Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP 61 tahun 2009

PP 61 tahun 2009

Ratings: (0)|Views: 2,934 |Likes:
Published by topixidayat
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 61 TAHUN 2009
TENTANG
KEPELABUHANAN
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 61 TAHUN 2009
TENTANG
KEPELABUHANAN

More info:

Published by: topixidayat on Nov 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2011

pdf

text

original

 
pelayaran . . .PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 61 TAHUN 2009 TENTANGKEPELABUHANANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 78, Pasal 89,Pasal 95, Pasal 99, Pasal 108, Pasal 112 ayat (2), Pasal 113,dan Pasal 210 ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008tentang Pelayaran, perlu menetapkan Peraturan Pemerintahtentang Kepelabuhanan;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2.
 
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor64, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4849);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG KEPELABUHANAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Pelabuhan adalah tempat yang terdiri atas daratandan/atau perairan dengan batas-batas tertentu sebagaitempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naikturun penumpang, dan/atau bongkar muat barang,berupa terminal dan tempat berlabuh kapal yangdilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan
 
 
- 2 -8. Pelabuhan . . .pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan sertasebagai tempat perpindahan intra-dan antarmodatransportasi.2.
 
Kepelabuhanan adalah segala sesuatu yang berkaitandengan pelaksanaan fungsi pelabuhan untuk menunjangkelancaran, keamanan, dan ketertiban arus lalu lintaskapal, penumpang dan/atau barang, keselamatan dankeamanan berlayar, tempat perpindahan intra-dan/atauantarmoda serta mendorong perekonomian nasional dandaerah dengan tetap memperhatikan tata ruang wilayah.3.
 
 Tatanan Kepelabuhanan Nasional adalah suatu sistemkepelabuhanan yang memuat peran, fungsi, jenis, hierarkipelabuhan, Rencana Induk Pelabuhan Nasional, dan lokasipelabuhan serta keterpaduan intra-dan antarmoda sertaketerpaduan dengan sektor lainnya.4.
 
Pelabuhan Utama adalah pelabuhan yang fungsi pokoknyamelayani kegiatan angkutan laut dalam negeri daninternasional, alih muat angkutan laut dalam negeri daninternasional dalam jumlah besar, dan sebagai tempat asaltujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutanpenyeberangan dengan jangkauan pelayananantarprovinsi.5.
 
Pelabuhan Pengumpul adalah pelabuhan yang fungsipokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri,alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlahmenengah, dan sebagai tempat asal tujuan penumpangdan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antarprovinsi.6.
 
Pelabuhan Pengumpan adalah pelabuhan yang fungsipokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri,alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlahterbatas, merupakan pengumpan bagi pelabuhan utamadan pelabuhan pengumpul, dan sebagai tempat asaltujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutanpenyeberangan dengan jangkauan pelayanan dalamprovinsi.7.
 
Pelabuhan Laut adalah pelabuhan yang dapat digunakanuntuk melayani kegiatan angkutan laut dan/atauangkutan penyeberangan yang terletak di laut atau disungai.
 
 
- 3 -17. Daerah . . .8.
 
Pelabuhan Sungai dan Danau adalah pelabuhan yangdigunakan untuk melayani angkutan sungai dan danau yang terletak di sungai dan danau.9.
 
Penyelenggara Pelabuhan adalah otoritas pelabuhan atauunit penyelenggara pelabuhan.10.
 
Otoritas Pelabuhan (
Port Authority 
) adalah lembagapemerintah di pelabuhan sebagai otoritas yangmelaksanakan fungsi pengaturan, pengendalian, danpengawasan kegiatan kepelabuhanan yang diusahakansecara komersial.11.
 
Unit Penyelenggara Pelabuhan adalah lembaga pemerintahdi pelabuhan sebagai otoritas yang melaksanakan fungsipengaturan, pengendalian, pengawasan kegiatankepelabuhanan, dan pemberian pelayanan jasakepelabuhanan untuk pelabuhan yang belum diusahakansecara komersial.12.
 
Angkutan Laut adalah kegiatan angkutan yang menurutkegiatannya melayani kegiatan angkutan laut.13.
 
Angkutan Penyeberangan adalah angkutan yang berfungsisebagai jembatan yang menghubungkan jaringan jalandan/atau jaringan jalur kereta api yang dipisahkan olehperairan untuk mengangkut penumpang dan kendaraanbeserta muatannya.14.
 
Angkutan Sungai dan Danau adalah kegiatan angkutandengan menggunakan kapal yang dilakukan di sungai,danau, waduk, rawa, banjir kanal, dan terusan untukmengangkut penumpang dan/atau barang yangdiselenggarakan oleh perusahaan angkutan sungai dandanau.15.
 
Rencana Induk Pelabuhan Nasional adalah pengaturanruang kepelabuhanan nasional yang memuat tentangkebijakan pelabuhan, rencana lokasi dan hierarkipelabuhan secara nasional yang merupakan pedomandalam penetapan lokasi, pembangunan, pengoperasian,dan pengembangan pelabuhan.16.
 
Rencana Induk Pelabuhan adalah pengaturan ruangpelabuhan berupa peruntukan rencana tata guna tanahdan perairan di Daerah Lingkungan Kerja dan DaerahLingkungan Kepentingan pelabuhan.

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Irwandi Yusuf liked this
Totok Abuseno liked this
Totok Abuseno liked this
Jack Bodas liked this
ary_korek1006 liked this
Anang Triyana liked this
arnosaja liked this
raka_2502 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->