Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Panduan Joomla

Panduan Joomla

Ratings: (0)|Views: 48|Likes:
Published by faaqihgroup

More info:

Published by: faaqihgroup on Nov 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2010

pdf

text

original

 
 Hivos ICT Trajectory – Panduan Joomla1
 
Panduan Content Management System - Joomla
 Materi yang disusun untuk kebutuhan ICT Trajectory untuk partner-partner Hivos ini bolehdigunakan, dimodifikasi dan disebarluaskan secara bebas, di bawah aturan Creative Common License. Semua langkah dalam panduan ini sudah diujicoba, namun ada kemungkinan terdapat perbedaantampilan karena bahasa atau versi yang digunakan.
Bab I Tentang Joomla
Content Management System (CMS), adalah sebuah aplikasi berbasis web (web- based application) yang memungkinkan setiap orang membuat danmengembangkan sebuah situs dinamis, tanpa perlu memahami bahasapemrograman. Atau, secara sederhana, CMS adalah aplikasi membuat web dinamissecara mudah.Sedangkan Joomla adalah sebuah CMS yang multi-purpose atau memiliki banyak fungsi. Dibandingkan dengan CMS seperti Wordpress, Joomla memiliki lebih banyak fitur dan fungsi. Konsekuensinya, Joomla lebih rumit dan sulitdiaplikasikan.Joomla adalah pengembangan dari Mambo, sebuah CMS yang sudah ditinggalkanpara pengembangnya karena Mambo yang awalnya berbasis komunitas hendak diubah menjadi aplikasi komersil.Kelebihan Joomla adalah:
 
Memiliki banyak fitur all-in-one dalam satu CMS.
 
Memiliki banyak plugins atau fitur tambahan yang bisa di-download secaramudah dan gratis.
 
Memiliki dukungan dokumentasi yang baik.Sedangkan kekurangan Joomla:
 
Sulit dipahami bagi pemula.
 
Jarang sekali penyedia layanan hosting gratis seperti wordpress.com atau blogspot.com untuk aplikasi Joomla. Peminat Joomla harus memiliki hostingdan domain tersendiri dalam ukuran yang relatif besar.
 
Complicated.Seperti CMS lain, Joomla terdiri dua bagian. Yakni Front End dan Back End. FrontEnd adalah tampilan website kita yang nantinya akan dilihat oleh para usersedangkan Back End adalah tempat “dapur” kita dalam mengolah (edit, link, insert,update, dan sebagainya) untuk disajikan di Front End.
Bab II Instalasi dan Pengaturan Joomla A.
 
 Alat dan Bahan
Sebelum membuat sebuah situs menggunakan Joomla, ada beberapa hal yangharus disiapkan. Di antaranya:1.
 
Komputer. Tentu saja ;)2.
 
Browser. Aplikasi untuk membuka web, misalnya Internet Explorer, MozillaFirefox, Safari, Opera, Lynx dan lain sebagainya.
 
 Hivos ICT Trajectory – Panduan Joomla2
 
3.
 
 Account hosting. Anda harus memiliki sebuah account hosting dengankapasitas minimal 10MB. Untuk memudahkan, alternatifnya menggunakanXAMPP, software untuk menjadikan komputer Anda sebagai web server.Sehingga Anda tidak perlu bekerja secara online. Dalam XAMPP, sudahtermasuk Apache, PHP dan MySql.4.
 
Koneksi Internet. Agar proses upload dan setting Joomla berjalan lancar,pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil. Tidak perlu koneksi yangcepat, yang penting tidak terputus-putus.5.
 
Software File Transfer Protocol (FTP), bisa menggunan FileZilla, dan lainsebagainya. Software ini digunakan untuk meng-upload file ke hosting.6.
 
File Joomla. Bisa di-download di www.joomla.org.7.
 
Software Extract Tool, misalnya 7zip (http://7zip.org), WinRar(www.winrar.com) dan lain sebagainya. Software ini digunakan untuk mengekstrak file.8.
 
Software teks editor. Bisa Notepad, Wordpad, TextEdit atau program sejenislainnya. Biasanya sudah ada dalam setiap sistem operasi.9.
 
Camilan, rokok, minuman dan aneka kebutuhan pribadi. Mengapa perludipersiapkan juga? Karena dalam proses mengutak-atik situs, sekalikonsentrasi kita terpecah akibat lapar atau haus, akan sulit membangunmood lagi. Jangan lupa juga pergi ke kamar kecil untuk membereskan urusan Anda sebelum mulai mengerjakan situs.
B.
 
Instalasi dan Memasang Template Joomla
Tahap pertama, adalah menginstal Joomla dalam web server Anda. Dowanload danekstrak Joomla di folder htdocs. Kemudian buka browser dan ketikkanhttp://localhost/joomla. Akan muncul halaman pre-isnstallation check.Pengguna Windows akan menemui celah keamanan karena standar Windows yanglemah, yakni akses direktori Joomla masih writeable. Klik Next untuk memulai.
 
 Hivos ICT Trajectory – Panduan Joomla3
 
Lisensi Joomla akan muncul, klik Next bila menyetujui. Muncul sebuah halaman yangmemungkinkan Anda mengatur database.Masukkan semua kolom sesuai dengan yang Anda buat sebelumnya di phpmyadmin.Untuk mysql table prefix biarkan saja jos_ untuk indentifikasi jenis table dalamdatabase.Pilihan standar adalah install sample data, jika sudah punya situs joomla sebelumnya didatabase yang sama dan ingin membackup database-nya maka pilih Drop existingtables dan backup old tables. Klik Next. Akan muncul halaman konfirmasi.Jika OK, Anda akan dihadapkan pada halaman identitas Joomla.Beri judul situs dan klik Next. Halaman langkah ketiga akan terbuka, yakni pengaturanURL, Path (direktori instalasi Joomla), email account, dan password. Biarkan file dandirektori permission seperti bawaan Joomla. Klik Next untuk menyelesaikan instalasiJoomla.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->