Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
228Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
aplikasi metode numerik dengan metode simpson

aplikasi metode numerik dengan metode simpson

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 19,644|Likes:
Published by hadixyz
pengaplikasian metode numerik dengan menggunakan aturan-aturan simpson
pengaplikasian metode numerik dengan menggunakan aturan-aturan simpson

More info:

Published by: hadixyz on Nov 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/16/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan kemajuan zaman,maka diperlukan suatu produk dengan ketelitian dan akurasi tinggi, danwaktu pengerjaan yang singkat. Begitu juga dengan permasalahan dalam bidang ilmu pengetahuan fisika murni maupun terapan, bidang rekayasateknik metalurgi, mesin, elektro, sipil dan lain-lain dituntut hal yang sama,dimana dalam suatu perhitungan dengan data numerik membutuhkanketelitian dan akurasi yang cukup baik. Pada saat teknologi informasi belum ada atau boleh dikatakan belum maju pesat, para praktisi dan profesional di bidang rekayasa teknik dan sain menganalisa dengan perhitungan manual. Simplifikasi digunakan dimana struktur yang sangatkompleks disederhanakan menjadi struktur yang lebih sederhana. Artinyaakan terjadi perbedaan dari suatu permodelan dengan kondisi aktual. Halini dilakukan untuk menghindari kesulitan dalam analisa.Adanya perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat padasaat ini mendorong para praktisi untuk mengembangkan cara baru agar  pekerjaan analisa dapat dilakukan dengan lebih baik dan lebih efektif.Metode kalkulasi dengan matriks dapat dilakukan dengan mudahmenggunakan teknologi informasi. Sudah banyak persoalan di bidangteknik maupun sain yang dapat diselesaikan dengan menggunakan permodelan matematika. Sering kali permodelan matematika tersebutmuncul dalam bentuk yang tidak ideal, sehingga tidak dapat diselesaikandengan menggunakan metode analitik untuk mendapatkan solusi sejatinya(exact solution).
1
 
Jika persoalan-persoalan yang kita hadapi tidak dapat diselesaikandengan metode permodelan matematika metode analitik menggunakandalil-dalil kalkulus, maka solusinya dapat diperoleh dengan metodenumerik. Metode numerik secara harfiah berarti suatu cara berhitungdengan menggunakan angka-angka, sedangkan secara istilah metodenumerik adalah teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalanmatematik sehingga dapat diselesaikan dengan operasi aritmatika biasa.Dengan menggunakan metode numerik, solusi exact dari persoalanyang dihadapi tidak akan diperoleh. Metode numerik hanya bisamemberikan solusi yang mendekati atau menghampiri solusi sejatisehingga solusi numerik dinamakan juga solusi hampiran ( approximationsolution). Pendekatan solusi ini tentu saja tidak tepat sama dengan solusisejati, sehingga ada selisih antara keduanya. Solusi tersebut disebut solusigalat (error). Semakin kecil galat yang diperoleh berarti semakin dekatsolusi hampiran yang diperoleh dengan solusi sejatinya.
1.2
Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk mempermudah pemahaman prinsip dasar mengenai integrasi numerik khususnya denganmenggunakan Aturan Simpson sehingga dalam pengaplikasiannya dilapangan menjadi lebih mudah dan akurat.
2
 
BAB IILANDASAN TEORI
2.1 Integrasi Numerik Gambar 1 Integral Suatu Fungsi
Integral suatu fungsi adalah operator matematik yangdipresentasikan dalam bentuk:
dx x  f   I 
∫ =
 ba
)(
dan merupakan integral suatu fungsi
 f 
(
 x
) terhadap variabel
 x
dengan batas-batas integrasi adalah dari
 x
=
a
sampai
 x
=
b
. Seperti pada Gambar 1 dan persamaan di atas yang dimaksud dengan integral adalah nilai totalatau luasan yang dibatasi oleh fungsi
 f 
(
 x
) dan sumbu-
 x
, serta antara batas
 x
=
a
dan
 x
=
b
. Dalam integral analitis, persamaan (7.1) dapat diselesaikanmenjadi:
3

Activity (228)

You've already reviewed this. Edit your review.
Bekti Afre Ratri liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
climhazardslash liked this
Suci Wahyuni liked this
stevenyang28 liked this
Iloan Manalu liked this
Irham Ramadhani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->