Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Brosur

Brosur

Ratings: (0)|Views: 1,954 |Likes:
Published by rossilover

More info:

Published by: rossilover on Nov 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
Brosur, pamflet, atau buklet adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satuhingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalamsekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, ataukawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisiUNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalamsatu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman,di luar perhitungan sampul.Di Inggris dari abad ke-16 hingga abad ke-18, istilah pamphlet digunakan untuk ringkasan risalah yang kontroversial mengenai topik-topik aktual, umumnya berhubungan dengan agama atau politik.~ Bentuk dan isiBila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dandilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah.Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran (bahasaInggris: leaflet, flier, atau flyer). Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan,fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan.Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudahdipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.Buklet sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halamanlebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil.Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secaralangsung.Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik, sering menyertakan buklet berisispesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan. Buklet yang menyertai barangelektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habisdibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD seringmenyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung
Pamflet / Buklet
Thursday, 16 April 2009 08:59 admin
 
Pamflet atau buklet
adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hinggasejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit.Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisiUNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalamsatu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman,di luar perhitungan sampul.Di Inggris dari abad ke-16 hingga abad ke-18, istilah pamphlet digunakan untuk ringkasan risalah yang kontroversial mengenai topik-topik aktual, umumnya berhubungan dengan agama atau politik.Bila terdiri dari satu halaman,
Pamflet atau buklet
umumnya dicetak pada kedua sisi,dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah.Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut
selebaran
(bahasaInggris:
leaflet 
,
 flier 
, atau
 flyer 
)
. Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai
katalog produk 
atau sering hanya disebut
katalog.
Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitasumum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasidalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahamidalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di ataskertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Pamflet atau buklet
sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil. Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik, sering menyertakan buklet berisispesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan. Buklet yang menyertai barangelektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habisdibaca dalam satu kali kesempatan.
 Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung.
ALAT PERAGA DAN PEMILIHAN ALAT PERAGA PENYULUHAN
Penyuluhan merupakan pendidikan non formal dimana sistem pendidikannya terprogramdi luar sekolah sehingga penyuluhan memerlukan perencanaan yang jelas mengenai
 
kegiatan yang akan dilaksanakan. Terkait dengan itu, pelaksanaan kegiatan penyuluhanselain menentukan topik atau materi penyuluhan yang akan diajarkan juga harusmemetapkan alat peraga penyuluhan yang sesuai dengan sasarannya serta persiapantentang sarana penyuluhan dalam hal ini adalah alat peraga penyuluhan dan pemilihanalat peraga tersebut guna membantu kelancaran kegiatan penyuluhan yang akandilaksanakan. Persiapan sarana penyuluhan terutama alat peraga sangat membantusasaran dalam menerima materi yang diajarkan oleh penyuluh.Oleh sebab itu, alat peraga sangat perlu di dalam penyuluhan. Pemilihan alat peraga iniharus disesuaikan dengan kondisi masyarakat sasarannya serta alat peraga ini juga akanmempengaruhi proses belajar dalam penyuluhan tersebut.
Alat Peraga Penyuluhan
Jahod Sumabrata mengemukakan bahwa alat-alat peraga adalah sesuatu (alat, benda)yang dapat dilihat untuk menjelaskan apa yang dimaksud. Tetapi di dalam praktek, alat peraga tidak selalu hanya merupakan sesuatu (alat, benda) yang dapat dilihat atau diamatidengan mata, melainkan seringkali juga alat atau benda yang dapat dilihat dan didengar (Departemen Kehutanan, 1996).Agak berbeda dengan pengertian tersebut, menurut Mardikanto (1985) mengartikan alat peraga sebagai berikut :
 Alat atau benda yang dapat diamati, diraba atau dirasakan olehindera manusia, yang berfungsi sebagai alat untuk memeragakan dan atau menjelaskanuraian yang disampaikan secara lisan oleh penyuluh guna membantu proses belajar mengajar sasaran penyuluhan agar materi penyuluhan lebih mudah diterima dandipahami oleh sasaran penyuluhan yang bersangkutan.
Penggunaan alat peraga dalam penyuluhan pertanian bukan saja merupakan suatukebutuhan melainkan suatu keharusan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalammenggunakan alat peraga adalah sebagai berikut :
Banyak konsep dalam bahan pengajaran pertanian yang memerlukan kesamaan persepsi dari pihak sasaran, sebab bila berbeda-beda maka akan menimbulkansalah tafsir dan salah tindakan untuk selanjutnya.
Dalam studi pertanian terdapat unsur-unsur yang proses bekerjanya sangat lambatsehingga sulit dilihat dengan mata, misalnya proses tumbuhnya sekumtum bunga, proses tumbuhnya akar dan sebagainya. Hal-hal seperti itu hanya dapat dipelajarilebih mudah dengan menggunakan alat peraga yang cocok untuk itu.
Di samping itu, ada pula hal-hal atau kejadian dalam studi pertanian yang proseskerjanya sangat cepat sehingga memerlukan bantuan alat peraga untuk mempelajarinya seperti penggunaan film atau film strip dan lain-lain. Misalnyaangin kencang merusak tanaman, serangan hama belalang yang merusak tanamandan sebagainya.
Dalam bidang pertanian sering terdapat benda-benda yang terlampau besar,sehingga sulit disediakan.

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dali Fah liked this
Dike d'Zanmaster liked this
Wong Kheng Leong liked this
Sudar So liked this
Fajri Ramdhani liked this
Lius Sitoto liked this
Ajeng_Dwi_2552 liked this
Cep Hedar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->