Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Navigasi: Resection

Navigasi: Resection

Ratings: (0)|Views: 357 |Likes:
Published by muhamadsodik

More info:

Published by: muhamadsodik on Nov 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

 
Resection
Prinsip resection adalah menentukan posisi kita dipeta dengan menggunakan dua ataulebih tanda medan yang dikenali. Teknik ini paling tidak membutuhkan dua tanda medanyang terlihat jelas dalam peta dan dapat dibidik pada medan sebenarnya (untuk latihanresection biasanya dilakukan dimedan terbuka seperti kebun teh misalnya, agar tandamedan yang ekstrim terlihat dengan jelas).Tidak setiap tanda medan harus dibidik, minimal dua, tapi posisinya sudah pasti.Langkah-langkah melakukan resection:1. Lakukan orientasi peta2. Cari tanda medan yang mudah dikenali di lapangan dan di peta, minimal 2 buah3. Dengan busur dan penggaris, buat salib sumbu pada tanda-tanda medan tersebut(untuk alat tulis paling ideal menggunakan pensil mekanik-B2).4. Bidik tanda-tanda medan tersebut dari posisi kita dengan menggunakan kompasbidik. Kompas orienteering dapat digunakan, namun kurang akurat.5. Pindahkan sudut back azimuth bidikan yang didapat ke peta dan hitung sudutpelurusnya. Lakukan ini pada setiap tanda medan yang dijadikan sebagai titik acuan.6. Perpotongan garis yang ditarik dari sudut-sudut pelurus tersebut adalah posisi kitadipeta.
Intersection
Prinsip intersection adalah menentukan posisi suatu titik (benda) di peta denganmenggunakan dua atau lebih tanda medan yang dikenali di lapangan. Intersectiondigunakan untuk mengetahui atau memastikan posisi suatu benda yang terlihatdilapangan tetapi sukar untuk dicapai atau tidak diketahui posisinya di peta. Syaratnya,sebelum intersection kita sudah harus yakin terlebih dahulu posisi kita dipeta. Biasanyasebelum intersection, kita sudah melakukan resection terlebih dahulu.Langkah-langkah melakukan intersection adalah:1. Lakukan orientasi peta2. Lakukan resection untuk memastikan posisi kita di peta.3. Bidik obyek yang kita amati4. Pindahkan sudut yang didapat ke dalam peta5. Bergerak ke posisi lain dan pastikan posisi tersebut di peta. Lakukan langkah 1-36. Perpotongan garis perpanjangan dari dua sudut yang didapat adalah posisi obyekyang dimaksud.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fitriani_9740637 liked this
Ahmad Sidiq liked this
Zendy Aprio liked this
Dori Sepnita liked this
Mitayani Maulida liked this
Agung Rahadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->