Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas IPS : Keliping bencana alam

Tugas IPS : Keliping bencana alam

Ratings: (0)|Views: 4,267 |Likes:
Tugas IPS
Tugas IPS

More info:

Published by: Adjie Satryo Pamungkas on Nov 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
Kilat
Kilat
adalah sebuahdischarge elektrostatik alam yang kuat terjadi pada saat "thunderstorm". Pelepasan muatan listrik yang tiba-tiba dibarengi dengan pemancarancahayatampak dan bentuk radiasi elektromagnetik lainnya. Arus listrik yang melalui saluran dischrage dengan cepatmemanaskan dan mengembangkan udara menjadi sebuahplasma
 
, menciptakan gelombang shock akustrik (geledek 
 
) di atmosfer.Pada awal penyelidikan listrik melaluitabung Leydendan peralatan lainnya, sejumlah orang (Dr. Wall, Gray,Abbé Nollet) mengusulkan 'spark' skala kecil memiliki beberapa kemiripan dengan kilat.Benjamin Franklin
 
,yang juga menemukanlightning rod
 
,berusaha mengetes teori ini dengan menggunakan sebuah tiang yang didirikan diPhiladelphia. Selagi dia menunggu penyelesaian tiang tesebut. beberapa orang lainnya (DalibarddanDe Lors
 
) melakukan diMarlydiPerancis  apa yang kemudian dikenal sebagai eksperimen Philadelphia yang Franklin usulkan di bukunya.Franklin biasanya mendapatkan kredit untuk menjadi yang pertama mengusulkan eksperimen ini, karena dia tertarik dalamcuaca. (Diamencipatakan ilmumeteorologi.)Meskipun eksperimen dari masa Franklin menunjukkan bahwa kilat adalah sebuah discharge dari listrik statik, hanya ada sedikit peningkatandalam teori ini selama lebih dari 150 tahun. Pendorong untuk riset baru berasal dari bidangteknik tenaga: jalur transmisi tenagadigunakan dan teknisi ingin mengetahui lebih banyak tentang kilat. Meskipun
 sebabnya
diperdebatkan (dan masih berlanjut sampai sekarang), risetmenghasilkan banyak informasi baru tentang fenomena kilat, terutama jumlah arus dan energi yang terdapat.
Sestem peringatan diri
Matikan Listrik.
Bila berada ditempat yang terbuka segeralah pergi ke tempat yang aman (Rumah, warung, dan toko) .
Jangan berteduh di bawah pohon karna mukin saja pohon tersebut akan tumbang.Sumber: www.wikipedia.org/wiki/Bencana_alam.
Page
1
 
Banjir
Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Banjir
adalah peristiwa terbenamnyadaratan(yang biasanya kering) karena volumeair yang meningkat[1]. Banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibathujanbesar, peluapan air sungai
 
, atau pecahnya bendungansungai.Di banyak daerah yang gersang di dunia, tanahnya mempunyai daya serapan air yang buruk, atau jumlah curah hujan melebihi kemampuan tanahuntuk menyerap air. Ketika hujan turun, yang kadang terjadi adalah banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air kering denganair. Banjir semacam ini disebutbanjir bandang.
Penyebab utama
Hujanmonsundapat mengakibatkan banjir besar di negara-negara yang terletak di dekatkhatulistiwasepertiBangladesh
 
, karena panjangnyamusim hujan di sana.Badaijuga dapat menyebabkan banjir melalui beberapa cara, di antaranya melaluiombak besar yang tingginya bisa mencapai 8meter . Selain itu  badai juga adanyapresipitasiyang dikaitkan dengan peristiwa badai. Mata badai mempunyai tekanan yang sangat rendah, jadi ketinggianlaut  dapat naik beberapa meter pada mata guntur. Banjir pesisir seperti ini sering terjadi di Bangladesh.Gempa bumi dasar laut maupun letusan pulaugunung berapiyang membentuk kawah (sepertiTheraatauKrakatau
 
) dapat memicu terjadinyagelombang besar yang disebuttsunamiyang menyebabkan banjir pada daerah pesisir pantai.
Banjir besar pada masa prasejarah
Pada masa prasejarah, beberapa banjir besar diperkirakan pernah terjadi berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan, termasuk:
PembanjiranLaut Mediterania(Laut Tengah) sekitar 5 juta tahun lalu. Sebelumnya ia merupakan sebuah padang pasir setelah pergerakankontinental telah menutupSelat Gibraltar (antara 8 atau 5.5 juta tahun lalu).
PenbanjiranLaut Hitamyang disebabkan meningkatnya ketinggian Laut Mediterania seiring berakhirnyazaman esterkhir (sekitar 5600 SM).
Seiring berakhirnya zaman es diAmerika Utara,sebuah banjir besar terjadi karena pecahnya bendungan es yang menahanDanau Agassiz.
Banjir Missouladi Washington, juga karena pecahnya bendungan es.Sumber: www.wikipedia.org/wiki/Bencana_alam.
Page
2
 
Gempa bumi
Gempa bumi
adalah getaran yang terjadi permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakankerak bumi(lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.
Anatomi gempa bumi
Gempa bumi terjadi setiap hari di bumi, namun kebanyakan kecil dan tidak menyebabkan kerusakan apa-apa. Gempa bumi kecil juga dapatmengiringi gempa bumi besar, dan dapat terjadi sesudah, sebelum, atau selepas gempa bumi besar tersebut.
Intensitas
Gempa bumi diukur dengan menggunakan alat yang dinamakan Pengukur Richter. Gempa bumi dibagi ke dalam skala dari satu hingga sembilan berdasarkan ukurannya (skala Richter ). Gempa bumi juga dapat diukur dengan menggunakan ukuranSkala Mercalli.
Tipe gempa bumi
Gempa bumi tektonik 
Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempenganplat tektonik seperti layaknya gelang karetditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik.
Gempa bumi gunung berapi
Gempa bumi gunung berapi terjadi berdekatan dengangunung berapidan mempunyai bentuk keretakan memanjang yang sama dengan gempa bumi tektonik. Gempa bumi gunung berapi disebabkan oleh pergerakanmagmake atas dalam gunung berapi, di mana geseran pada batu-batuanmenghasilkan gempa bumi.Sumber: www.wikipedia.org/wiki/Bencana_alam.
Page
3

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ihwan Bekti liked this
Acoci Ci liked this
Elok Rayi liked this
Hamdan liked this
Puspita Syfazhar liked this
Akang Ekong liked this
Akang Ekong liked this
Denis Imoet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->