Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
83Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MULTIVARIAT -Analisis Korelasi Kanonik

MULTIVARIAT -Analisis Korelasi Kanonik

Ratings: (0)|Views: 3,253 |Likes:
Published by haedaee
STATISTIKA MATEMATIKA
STATISTIKA MATEMATIKA

More info:

Published by: haedaee on Nov 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1. 1Latar Belakang
Analisis korelasi kanonik ditemukan untuk mengidentifikasi dan mengukur kumpulan antara dua himpunan dari variabel. Analisis korelasi kanonik fokus padakorelasi antara sebuah kombinasi linear dari variabel dalam satu himpunan dankombinasi linear dari variabel dalam himpunan lainnya. Ide pertama adalah untuk menentukan bagian dari kombinasi linear yang memiliki korelasi terbesar. Berikutnya,kita menentukan bagian dari kombinasi linear yang memiliki korelasi terbesar diantarasemua bagian yang tidak berkorelasi dengan bagian yang dipilih di awal. Proses berlanjut. Bagian dari kombinasi linear dinamakan variabel kanonik, dan korelasi yanglainnya dinamakan korelasi kanonik.Ada beberapa masalah penelitian yang melibatkan hubungan antara duakelompok variabel, misalnya hubungan antara sekelompok variabel kepribadian dansekelompok variabel kemampuan, hubungan antara indeks harga dan indeks produksi.Disamping hubungan fungsional yang dinyatakan dengan persamaan regresi, ada jugayang perlu dipersoalkan yaitu ukuran kuat lemahnya antara dua kelompok variabel.Kajian tentang ukuran kuat lemahnya hubungan antara sekelompok variabel peramal dan sekelompok variabel tanggapan dikenal sebagai Analisis Korelasi Kanonik.Korelasi kanonik mengukur kekuatan kumpulan antara dua himpunan dari variabel.Aspek terbesar dari suatu teknik merepresentasikan sebuah percobaan ke sebuah intisariyang berdimensi tinggi dengan hubungan antara dua himpunan dari variabel ke dalamsebuah bagian kecil dari variabel kanonik.
Analisis Korelasi Kanonik 
1
 
Pada Analisis Regresi Linear, dicari kombinasi linear dari sekelompok variabel peramal yang dipandang dapat paling baik menjelaskan variasi dan variabel-variabeltanggapan. Sedangkan pada Analisis Korelasi Kanonik dicari kombinasi linear darivariabel-variabel peramal dan kombinasi linear dari variabel-variabel tanggapan yang bersifat bahwa koefisien korelasi momen hasil kali antara kedua kombinasi linear itumencapai nilai maksimum. Koefisien korelasi yang maksimum itu disebut koefisienkorelasi kanonik antara kedua kelompok variabel tersebut dan koefisien-koefisien darimasing-masing variabel yang menghasilkan koefisien korelasi maksimum disebut bobot-bobot kanonis.Dalam makalah ini penulis mencoba untuk mengambil satu kasus sehingga judulmakalah yang diambil adalah ”
 
PENENTUAN PASANGAN VARIASI KANONIK SAMPEL DENGAN TEKNIK ANALISIS KORELASI KANONIK”.1.2Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas, maka penulis merumuskan petanyaan tentang bagaimana penentuan pasangan variasi kanonik sampel denganteknik analisis multivariat.
1.3Tujuan Penulisan
Setiap kegiatan yang dilakukan oleh individu dan kelompok tidak terlepas daritujuan yang hendak dicapai. Demikian pula dengan penulisan makalah ini, dimana penulisan makalah ini bertujuan untuk lebih memahami cara penentuan pasangan variasikanonik sampel dengan teknik analisis multivariat.
Analisis Korelasi Kanonik 
2
 
1.4Sistematika Penulisan
Penulisan makalah ini akan dikemas dalam sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I: PENDAHULUAN
Bab ini membahas tentang latar belakang permasalahan yang akandibahas, rumusan masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II: ANALISIS KORELASI KANONI
Bab ini membahas uraian tentang analisis korelasi kanonik besertaformula-formula yang akan digunakan dalam pengolahan data dananalisis pada bab selanjutnya.
BAB III: PENGOLAHAN DATA
Bab ini membahas perhitungan untuk menentukan pasangan variasikanonik sampel.
BAB IV: KESIMPULAN
Bab ini menjelaskan tentang kesimpulan dari keseluruhan perhitungandalam penulisan makalah ini.
Analisis Korelasi Kanonik 
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->