Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
thalak

thalak

Ratings: (0)|Views: 1,431|Likes:
Published by zulkifli_star

More info:

Published by: zulkifli_star on Nov 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/18/2011

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN 
Dalam suatu perkawinan terkadang ada ketidakcocokan antar pasangan satusama lainnya terkadang ketidakcocokan tersebut menimbulkan adanya perceraian atauthalak. Thalak adalah perbuatan yang dibolehkan namun dibenci Allah Swt.Pada makalah ini kami akan membahas tentang thalak yang berisikantentang pengertian thalak, syarat-syarat dibolehkannya thalak, macam-macam bentuk thalak dan hukum terhadap thalak tersebut.Dengan makalah ini semoga kita dapat memahami apa sebenarnya perceraian tersebut. Dan kita dapat mengambil pelajaran. Pada bab kedua ini kamiakan membahas tentang thalak dengan lebih rinci. 
 
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Thalak 
Thalak menurut bahasa berarti melepaskan atau meninggalkan. Danmenurut istilah agama, thalak artinya melepaskan ikatan perkawinan atau putusnya hubungan perkawinan (suami-istri) dengan mengucapkan secarasukarela ucapan thalak kepada istrinya, dengan kata-kata yang jelas ataupundengan kata-kata sindiran.Tujuan pernikahan itu adalah:1.
 
Untuk hidup dalam pergaulan yang sempurna.2.
 
Suatu jalan yang amat mulia untuk mengatur rumah tangga dan keturunan.
 
3.
 
Sebagai suatu tali yang amat teguh guna memperkokoh tali persaudaraan antar kaum.Kerabat perempuan (istri) sehingga pertalian itu akan menjadi suatu jalanyang membawa satu kaum (golongan) untuk menolong dengan kaum yanglainnya.Apabila pergaulan kepada suami istri tidak dapat mencapai tujuan-tujuantersebut, maka hal itu akan mengakibatkan berpisahnya dua keluarga. Karenatidak adanya kesepakatan antara suami istri, maka dengan Allah Swt, dibuka-Nyasuatu jalan keluar dari segala kesukaran itu, yakni pintu perceraian. Mudah-mudahan dengan adanya jalan keluar itu terjadi ketertiban dan ketentraman antarakedua belah pihak dan supaya masing-masing dapat mencari pasangan yang dapatmencapai apa yang dicita-citakan.Apalagi bila perselisihan suami istri itu menimbulkan permusuhan,menanam bibit kebencian antara keduanya atau terhadap kaum kerabat mereka,sehingga tidak ada jalan lain, sedangkan ikhtiar untuk perdamaian tidak dapatdisambung lagi, maka thalak (perceraian) itulah jalan satu-satunya yang menjadi pemisah antara mereka, sebab menurut asalnya hukum thalak itu makruh adanya, berdasarkan hadits Nabi Muhammad Saw, berikut ini: 

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
daawie liked this
0benk liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->