Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
79Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ALIRAN SYIAH

ALIRAN SYIAH

Ratings: (0)|Views: 8,887 |Likes:
Published by ZULMASRI

More info:

Published by: ZULMASRI on Nov 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2013

pdf

text

original

 
Apakah syiah itu ?
Syiah adalah aliran sempalan dalam Islam dan Syiah merupakan salah satu darisekian banyak aliran-aliran sempalan dalam Islam.Sedangkan yang dimaksud dengan aliran sempalan dalam Islam adalah aliran yangajaran-ajarannya menyempal atau menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnyayang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW, atau dalam bahasa agamanya disebutAhli Bid’ah.Selanjutnya oleh karena aliran-aliran Syiah itu bermacam-macam, ada aliran SyiahZaidiyah ada aliran Syiah Imamiyah Itsna Asyariah ada aliran Syiah Ismailiyah dll,maka saat ini apabila kita menyebut kata Syiah, maka yang dimaksud adalah aliranSyiah Imamiyah Itsna Asyariah yang sedang berkembang di negara kita dan berpusatdi Iran atau yang sering disebut dengan Syiah Khumainiyah.Hal mana karena Syiah inilah yang sekarang menjadi penyebab adanya keresahan dan permusuhan serta perpecahan didalam masyarakat, sehingga mengganggu danmerusak persatuan dan kesatuan bangsa kita.Tokoh-tokoh Syiah inilah yang sekarang sedang giat-giatnya menyesatkan umatIslam dari ajaran Islam yang sebenarnya.
Kapan Syi’ah Muncul?Syi’ah sebagai pengikut Ali bin Abi Thalib a.s. (imam pertama kaum Syi’ah) sudahmuncul sejak Rasulullah SAWW masih hidup. Hal ini dapat dibuktikan denganrealita-realita berikut ini:Pertama, ketika Rasulullah SAWW mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengajak keluarga terdekatnya masuk Islam, ia berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kalian yang siap untuk mengikutiku, maka ia akan menjadi penggantidan washiku setelah aku meninggal dunia”. Tidak ada seorang pun di antara merekayang bersedia untuk mengikutinya kecuali Ali a.s. Sangat tidak masuk akal jikaseorang pemimpin pergerakan –di hari pertama ia memulai langkah-langkahnya– memperkenalkan penggantinya setelah ia wafat kepada orang lain dan tidak memperkenalkanya kepada para pengikutnya yang setia. Atau ia mengangkatseseorang untuk menjadi penggantinya, akan tetapi, di sepanjang masa aktifnya pergerakan tersebut ia tidak memberikan tugas sedikit pun kepada penggantinya danmemperlakukannya sebagaimana orang biasa. Keberatan-keberatan di atas adalah bukti kuat bahwa Imam Ali a.s. setelah diperkenalkan sebagai pengganti dan washiRasulullah SAWW di hari pertama dakwah, memiliki misi yang tidak berbeda denganmissi Rasulullah SAWW dan orang yang mengikutinya berarti ia juga mengikutiRasulullah SAWW.Kedua, berdasarkan riwayat-riwayat mutawatir yang dinukil oleh Ahlussunnah danSyi’ah, Rasulullah SAWW pernah bersabda bahwa Imam Ali a.s. terjaga dari setiap
 
dosa dan kesalahan, baik dalam ucapan maupun perilaku. Semua tindakan dan perilakunya sesuai dengan agama Islam dan ia adalah orang yang paling tahu tentangIslam.Ketiga, Imam Ali a.s. adalah sosok figur yang telah berhasil menghidupkan Islamdengan pengorbanan-pengorbanan yang telah lakukannya. Seperti, ia pernah tidur diatas ranjang Rasulullah SAWW di malam peristiwa lailatul mabit ketika RasulullahSAWW hendak berhijrah ke Madinah dan kepahlawannya di medan perang Badar,Uhud, Khandaq dan Khaibar. Seandainya pengorbanan-pengorbanan tersebut tidak  pernah dilakukannya, niscaya Islam akan sirna di telan gelombang kebatilan.Keempat, peristiwa Ghadir Khum adalah puncak keistimewaan yang dimiliki olehImam Ali a.s. Sebuah peristiwa –yang seandainya dapat direalisasikan sesuai dengankehendak Rasulullah SAWW– akan memberikan warna lain terhadap Islam.Semua keistimewaan dan keistimewaan-keistimewaan lain yang diakui olehAhlussunnah bahwa semua itu hanya dimiliki oleh Imam Ali a.s. secara otomatisakan menjadikan sebagian pengikut Rasulullah SAWW yang memang mencintaikesempurnaan dan hakikat, akan mencintai Imam Ali a.s. dan lebih dari itu, akanmenjadi pengikutnya. Dan tidak menutup kemungkinan bagi sebagian pengikutnyayang memang memendam rasa dengki di hati kepada Imam Ali a.s., untuk membencinya meskipun mereka melihat ia telah berjasa dalam mengembangkan danmenjaga Islam dari kesirnaan.
 Apa arti kata Syiah menurut bahasa ?
Kata Syiah berasal dari bahasa Arab yang artinya pengikut, juga mengandung makna pendukung dan pecinta, juga dapat diartikan kelompok.Sebagai contoh : Syiah Muhammad artinya pengikut Muhammad atau pecintaMuhammad atau kelompok Muhammad.Oleh karena itu dalam arti bahasa, Muslimin bisa disebut sebagai SyiahnyaMuhammad bin Abdillah SAW dan pengikut Isa bisa disebut sebagai Syiahnya Isaalaihis salam.Kemudian perlu diketahui bahwa di zaman Rasulullah SAW Syiah-syiah ataukelompok-kelompok yang ada sebelum Islam, semuanya dihilangkan oleh RasulullahSAW, sehingga saat itu tidak ada lagi Syiah itu dan tidak ada Syiah ini.Hal mana karena Rasulullah SAW diutus untuk mempersatukan umat dan tidak diutusuntuk membuat kelompok-kelompok atau syiah ini syiah itu.Allah berfirman :
اوقرفت ل عيمج ا بح اومصا )نارمعا:١۰٣(
 “ Dan berpegang teguhlah kalian semuanya kepada tali (agama) Allah dan janganlahkalian bercerai berai (berkelompok-kelompok).”
 
Tapi setelah Rasulullah SAW wafat, benih-benih perpecahan mulai ada, sehingga saatitu ada kelompok-kelompok atau syiah-syiah yang mendukung seseorang, tapisifatnya politik.Misalnya sebelum Sayyidina Abu Bakar di baiat sebagai Khalifah, pada waktu itu adasatu kelompok dari orang-orang Ansor yang berusaha ingin mengangkat Saad binUbadah sebagai Khalifah. Tapi dengan disepakatinya Sayyidina Abu Bakar menjadiKhalifah, maka bubarlah kelompok tersebut.Begitu pula saat itu ada kelompok kecil yang berpendapat bahwa Sayyidina Ali lebih berhak menjadi Khalifah dengan alasan karena dekatnya hubungan kekeluargaandengan Rasulullah SAW. Tapi dengan baiatnya Sayyidina Ali kepada Khalifah AbuBakar, maka selesailah masalah tersebut.Oleh karena dasarnya politik dan bukan aqidah, maka hal-hal yang demikian ituselalu terjadi, sebentar timbul dan sebentar hilang atau bubar.Begitu pula setelah Sayyidina Ali dibaiat sebagai Khalifah, dimana saat ituMuawiyah memberontak dari kepemimpinan Kholifah Ali, maka hal yang semacamitu timbul lagi, sehingga waktu itu ada kelompok Ali atau Syiah Ali dan adakelompok Muawiyah atau syiah Muawiyah.Jadi istilah syiah pada saat itu tidak hanya dipakai untuk pengikut atau kelompok Imam Ali saja, tapi pengikut atau kelompok Muawiyah juga disebut Syiah.Argumentasi tersebut diperkuat dengan apa yang tertera dalam surat perjanjian atauSohifah At-tahkim antara Imam Ali dengan Muawiyah, dimana dalam perjanjiantersebut disebutkan:
مهعيش نيفس ىا  ةع ط ىا  ى ي ىضت  اذ ( ةعيا ذ وا )
 Ini adalah apa yang telah disepakati oleh Ali bin Abi Talib dan Muawiyah bin AbiSufyan dan kedua Syiah mereka.(Ushul Mazhab Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah)Dengan demikian penyebutan kata syiah pada saat itu memang sudah ada, tetapihanya dalam arti bahasa dan dasarnya hanya bersifat politik dan bukan landasanaqidah atau mazhab.Adapun aqidah para sahabat saat itu, baik Imam Ali dan kelompoknya maupunMuawiyah dan kelompoknya, mereka sama-sama mengikuti apa-apa yang dikerjakandan diajarkan oleh Rasulullah SAW.Hal ini dikuatkan oleh keterangan Imam Ali, dimana dalam suratnya kepada AhliAmsor, beliau menceritakan mengenai apa yang terjadi antara beliau (Imam Ali)dengan Ahli Syam (Muawiyah) dalam perang Siffin sbb:
،دا يب ،دا  نا رظا ،ا ا  وا يا ا را ءد نك تو 

Activity (79)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arez Hidayat liked this
Rpl Bae Suzy liked this
Annie LockHeart liked this
Mulyono Yono liked this
Wan Faridah liked this
junijingga liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->