Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Flora & Fauna

Flora & Fauna

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 6,517 |Likes:
Published by neutralized4athing

More info:

Published by: neutralized4athing on Nov 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

 
Jamuju Flora Identitas kabupaten Purwakarta
Thursday, 05 March 2009 09:22 administrator JAMUJU (Dacrycarpus imbricatus (Blume) deLaubenf.)Jamuju merupakan tumbuhan asli Indonesia.Daerah perse-baran Jamuju cukup luas yaitu mulaidari Cina bagian sela-tan, Indo-China, Sri Lanka,Thailand, Malesia sampai Fiji. Kayu Jamujumempunyai se-rat yang indah dan halus se-hinggasangat bagus untuk ba-han pembuatan mebel,rangka papan dan peralatan pertukangan. Namunkadang-kadang pohon Jamuju dapat puladimanfaatkan sebagai tanaman hias.
JAMUJU
(Dacrycarpus imbricatus (Blume) deLaubenf.) Nama lain : Kayu embun, cemba-cembaSuku : Podocarpaceae
Latar Belakang
Jamuju merupakan tumbuhan asli Indonesia. Daerah perse-baran Jamuju cukup luas yaitu mulaidari Cina bagian sela-tan, Indo-China, Sri Lanka, Thailand, Malesia sampai Fiji. Kayu Jamujumempunyai se-rat yang indah dan halus se-hingga sangat bagus untuk ba-han pembuatan mebel,rangka papan dan peralatan pertukangan. Namun kadang-kadang pohon Jamuju dapat puladimanfaatkan sebagai tanaman hias.Di daerah Kabupaten Purwakarta terutama di daerah-daerah dataran tinggi yang berhutan dapatditemukan pohon Jamuju. Namun penduduk masih mengambil dan menebang pohon Jamuju dialam dan belum melakukan usaha pembudidayaannya. Oleh karena itu untuk melestarikan danmeningkatkan pengembangan Jamuju maka dipilihlah Jamuju sebagai flora identitas daerahKabupaten Pur-wakarta.
Pertelaan
Pohon berumah dua, tinggi mencapai 50 m dengan garis tengah batang 75 cm. Kulit batang kasar dan berlentisel, coklat tua atau kehitaman, kulit bagian dalam pink sampai coklat kemerahan.Daun tersusun spiral, lanset dan menyerupai sisik-sisik yang saling menutupi. Daun mudanyamenyebar dan menyerupai kulit. Reseptakel merah apabila masak. Biji soliter, berdaging, denganinvolukrum dari daun yang memanjang runcing pada bagian pangkal, awalnya berwarna orangekemudian jadi merah atau ungu dan akhirnya berubah coklat.
 
Mangga Indramayu Flora Identitas Kabupaten Indramayu
Thursday, 05 March 2009 09:09 administrator MANGGA INDRAMAYU (Mangifera indica L.kultivar ‘Indramayu’)Buah Mangga Indramayu mempunyaikeistimewaan tersendiri apabila dibandingkandengan buah mangga lainnya. Hal ini disebabkankarena buah Mangga Indramayu lebih enak dimakan sewaktu belum masak betul (hampir masak). Biasanya buah yang mendekati (hampir)masak, daging buah berwarna kekuningan dengantekstur yang kenyal serta rasanya yang manissedikit asam sangat cocok untuk dimakan mentahatau dibuat rujak.
MANGGA INDRAMAYU
(
Mangifera indica
L.kultivar ‘Indramayu’) Nama lain : -Suku : Anacardiaceae
Latar Belakang
Buah Mangga Indramayu mempunyai keistimewaan tersendiri apabila dibandingkan dengan buah mangga lainnya. Hal ini disebabkan karena buah Mangga Indramayu lebih enak dimakansewaktu belum masak betul (hampir masak). Biasanya buah yang mendekati (hampir) masak,daging buah berwarna kekuningan dengan tekstur yang kenyal serta rasanya yang manis sedikitasam sangat cocok untuk dimakan mentah atau dibuat rujak. Oleh karena itu Mangga Indramayucukup banyak penggemarnya terutama untuk dimakan mentah ataupun setelah masak.Mangga Indramayu juga mempunyai daerah persebaran yang sangat terbatas yaitu di daerahKabupaten Indramayu dan sekitarnya. Oleh sebab itu untuk melestarikan dan mengembangkanMangga Indramayu maka dipilihlah mangga ini sebagai flora identitas daerah KabupatenIndramayu.Mangga (
Mangifera indica
L.) berasal dari kawasan Indo-Burma. India tercatat telah menanam pohon mangga ribuan tahun yang lalu.
Pertelaan
Pohon tinggi mencapai 25 m dengan diameter batang 80 cm. Kulit batang abu-abu kecoklatandan berlekah membujur. Daun tunggal, jorong sampai lanset dan kaku. Perbungaan malai diujung-ujung cabang, bunga-bunganya padat, kuning kehijauan. Buah bulat lonjong, kulit buahkuning kehijauan, daging buah kekuningan dan rasanya cukup manis namun berserat. Biji satudengan endokarpium di dalamnya.
 
Ekologi
Tumbuh di dataran rendah dengan musim kering lebih dari 3 bulan. pH tanah yang disukai untuk  pertumbuhannya adalah 5,5 – 7.
Pembudidayaan
Mangga Indramayu pada umumnya ditanam di pekarangan dan di kebun-kebun. Perbanyakan biasanya dilakukan dengan cara mengecambahkan biji atau cangkok. Namun untuk kepentingankomersial sering kali dilakukan dengan cara pertunasan dan enten.
Maja Flora Identitas Kabupaten Majalengka
Thursday, 05 March 2009 08:45 administrator MAJA (Crescentia cujete L.)Maja merupakan salah satu jenis pohon yangdikeramatkan oleh penganut agama Hindu. Dalamupacara pemujaan dewa Siwa, daun Majamerupakan salah satu bagian yang dipergunakandalam upacara tersebut. Tanaman ini biasanyaditanam di halaman atau kebun dan taman-taman.Tanaman Maja juga dianggap merupakan simboldari kesuburan yang diartikan sebagai pemberiharapan baik atau keselamatan.
MAJA
(
Crescentia cujete
L.) Nama lain : Sikadal, bernuk, buah noSuku : Bignoniaceae
Latar Belakang
Maja merupakan salah satu jenis pohon yang dikeramatkan oleh penganut agama Hindu. Dalamupacara pemujaan dewa Siwa, daun Maja merupakan salah satu bagian yang dipergunakan dalamupacara tersebut. Tanaman ini biasanya ditanam di halaman atau kebun dan taman-taman.Tanaman Maja juga dianggap merupakan simbol dari kesuburan yang diartikan sebagai pemberiharapan baik atau keselamatan.Maja berasal dari Amerika tropika dan kemudian menyebar luas hampir di seluruh daerah tropistermasuk Indonesia. Tanaman ini didatangkan ke Jawa sebagai akibat dari perkembangankerajaan Hindu di Jawa. Namun sekarang ini penduduk menanam Maja untuk dimanfaatkansebagai tanaman pagar (pembatas) ataupun tanaman hias. Sedangkan buah Maja biasanyadimanfaatkan untuk tempat mengambil air (gayung) dengan cara membersihkan isi bagiandalam buah yang tua. Setelah bersih, buah digantung dan diasapi sampai kulit buahnya menjadikeras.Saat ini keberadaan Maja (khususnya di Jawa) sudah jarang dapat ditemukan. Hal ini antara lain

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Riezka Pramana Poetrrii added this note
terimakasih sudah ngebantu nyelesaiin tugas plh sya :)
Nita Yuniarsih liked this
Anissa Nurhayati liked this
Tono Suwartono liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->