Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
7Activity
×
P. 1
pp nomor 6 tahun 2006 tentang pengelolaan barang milik negara atau daerah

pp nomor 6 tahun 2006 tentang pengelolaan barang milik negara atau daerah

Ratings: (0)|Views: 6,123|Likes:
Published by yahyapandega

More info:

Published by: yahyapandega on Nov 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 6 TAHUN 2006 TENTANGPENGELOLAAN BARANG MILIK NEGARA/DAERAHDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 48 ayat (2) danPasal 49 ayat (6) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004tentang Perbendaharaan Negara perlu menetapkan PeraturanPemerintah tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2.Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentangPerbendaharaan Negara (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4355);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENGELOLAANBARANG MILIK NEGARA/DAERAH.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.Barang milik negara adalah semua barang yang dibeliatau diperoleh atas beban APBN atau berasal dariperolehan lainnya yang sah.2.Barang milik daerah adalah semua barang yang dibeliatau diperoleh atas beban APBD atau berasal dariperolehan lainnya yang sah.3. Pengelola . . .
 
- 2 -
3.Pengelola barang adalah pejabat yang berwenang danbertanggungjawab menetapkan kebijakan dan pedomanserta melakukan pengelolaan barang miliknegara/daerah.4.Pengguna barang adalah pejabat pemegang kewenanganpenggunaan barang milik negara/daerah.5.Kuasa pengguna barang adalah kepala satuan kerja ataupejabat yang ditunjuk oleh pengguna barang untukmenggunakan barang yang berada dalam penguasaannyadengan sebaik-baiknya.6.Perencanaan kebutuhan adalah kegiatan merumuskanrincian kebutuhan barang milik negara/daerah untukmenghubungkan pengadaan barang yang telah laludengan keadaan yang sedang berjalan sebagai dasardalam melakukan tindakan yang akan datang.7.Penggunaan adalah kegiatan yang dilakukan olehpengguna barang dalam mengelola dan menatausahakanbarang milik negara/daerah yang sesuai dengan tugaspokok dan fungsi instansi yang bersangkutan.8.Pemanfaatan adalah pendayagunaan barang miliknegara/daerah yang tidak dipergunakan sesuai dengantugas pokok dan fungsi kementerian/lembaga/satuankerja perangkat daerah, dalam bentuk sewa, pinjampakai, kerjasama pemanfaatan, dan bangun serahguna/bangun guna serah dengan tidak mengubah statuskepemilikan.9.Sewa adalah pemanfaatan barang milik negara/daeraholeh pihak lain dalam jangka waktu tertentu danmenerima imbalan uang tunai.10.Pinjam pakai adalah penyerahan penggunaan barangantara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah danantar pemerintah daerah dalam jangka waktu tertentutanpa menerima imbalan dan setelah jangka waktutersebut berakhir diserahkan kembali kepada pengelolabarang.11.Kerjasama pemanfaatan adalah pendayagunaan barangmilik negara/daerah oleh pihak lain dalam jangka waktutertentu dalam rangka peningkatan penerimaan negarabukan pajak/pendapatan daerah dan sumberpembiayaan lainnya.12. Bangun . . .
 
- 3 -
12.Bangun guna serah adalah pemanfaatan barang miliknegara/daerah berupa tanah oleh pihak lain dengan caramendirikan bangunan dan/atau sarana berikutfasilitasnya, kemudian didayagunakan oleh pihak laintersebut dalam jangka waktu tertentu yang telahdisepakati, untuk selanjutnya diserahkan kembali tanahbeserta bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnyasetelah berakhirnya jangka waktu.13.Bangun serah guna adalah pemanfaatan barang miliknegara/daerah berupa tanah oleh pihak lain dengan caramendirikan bangunan dan/atau sarana berikutfasilitasnya, dan setelah selesai pembangunannyadiserahkan untuk didayagunakan oleh pihak laintersebut dalam jangka waktu tertentu yang disepakati.14.Penghapusan adalah tindakan menghapus barang miliknegara/daerah dari daftar barang dengan menerbitkansurat keputusan dari pejabat yang berwenang untukmembebaskan pengguna dan/atau kuasa penggunabarang dan/atau pengelola barang dari tanggung jawabadministrasi dan fisik atas barang yang berada dalampenguasaannya.15.Pemindah tanganan adalah pengalihan kepemilikanbarang milik negara/daerah sebagai tindak lanjut daripenghapusan dengan cara dijual, dipertukarkan,dihibahkan atau disertakan sebagai modal pemerintah.16.Penjualan adalah pengalihan kepemilikan barang miliknegara/daerah kepada pihak lain dengan menerimapenggantian dalam bentuk uang.17.Tukar-menukar adalah pengalihan kepemilikan barangmilik negara/daerah yang dilakukan antara pemerintahpusat dengan pemerintah daerah, antar pemerintahdaerah, atau antara pemerintah pusat/pemerintahdaerah dengan pihak lain, dengan menerima penggantiandalam bentuk barang, sekurang-kurangnya dengan nilaiseimbang.18.Hibah adalah pengalihan kepemilikan barang daripemerintah pusat kepada pemerintah daerah, daripemerintah daerah kepada pemerintah pusat, antarpemerintah daerah, atau dari pemerintahpusat/pemerintah daerah kepada pihak lain, tanpamemperoleh penggantian.19. Penyertaan . . .

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mudhofar Akhmad liked this
Aamri SE liked this
FaRiz Scycraper liked this
Mac Pelor liked this
Riza Munawir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->