadaan stres yang tinggi dan menggunakan kopingyang Maladaptif. Selain itu bunuh diri merupakan tindakanintegritas merusak diri atau mengakiri kehidupan. Situasi gawatpada bunuh diri adalah saat ide bunuh diri timbul secara berulangtanpa rencana yang spesifik untuk bunuh diri.Dan ciri-ciri klien bunuh diri adalah pasien pernah mencobabunuh diri, keinginan bunuh diri dinyatakan keterangan-keteragan,klien cemas, klien baru mengalami kehilangan.Oleh karena itu, perawat harus memerlukan ciri karakteristisyang baik dan bagus dalam penatalaksaan klien dengan prilakubunuh diri. Karena Sebagai mana diketahui karakteristik adalahsalah satu aspek kepribadian yang menggambarkan suatu susunanbatin manusia yang nampak pada kelakuan dan perbuatan( Purwato heri, 2000 )Untuk itu upaya yang dilakukan oleh pemberi pelayanankesehatan adalah perawat harus ditingkatkan sumber dayamanusianya. Dengan melakukakan-melakukan penataran sertameningkatkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi agar sesuaidengan tangung jawab dan wewenang serta etika profesional yangsesui dengan perkembangan zaman yang selalu menuntutpelayanan kesehatan yang prima dalam mewujutkan hal tersebutdiperlukan teknik, sikap dalam penatalaksaan terhadap kliendengan prilaku bunuh diri.
3

Activity (64)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Pram Pramono liked this
Nilawati Andi liked this
Tutut Aphreelya liked this
Dangdang Mulyadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->